Mata anak sangat berbeda dengan mata orang dewasa. Mata anak bukanlah bentuk miniatur dari mata orang dewasa. Mata anak terus berkembang hingga dewasa. Semua kelainan yang timbul pada mata anak akan dapat berlanjut hingga dewasa.

Kelainan tersebut sangat beragam, mulai dari kelainan congenital (bawaan lahir) seperti katarak congenital, glaucoma congenital; kelainan anatomi mata baik pada kelopak mata, saluran air mata, kornea iris, lensa dan retina; infeksi dan alergi mata, kelainan saraf mata, tumor mata, kelainan bentuk wajah yang mempengaruhi mata, trauma atau adanya kelainan/gangguan sistemik pada anak yang mempengaruhi fungsi mata hingga gangguan refraksi mata seperti mata minus, mata plus, silinder, mata malas hingga juling.

Oleh karena itu, deteksi dini adanya kelainan atau gangguan pada fungsi perkembangan penglihatan mata anak sangat perlu dilakukan bahkan sejak awal kelahirannya.

(resensi oleh Dr. Rose Setiawan, SpM, MSc)

NB:

*Pertanyaan konsultasi online yang sifatnya tidak penting/bercanda/mengandung unsur SARA/kurang sopan/tidak berbahasa Indonesia yang baik, akan langsung  dihapus dari forum ini.

**Cantumkan Nama (asli atau alias)/Jenis kelamin/Usia/Riwayat penyakit/Pertanyaan dengan jelas.


37 Responses to “Konsul Mata Anak”

  1. yuliani widyawati Says:

    Anak sy umur 7th (lahir 27 Juni 2003)…baru2 ini diperiksa ke dokter mata…dinyatakan terkena lazy eyes….dan dikoreksi dengan kacamata :
    OD : SPH +0.50 CYL -1.75 AXIS 90
    OS : SPH +0.50 CYL -1.00 AXIZ 90
    dan setiap 3 bln dianjurkan untuk kontrol…..mengingat pertumbuhannya, penganannya bagaimana?…dan bisakah disembuhkan dengan terapi?


    1. Selamat pagi Ibu Yuliani,

      Untuk mendiagnosis lazy eye (mata malas), harus dievaluasi penglihatan maksimal anak ibu pada mata kanan dan kirinya setelah dikoreksi kacamata, terdapat perbedaan sebesar apa di antaranya. Bila mata yang satu normal, yang satu lagi terdapat perbedaan minimal 2 baris, baru dikatakan lazy eye. Selain itu harus dipastikan juga bahwa tidak ada kelainan yang terdapat di saraf mata anak Ibu. Seringkali, masing-masing anak memiliki kondisi mata malas yang berbeda-beda tergantung penyebabnya.

      Bila benar mengalami mata malas, selain terapi dengan kacamata koreksi, juga terapi lazy eye dapat dilakukan dengan melakukan penutupan pada mata sehat dan mata yang lazy dipaksa melihat dekat maupun jauh selama 2-4jam/hari. Evaluasi memang harus dilakukan berkala untuk memantau keberhasilan/kegagalannya. Ada cukup banyak jenis terapi lain termasuk penggunaan obat tetes, dll. Penanganan/terapinya bisa sangat berbeda untuk setiap anak.

      Salam,
      Rose

  2. yuliani widyawati Says:

    Anak sulung saya usia 13th punya keluhan penglihatan mata…..akhirnya oleh dokter dianjurkan untuk memakai kacamata karena cylinder -0.25 dan cylinder -0.75, selain pemakaian kacamata juga diresep dng vitamin retivit dan asthenof MD. Masalahnya Dok…ank sy susah sekali untuk memakai kacamata…..apakah untuk mata cylinder pemakaian kcmata harus dipakai terus menerus…sedangkan ank sy hanya jika membaca saja mau untuk memakainya….dan efek apakah yang timbul apabila pemakaian kacamata hanya sesaat-sesaat….trimakasih sebelumnya


