Konjungtivitis adalah peradangan/infeksi pada konjungtiva (selaput bening yang melapisi mata).

Penyakit ini ditandai dengan mata merah, berair, ada kotoran mata (belekan), lengket seperti ada benda asing, kadang-kadang bengkak. Bisa menyerang bayi baru lahir hingga orang tua. Bila terjadi dalam waktu 12 hingga 24 jam disebut  hiperakut, akut bila kurang dari 4 minggu dan kronis lebih dari 1 bulan.

Penyebab konjungtivitis ini bermacam-macam, seperti bahan kimia, obat-obat tetes mata, alergi (debu, serbuk, bulu, angin, asap, parasit, hingga penggunaan lensa kontak yang kurang bersih), bakteri, virus (paling sering Adenovirus), kutu,  bahkan dikarenakan Penyakit Menular Seksual (PMS) seperti Gonorrehoea (kencing nanah,) Chlamydia, Molluscum contagiosum.

Penanganannya disesuaikan dengan faktor penyebabnya. Umumnya ditangani dengan kompres mata air dingin, pemberian air mata buatan, pemberian vasokonstriktor/anti histamin, antibiotik. Penggunaan obat atau salep antibiotik harus sesuai resep dokter dan tangan harus selalu bersih saat penggunaan obat. Disarankan agar penyakit ini tidak menyebar pada orang lain,  sering mencuci tangan, tidak menggunakan peralatan makan atau mandi secara bersamaan.

(resensi oleh Dr. Rose Setiawan, SpM, MSc)

NB:

*Pertanyaan konsultasi online yang sifatnya tidak penting/bercanda/mengandung unsur SARA/kurang sopan/tidak berbahasa Indonesia yang baik, akan langsung  dihapus dari forum ini.

**Cantumkan Nama (asli atau alias)/Jenis kelamin/Usia/Riwayat penyakit/Pertanyaan dengan jelas.


40 Responses to “Konsul Infeksi/Belekan”

  1. Deni Says:

    Selamat Sore Dok
    Nama saya Deni usia 26 tahun. tadi pagi pada saat saya bangun, pada mata sebelah kanan terasa seperti ada yang mengganjal pada kelopak matanya. jika berkedip agak terasa sakit, namun jika saya melirik ke arah kanan dan berkedip, sesuatu yang mengganjal itu tiba-tiba hilang dan kembali lagi jika pandangan saya lurus dan ke arah kiri.
    saya sudah mencuci mata dengan boorwater tetapi masih ada yang mengganjal.
    Menurut Dokter, apa yang terjadi pada mata kanan saya? dan solusi yang terbaik yang bisa dilakukan.
    sebelum dan sesudahnya saya ucapkan terima kasih

    Salam,
    Deni


    1. Selamat malam Deni,

      Keluhan adanya sensasi benda asing jangan diabaikan begitu saja, mungkin memang ada benda asing seperti pasir, debu, serangga atau memang mulai ada infeksi di daerah kelopak mata dan sekitarnya.

      Seringkali pencucian mata mengakibatkan benda asing itu malah berpindah tempat, jadi saran saya segera ke dokter mata untuk memastikan penyebab mata mengganjal tersebut. Kalau ada benda asing harus dikeluarkan supaya benda asing itu tidak menimbulkan reaksi seperti iritasi, infeksi atau bahkan melukai bola mata.