    1. Selamat pagi Ibu Yuliani,
      Pemakaian kacamata silinder sangat dianjurkan untuk anak-anak kecil, terutama dengan ukuran yang cukup besar karena bisa dibiarkan mata akan menjadi malas. Untuk kasus anak ibu yang berumur 13 tahun, harus ditanyakan kenapa tidak mau memakai kacamata, apakah pusing atau kacamatanya tidak nyaman untuk dia. Jikalau alasan tersebut yang membuat dia tidak mau memakai kacamata, maka perlu dilakukan pengukuran ulang agar dia merasa nyaman dengan penglihatan maupun framenya. Jikalau bukan karena alasan tersebut, maka sebaiknya kurangi aktifitas main game atau komputer untuk mengurangi risiko kerusakan mata. Lakukan pemeriksaan 6 bulan sekali untuk melihat progresifitas ukuran kacamatanya.

      Salam,
      Rose

  3. fifi prasetiany Says:

    Selamat siang ibu yuliani,

    saya mempunyai anak berusia 3 tahun. beberapa minggu ini saya perhatikan anak saya pada saat menonton televisi matanya kekiri namun kepala kekanan. saya tegur dia selalu kembali lagi seperti itu. saya memang menaruh televisi 14 inci didalam kamar, dan dia selalu menonton VCD kartun jika siang atau malam hari. karna posisinya dikamar maka dia suka menonton tiduran atau duduk. pertanyaan saya, apakah dampak negatifnya jika dia terus menerus seperti itu.
    dan bagaimana cara menghilangkan kebiasaan itu. mengingat usianya masih terlalu kecil.
    terima kasih
    Fifi Prasetiany


    1. Apakah pertanyaan ini ditujukan kepada ibu Yuliani atau kepada dokter pengasuh?

      Terima kasih.
      Assisten

  4. Vika Says:

    Selamat Siang Dok,

    Adik saya berumur 5 bln 12 hr, memiliki kelainan mata krna bawaan lahir, adik saya lahir prematur di 8 bln…menurut dokter saraf & dokter mata adik saya kemungkinan memiliki kelainan mata yaitu labers atau hypoflastis (kelainan saraf mata), berhubung penjelasan dr mereka kurang bs dimengerti, apa dokter bisa kasih tau saya kelainan macam apa itu??dan apa efek nya nanti jika dia sudah besar??apa mengalami kebutaan atau rabun warna atau apa dok??saya mohon bantuan dokter untuk menjelaskan secara detailnya kelainan macam apa yg diderita adik saya??terima kasih sebelumnya, harapan saya bisa mendapat informasi yang lebih jelas dr dokter secepatnya..
    terima kasih
    Vika Hadinata


    1. Selamat sore Vika,
      Mungkin yang dimaksud dokter tersebut adalah penyakit Leber atau hipoplasia saraf optik.
      Leber hereditary optic neuropathy (LHON) adalah suatu penyakit yang biasanya diturunkan dari garis keturunan mama, yang ditandai dengan hilangnya penglihatan sentral yang akut (biasanya pada 2 mata), terdapat buta warna merah hijau dan adanya skotoma yang biasanya terjadi pada umur 20-40 tahun.
      Hipoplasia saraf optik adalah jumlah serabut saraf dalam saraf optik yang kurang daripada normal. Secara klinis terlihat saraf optik tersebut lebih kecil, pucat daripada normal. Akibatnya fungsi penglihatan pun akan lebih kurang daripada orang normal. Penyebabnya multifaktorial, biasanya terjadinya kelainan tersebut saat trimester pertama kehamilan (saraf penglihatan berkembang di trimester ini). Kelainan ini bisa berhubungan dengan gangguan pada organ tubuh lainnya, sehingga harus diperhatikan benar-benar proses tumbuh kembangnya.
      Yang perlu diperhatikan lagi pada bayi prematur adalah retinopati prematuritas yaitu retina yang mengalami kelainan karena berkaitan dengan faktor prematuritas bayi.
      Saran saya, kontrol berkala mata adik Vika untuk jangka panjang. Apapun kondisi mata yang dialaminya, kiranya keluarga tetap kuat dan bersandar pada Tuhan. Pasti ada rencana yang indah dalam hidup adik Vika dan keluarga sekalipun kelihatannya saat ini kondisinya kurang baik. Tuhan menolong.
      Salam,
      Rose