      Salam,
      Rose

  2. dudi Says:

    met siank dok…sy laki2 umur 30th,mata sy tiap mlm merah,dn sering berair dn blekan dok,ap lagi jika menjelang mlm hari,pasti mata sy yg sblah kiri pasti merah dn belekan gk ad habisnya..sy sdh brobat ke bnyak dkter tp ttp z gk ad perbahan.hal ini sudah saya alami selama 2bln..hal ini sy alami sejak ada bulu mata sy yg masuk kbagian mata saya dok..penanganannya bagaimana ya dok??obtnya ap??terimakasih…


    1. Selamat pagi Dudi,
      Bulu mata yang masuk ke mata disebut dengan trikiasis. Hal ini dapat mengakibatkan iritasi kronis bahkan infeksi sehingga matamu sering berair dan belekan. Hati-hati jangan sampai menggores bola mata hitam terus menerus, karena dapat mengakibatkan luka yang sukar sembuh dan bisa menimbulkan jaringan parut permanen.
      Sebaiknya bulu mata tersebut dicabut secara berkala (bisa cabut sendiri, kalau takut ke dokter mata saja). Bila ada masalah dengan kelopak mata Dudi, misalnya arahnya melipat ke dalam sehingga menyebabkan bulu mata tersebut ikut mengarah ke mata, maka harus dilakukan operasi kelopak mata agar posisinya kembali normal. Dengan demikian, bulu mata tumbuh mengarah ke luar kembali. Sementara untuk beleknya, dapat memakai tetes mata antibiotika tanpa steroid. Tetapi obat tersebut tidak boleh dipakai terus menerus, karena akar permasalahannya adalah bulu mata tersebut.
      Salam,
      Rose

  3. lilyk Dwi Astuti Says:

    saya punya anak umr 13 bulan. mulai 3 hari yang lalu matanya merah dan bengkak. Saya bawa ke dokter anak dan dibilang kena conjunctivitis diberi obat tetes gentamycin. Tapi kenapa sampai dengan hari keenam bengkaknya dan merahnya tidak juga hilang.
    terimaksih dok


    1. Selamat sore Ibu Lilyk,
      Konjungtivitis pada anak umumnya disebabkan oleh virus. Pada anak kecil seringkali disertai oleh infeksi saluran nafas atas (ISPA). Penyakit ini biasanya bersifat self-limiting disease. Dalam perjalanannya, kadang-kadang disertai infeksi karena kuman. Waktu yang dibutuhkan hingga sembuh antara 7-14 hari. Jadi ibu harus jeli juga melihat apakah kondisi mata anak ibu memang sudah dalam proses membaik atau tidak ada perbaikan. Perbaikan terlihat dari mata yang berkurang bengkaknya, merah mulai berkurang, kotoran mata atau air mata sudah berkurang dan anak tidak rewel.
      Salam,
      Rose


  4. selamat malam dok. Saya mau konsultasi. Kmrn setelah memakai softlens lalu saya lepas, mata saya jadi belekan (keluar kotoran terus) besar-besar, tetapi cuma bagian kanan. Setelah itu saya ke dokter umum diberi obat tetes merk Alletrol dan antibiotik. Sempat sembuh. Saya bandel, saya pakai lagi softlens tersebut, belekan lagi sekarang yg kiri. Sudah saya tetesi obat lagi tetapi 2 hari belum sembuh + antibiotiknya juga memang sudah habis dari kmrn. Kira2 knp ya dok? gejala Belekan terus, mata tidak enak, mengganjal, terkadang ada bayangan putih seperti kabut hujan di kaca tapi tidak sering.

    Tmksh dok. Mohon bantuannya


    1. Selamat sore Monita,
      Mungkin matamu memang sedang mengalami infeksi (belekan) yang ditandai dengan mata merah dan keluar banyak kontoran mata. Bayangan putih tersebut mungkin karena pengaruh belek yang menutupi pandangan, bila mata dikedipkan atau dibersihkan bayangan tersebut ikut hilang. Belekan tersebut harus diobati segera sampai tuntas. Perlu diingat, softlens tidak boleh dipakai selama mata belekan.

      Salam,
      Rose

      1. Monita kusumaningrum Says:

        terimakasih dok sudah menyempatkan membalas. Akhirnya mata saya sudah sembuh sekarang. Softlens yan gkemarin sudah saya buang :)


    2. Selamat sore Monita,
      Kemungkinan besar kamu menderita konjungtivitis (belekan) yang menular ke mata kiri. Dengan pengobatan, keluhan akan menghilang dalam 7-14 hari.
      Salam,
      Rose


  5. dokter.. tolong sayaaa TTwTT
    saya Angel, 17 tahun…
    mata saya sebelah kiri ngerasa seperti ngeganjal gitu di kelopak matanyaa… terusnya biasanya kan ada warna putih” satu disitu.. nah disini aku malah ada dua…
    itu kenapa dokter?? apa karna aku terlalu lama di depan komputer??? TTwTT

    dokter plis bantu aku.. aku takut knapa”

    semakin hari semakin ga enak dokter rasanya… semakin kerasa juga ngeganjal gitu…
    :'( aku takut dokter… hiks…

  6. tamasolusi Says:

    Selamat malam dok, anak saya berumur 3,5 th mengalami mata sedikit merah dan ada beleknya dan disertai pilek..kami sudah kedokter anak.. diberikan obat cendo fenicol dan obat pilek, pileknya sudah sembuh tetapi mata merah dan belekannya hanya sedikit perubahannya..pertanyaannya
    1. apakah ada efek samping dgn menggunakan cendo fenicol terus menerus dgn waktu yg panjang?
    2. batas penggunaan cendo fenicol berapa lama?
    3. expired cendofenicol dari dibuka berapa lama?
    4. apakah saya harus ke dokter spesialis mata atau kedokter anak lagi..

    terimkasih

  7. iisz Says:

    pagi dok…beberapa hari mata saya merah lalu sering keluar air mata,pas bangun susah buka mata,sudah pakai xendo citrol 3 hari…ujungnya matanya masih merah n mata bengkak…mau tanya dok

    1.berapa lama bisa sembuh ya?
    2.bahaya gak…kalo udah 5 hari blom sembuh
    3.pengobatan apa ya dok?

    thank you so much

  8. Erna Samosir Says:

    Selamat Pagi Dok.

    Salam kenal.
    Saya mau nanya nih Dok.
    Anak saya (Gabriel-4,5 thn) selalu usel-usel matanya. Katanya ada belek.
    Saya coba test sendiri, minus atau gak.
    Kebetulan dia dah kenal huruf dan angka.
    Sepertinya ada minus. Selalu dia bilang “gak kelihatan”. Padahal tadinya tidak. Dan menurut saya itu jaraknya cukup dekat. Memang tidak standard optik.
    Kenapa ya Dok.
    Mohon sarannya, sebelum periksa ke Dokter mata. Saya khawatir dia sudah rabun jauh karena Papanya dan Saya juga rabun jauh. Bahakan saya sudah rabun sejak usia 1 thn. Apa mungkin menurun?
    Mohon maaf kalau pertanyaan saya borongan.

    Terimakasih sebelumnya.

    Wassalam
    Erna.

  9. astrid lutfiana Says:

    siang dok…beberapa hari ini kelopak mata kanan saya tersa mengganjal ketika membuka mata. ada apa dok? lalu, apa yg harus saya lakukan ? lalu, mata saya min 1,25, dan sepertinya yg sebelah kanan mulai nambah karena saya jarang sekaali memakai kaca mata. apa ada hbungannya? segera ksh tanggapannya ya dok, karena jujur saya kawatir


  10. dokter yg terhormat, sayang ingin berkonsultasi dengan keluhan yg dialami pacar saya terkait matanya.

    akhir2 ini pacar saya mengeluh matanya jadi agak buram penglihatannya. selain itu, dia juga bilang kalau penglihatannya muncul semacam titik2 hitam seperti kunang2. setelah kemarin diperiksakan ke dokter, dibilangnya ada infeksi link mata dan gigi. jujur saya tidak tahu apa yg dimaksud dgn dokter tsb, mengingat saya cuma orang awam yg tidak punya basic ilmu kedokteran. setelah diperiksa, dokter memberi resep obat polydex (tetes mata), lameson, lapiflox. saya takut ini masalah yg serius dok.