  5. syahara listyawan Says:

    Slmt sore Dok….
    anak saya saat ini berumur 19 bln..akhir akhir ini, mata anak saya kalau untuk melihat JAUH seringkali tidak simetris antara bola mata kanan dan kiri,satu kadang dipinggir/atas, satunya lagi ada ditengah..namun untuk melihat jarak dekat, bola matanya bisa simetris dalam melihat, trus gejala lain dia kadang-kadang mengeryitkan alis mata, kadang juga kalau melihat tv sambil duduk/tiduran posisi kepala miring…apakah itu bisa dikategorikan juling ?? penyebabnya apa ya ? bisakah di obati ?
    sebagai catatan, kami ( ayah dan ibu ) berkaca mata semua..
    mohon konfirmasinya njeh Dok…
    Matur nuwun.

  6. reza aditia Says:

    Selamat Pagi Dok,

    Dok anak saya berumur 21 bulan, Jum’at kemarin kita abis main di pantai dan sabtunya pas saya liat ternyata mata sebelah kanannya dibagian bawah bola mata kemasukan pasir. Tapi anak saya tidak terganggu dengan pasir tersebut, tidak merasa kesakitan bahkan dia tidak mengucek2 matanya.
    Saat dia tidur saya coba untuk mengambil pasirnya tapi tidak bisa, sepertinya itu pasir udah masuk/lengket banget dengan matanya.
    Apa yang harus saya lakukan?
    kalau di diamkan saja, apakah itu pasir akan keluar sendiri atau harus sesegera mungkin dibawah ke dokter mata?

    Terima Kasih atas penjelasannya.

    Reza


  7. Assalamualaikum..
    Anak saya menjelang 5 tahun.
    2-3hari ini kelopak mata anak saya hanya bis membuka separonya saja. Kemudia sepertinya tidak fokus dengan sempurna dan biji matanya hampir2 hanya bisa berada pada posisi tengah mata. Jadi agak susah (tidak bisa) untuk melirik kiri kanan atau naik turun. Dan keliatannya dia lebih sering mengantuk dan ngajak tidur.
    Sebelumnya dia memang terkena flu+batuk dan jadinya tidur malamnya agakterganggu. Kami kasih obat pereda demam (boderxin batu syrup yang biasa kami pake). Pagi2nya matanya langsung keliatan agak bengkak.
    Kami kira hanya bengkak karena kurang tidur saja, makanya hanya kami kompres dengan air hangat biasa. Karena bangkaknya gak mereda kami coba bawa ke dokter umum. Dokter memperkiran ada alergi sesuatu. Dikasih obat anti alergi kemaren petang, eh pagi ini masih saja.
    Mphpn bantuan pevcerahannya dok. Terimakasih

  8. Fie Says:

    Slmt mlm dokter…
    Saya baru melahirkan sebulan yg lalu tp anak saya kenapa ya matanya selalu belekan dari dia baru lahir sampe skarang,skrg umurnya udh 1 bulan 4 hari,dokter anaknya kasihtau supaya ditetesin obat tetes mata cendo statrol 3x sehari 2 tetes.waktu itu matanya sempet sembuh tp kadang2 belekannya timbul lagi trus saya kasih lagi obat tetesnya setiap beleknya banyak lagi krn kasian matanya sampai tidak bisa dibuka krn beleknya lengket dan banyak. Yang saya mau tanyakan berbahaya atau tidak obat cendo statrol untuk bayi dan dipakai untuk jangka waktu lama walaupun ga setiap hari memakainya???
    Terima kasih atas penjelasannya :)

  9. agus s Says:

    anak saya umur 8th,sepertinya mengalami minus pada matanya saya blm pernah memeriksan ke dokter karna selalu marah bila hendak diperiksakan,anak saya kurang jelas melihat tulisan di papan tulis sehingga sering salah tulissanya,apakah masih bisa disembuhkan Dok?