    untuk itu, saya mohon dokter berkenan menjelaskan apa sebenarnya yg dialami mata pacar saya tsb. lalu, bagaimana penyembuhannya. trims. maaf info yg bisa dijadikan dasar analisis penyakitnya sedikit dokter.

    mohon jawabannya diteruskan ke email saya ya dok. :)

  11. handoko Says:

    Selamat siang,

    Dokter, skitar 3 minggu sblmnya mata saya merah, tp tidak keluar kotoran, seiring berkurangnya merah mata saya jadi terasa blur, sampai melihat tulisan didepan monitor tidak bisa, sudah ke dokter mata dan ter suspect infeksi kornea, yang saya rasakan sekarang, kenapa blur nya belum berkurang juga dan berapa lama biasanya recoverynya? dan lagi sekarang mata saya sangat mudah kering dan jadi gampang merah terutama jika di ruangan ber AC. saya tidak mempunyai riwayat sakit gigi.

    terima kasih sebelumnya dok..

    best regards,
    Han

  12. semi rachma Says:

    selamat siang dokter,,
    salam kenal….
    saya terkena sakit mata merah, bengkak, berair, sakit hingga menyebabkan sakit kepala, belekan, kalau terkena sinar sakit bgt, sdh 2 minggu belum sembuh juga, padahal saya sudah ke dokter mata, dokter mata pertama membei obat mata : hialid, cendo tobroson, (dan saya mempunya cendo floxa) yang kata dokter suruh di pake terus,,,,dan selama 3 hari mata tambah bengkak

    lalu saya ke dokter kedua, katanya saya terkena infeksi, saya di beri obat : cendo P-PRED dan Cendo LFX dan selama 3 hari belom sembuh juga,,, dan kata dokter kalau 3 hari belom sembuh juga di minta kembali lagi…
    akhirnya saya kembali lagi ke dokter kedua, dan di diagnosa kena virus,padahal mata saya seperti ada pasir pasirnya, tapi di periksa dokter katanya mata saya tidak ada kotoran, lalu di beri obat Cendo ProtagentA dan Cendo Tobroson dan sudah 5 hari memakai obat itu belom sembuh juga,,,bagaimana ya dok,,,apakah ada obat lain yang bisa mempercepat penyembuhan mata saya?

    terimakasih

  13. baity Says:

    pagi dok, anak saya umur 15bln udah 1 minggu ini sakit mata, awalnya cuma merah tp ga terlalu bengkak, sya bawa ke puskesmas dkasih salep mata terramycin tp kok malah jadi bengkak merah gt, trs priksa ke dokter mata katanya belekannya udah parah, dksh cendo lfx, ditetesi tiap 3 jam, udah 3hr ni tp kok bengkak, mata merah, n beleknya blm brkurang ya.kr2 butuh wktu brp lma y u/ pnyembuhannya?

  14. Siska Says:

    Siang dok, sebulan yg lalu saya baru operasi kecil d kelopak mata, karena ada bintilan di kelopak mata dalam saya, 3hari setelah itu mata saya merah, dan bengkak. Sampai 2 minggu lebih.. Sekarang sudah gak bengkak dan merah. Hanya saja penglihatan saya tidak sejelas sebelum operasi. Sekarang seperti berkabut… Itu kenapa ya dok, ? Terimakasih yaa dok…

  15. Annisa Says:

    Halo dokter…

    Saya Annisa, 11 tahun. Ingin konsul, boleh kan?
    Mata saya yang kiri ini sakit, bukan belekan. Tapi sakit aja, ditanya ke Mama, kata Mama bintitan, soalnya ada benjolan putih kecil sekali di kelopak mata saya. Pas sore, mata saya sakit banget… Sampai saya nangis, nangis… Mata saya yang bagian bawah, jadi kayak ada yang ngehalangin buat ngeliat., trus jadi merah. Lalu mama belikan tetes mata, tapi kata istri teman papa Nisa, minum paracetamol aja.. Saya bingung, kata papa, pake dua”-nya. Dok, yang saya tanyakan “Apa sebenarnya obat yang cocok?”

  16. Yolanda Says:

    Halo dok…

    Saya mau tanya, di kelopak bawah mata kiri saya waktu SMA muncul semacam tonjolan kecil, yang tidak begitu kelihatan dan tidak sakit. Sekarang, setelah dua tahun tonjolan itu membesar (sekarang sudah mencapai setengah dari panjang mata saya) dan gatal serta nyeri, tonjolannya berwarna merah seperti meradang, tidak ada bintik putih hanya merah, terus mata saya sekarang jadi gampang sekali capek. Saya tidak tahu ini diakibatkan apa, bisulan atau penyakit lainnya. Kira-kira kelopak mata saya ini kenapa ya dok? Kira-kira apa y obatnya?

    Terima kasih sebelumnya.

  17. imel Says:

    saya mama Sifra, sy punya baby usia nya 1 bln lbh baby sy matanya berair terus mpe belekan gtu, itu ada saat usia nya baru hitungan 1 mggu gtu, sy sudah ke dokter mata kata nya sih gk apa2 mgkn ada pilek nya baby nya trus sy bawa ke SPA dikasi obat tp sampe sekarang kok matanya belum sembuh juga ya, itu gimana ya Dok sy jd takut berpengaruh sampe baby sy besar

  18. toni Says:

    Sore Dok,

    Saya mau tanya dok, 5 hari yang lalu mata kanan saya bengkak dibagian kelopok mata kanan bawah dan selaput dalem mata kanan saya bagian bawah berwarna merah beda dengan mata kiri, tapi mata saya tidak merah dok(jernih). Kemudian saya coba ke dok.umum… dan dikatakan saya terkena debu karena kebetulan saya sering bawa motor pulang pergi. Dan saya juga merasa terkena debu/kuman. Kemudian dokternya memberi saya obat saleb Cendo Xitrol. Saya tekun memberi saleb di bagian kelopak bawah mata kanan. Dan hasilnya bengkakpun berkurang hingga saat ini. Namun setelah saya perhatikan di bagian kelopak mata kanan bawah saya yang deket dengan hidung ada benjolan dok dan terasa mengganggu dan status saat ini mata saya masih blum normal banget bengkaknya.

    Aktifitas saya sehari : pulang pergi naik motor dan dari pagi sampai pulang kerja sering berada depan notebook.. Dan sejauh ini saya tidak pernah alergi makanan.

    Sebelumnya saya tidak pernah terkena gangguan mata seperti ini dok…Maaf dok umur saya 24 tahun.

    Apakah yang harus saya lakukan dok. Apakah benjolan ini berbahaya… Mohon solusinya.
    Terima Kasih

  19. afriliansyah Says:

    Selamat malam …
    mau tanya , sejak 2 hari yang lalu , saya merasa mata sebelah kanan terasa gatal , nah dari tadi pagi hingga sekarang sudah lebih dari 3x mengeluarkan tahi mata yg agak kental … apa karena debu yg masuk ke Mata yg menyebabkan penyakit ini ?
    kira2 kenapa dan bagaimana solusinya ,,,
    terima kasih ..

  20. halim Says:

    Selamat malam ,
    Saya ingin tanyakan, mata anak saya umur 7 tahun, merah, apakah boleh diberikan obat tetes mata Cendofenicol yg 0,5%, karena kakaknya 8 tahun beberapa bulan yg lalu pernah diberi obat yg sama.
    terima kasih .

  21. silvi andriaty Says:

    selamat pagi,
    saya mau bertanya, anak saya umur 5 bulan mengalami mata merah dan banyak kotoran matanya bahkan sampai bangun tidur mata tidak bisa dibuka karena lengket, kira2 penyebabnya apa ya dok? lalu obat apa yang aman saya berikan mengingat umurnya baru 5 bulan?
    terima kasih sebelumnya

  22. siti Says:

    malam dok, mau konsul nih,,, saya mahasiswi 21 th, mata minus 8,, mata kanan saya bengkak udah hampir 2 hari, gara2 asap rokok di jalan, trus tadi malam saya begadang samapi dini hari krn ujian, eh matanya tambah bengkak.. heuu. gimana solusinya yaa? mata kanan saya emang sering belekan gak jelas gitu, tapi sebentar doang, apa mungkin mata kanan lebih sensitif dari pada mata kiri? mata kiri pernah kemasukan bulu mata, berair sih tapi sebentar. kalo mata kanan yang kemasukan bulu mata, pasti berhari-hari baru normal lagi. ini sekarang kelopak matanya bengkak gara asap rokok doang. kira2 gimana yaa solusinya? o_0 makasih dok….

  23. Sella Says:

    Halo dok,

    Sudah 4hari mata saya belekan, tapi mata saya tidak merah, perih, berair ataupun bengkak. Sebelumnya saya pakai softlens tapi sejak belekan saya memakai kacamata.
    Saya tetesin pakai cendo xitrol tapi ga ngaruh dok.. Apakah harus pakai cendo fenicol?

    Terima kasih


  24. selamat pagi dokter…

    saya dita,berumur 22..muv dok,saya sakit mata berair dan belekan..sudah seminggu tidak sembuh2..saya belum cek ke dokter manapun.tapi hanya memberi obat tetes mata..kok tidak berpengaruh.apa solusinya dokter?
    terima kasih dokter

  25. Chacha Says:

    Slmt malam Doc..
    Saya Chacha 25thn.
    Selama 6thn sampai sekarang,saya adalah pengguna lensa kontak minus.
    Setiap hari,selama ±3bln,kedua mata saya selalu berair dan mengeluarkan kotoran (maaf)sangat lengket seperti lendir dan berwarna kekuningan.Dan jg, kadang gatal,terasa ada yg mengganjal di balik kelopak mata atas/bawah,wkt saya berkedip jd berat seakan tersangkut.Tapi selama ini,saya tdk pernah marasa sakit,pedih atau nyeri.
    Dan seringkali tangan saya sering usil mencoba membersikan kotoranya dgn tissue atau pun cottonbud,jadinya mata saya pedih karena lecet,sdh saya coba pakai obat tetes mata dan cairan pencuci mata,tp tdk ada hasil sm sekali,malahan mata saya jd tambah merah.
    Yang saya ingin tanyakan…
    Gejala penyakit apakah ini Doc?
    Dan hal apa yg hrs saya lakukan untuk menyembuhkan sakit mata ini.
    Saya ucapkan terima kasih banyak sebelumnya.
    GBU.

  26. wahyudi cahya aprillian Says:

    dok numpang taya…kenapa pada konjungtivitis beleknya pada pagi hari yaaA?

  27. andry Says:

    dok… kena ya mata kanan saya ini kalau melihat tampak kabur, dan subjek yg saya lihat lebih kecil dari pada mata saya yg kanan, mata kanan saya normal. terima kasih

  28. Maria Lely Says:

    saya Lely, umur 15, asal kota Jogja ingin bertanya kenapa kedua mata saya akhir-akhir ini selalu gatal? gatalnya sudah 6 hari. setelah hari pertama, saya main ke pantai dan sepulangnya gatalnya semakin menjadi2. bgmn cara mengobatinya ya?

  29. Nurul Dwi Hadini Says:

    doc nama saya nurul 21 tahun saya mengalami keluhan mata kanan saya setiap pagi belekan dan mengeras sudah hampir seminggu
    akhirnya saya ke dokter dan kata dokter saya menderita mata sensitif
    padahal sebelumnya saya tidak pernah seperti ini apakah dokter tersebut benar?

  30. mira Says:

    Dok…Saat ini putri saya 6 bln terdiagnosa conjunctivitis, pertama saya larikan ke dsa mendapat obat cendostratol dan antibiotik mnm. Dlm 2 hari tdk mengalami perubahan matanya semakin merah dan mengecil krn kantong mata merah dan bengkak. Akhirnya saya bawa ke spesialis mata, diberikan antibiotik mnm, proris, enervon C, celestamin. Sedangkan utk tetes matanya diberikan cravit dan troboson. Stlh saya berikan semuanya di hari ke esoknya berganti kelopak mata kanan yang bengkak, dan keluar air mata merah dari mata kiri nya bbrp saat saja. Akhirnya ke esokan hari nya saya cari second opinion ke spesialis mata lainnya. Di dokter yang ke 3 ini ternyata di ambil tindakan yaitu di ambil lapisan apa gitu di dlm mata yg katanya akan bisa membuat anak lbh nyaman. Dan di beri obat mnm proris, antibiotik mnm sblmnya dilanjutkan,utk obat tetes mata di beri cenfresh dan troboson atau metrixol. Ke esokannya mata msh blm membaik msh tetap bengkak. Total skr sdh 7 hari anak saya sakit, bgmn pendapat dokter? Katanya bisa menyebabkan ke buta an ya dok?

  31. salman Says:

    Selamat malam dok..
    Mau konsultasi, anak saya sekarang berumur 19 bulan, dari bayi mata kiri sering mengeluarkan kotoran putih lengket, kadang mata sulit membuka saat bangun tidur, mata tidak merah, bening seperti biasa, tp kelopak atas bag luar kadang kemerahan dan kadang agak bengkak, ini hanya terjadi pada kiri saja, sudah pernah saya periksakan ke sp. Mata, dikasih antibiotik dan anjuran di urut ke arah sudut mata, tp sampai saat ini masih begitu dok, sudah pernah diperiksa kotoran matanya, hasilnya steril… menurut dokter apa yang terjadi dan bagaimana penanganannya, terimakasih…


  32. Selamat malam Wiji,
    Bila ada benda asing di mata, sebaiknya segera dikonsultasikan ke dokter mata dan segera diambil, supaya tidak terjadi iritasi bahkan infeksi mata yang lebih parah. Bila dengan penetesan air mata buatan tidak bisa keluar sendiri,berarti membutuhkan dokter mata untuk pengambilannya.

    Salam,
    Rose


  33. Selamat malam Laura,
    Apakah kamu yakin selaput putih tersebut di kornea (bola mata hitam)? Bila iya, segera obati ke dokter mata agar tidak terjadi luka infeksi yang dalam dan permanen. Tetapi bila selaput putih tersebut ada di dalam kantong mata, dokter mata akan membantu mengeluarkannya sehingga infeksi matamu bisa cepat sembuh, obat mata yang diberikan bisa efektif serta mencegah terjadinya luka parut di jaringan mata.

    Salam,
    Rose


  34. Selamat malam Ibu Ismie,
    Bulu mata yang tumbuh mengarah ke dalam mata memang menimbulkan rasa tidak nyaman di mata apalagi menyapu dan menusuk bola mata hitam. Terapinya sangat tergantung derajat berat ringannya gangguan. Bisa mulai dari pemberian tetes mata agar bulu mata tidak langsung menggores mata karena ada cairan pelindung,pencabutan bulu mata hingga operasi rekonstruksi kelopak mata agar bulu mata tersebut mengarah ke luar.
    Untuk mengetahui penyebab masuknya bulu mata tersebut sebaiknya diperiksakan ke dokter mata.

    Salam,
    Rose

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 300 other followers