  10. pungki dhanianto Says:

    Selmat mlm Dok…
    Slm knal,saya pungki dr Solo.saya pny anak laki2 usia 4,5thn.bberapa hri yg lalu saya priksakan matanya,dan kta dokter anak saya trkena alergi konjungtivitis.saya d’ksih obat sma salep mata.tp kok blm smbh jg ya?memang sdh lma mata anak saya merah2,tiap kali kna debu langsung merah.dan kl tidur keluar cairan bening yang agak lengket.saya takut kalau sampai fatal akibatnya.mohon untuk dibantu solusi untuk anak saya Dok…Terima Kasih sebelumnya…

  11. Bunda Daffa Says:

    Selamat Siang dokter,

    Anak saya berumur 4 tahun 3 bulan lahir secara operasi dengan usia kandungan 9 bulan, kata dokter spesialis mata memiliki kelainan mata krna bawaan lahir yaitu
    Mata Kanan ; SPH -7.50 CYL -3.50 Ax 2
    Mata Kiri : SPH -7.50 CYL -3.00 AX 178
    Padahal baik saya maupun suami saya tidak ada yang memakai kacamata / dinyatakan normal oleh dokter mata, yang ingin saya tanyakan faktor apakah yang bisa menyebabkab seorang anak terlahir dengan minus yang sebegitu besar, dan kira2x tindakan saya bisa saya lakukan untuk paling tidak mengurangi bertambahnya minus mata anak saya ?

    Terima kasih dokter …..

  12. Kurnia Dewi Says:

    Selamat Siang,

    Anak saya berusia 6 tahun dan telah memakai kacamata selama 2 tahun terakhir dan di diagnosa lazy eyes.

    Dengan memakai kacamata saja tidak banyak membantu, boleh saya tanya di mana saya bisa membawa anak saya untuk vision therapy oleh developmental optometrists.

    Thank you. Mohon referensi nya.

  13. Dhina Says:

    Dok,perkenalkan nama saya Dhina
    saya punya anak usia baru 2 bulan dengan kelahiran premature baru 36 minggu
    saya perhatikan pupil anak saya berubah warna menjadi abu2 ke putih saat malam
    saya belum periksakan ke dokter karena saya ada di daerah jadi harus ke kota untuk bertemu dokter specialist
    yang ingin saya tanyakan :
    kira2 penyakit apa yang menyerang anak saya?
    apakah bisa disembuhkan?
    langkah apa yang harus saya ambil?
    terimakasih dokter…

  14. bunda nasya Says:

    Selamat malam Dok,

    Anak saya sekarang berumur 2 tahun 2 bulan (lahir 10 Juli 2009).
    Terlahir prematur di usia 34 minggu dengan operasi Cesar.
    Berat badan lahir 2,46kg panjang 45.
    Kami menyadari bahwa mata anak kami agak juling, kedua lingkaran hitam bola matanya tidak tepat ditengah, tetapi agak masuk atau mendekati hidung.
    Sekilas tidak tampak adanya kelainan tersebut, tetapi ketika dia memperhatikan sesuatu, selalu didekatkan ke matanya dan lingkaran hitam bola matanya makin masuk mendekati hidung. Dan sepertinya dia tidak dapat melihat benda di sampingnya dengan melirik. Hanya dapat melihat benda atau sesuatu yang ada di depannya.
    Oleh dokter spesialis anak, kami disarankan untuk konsultasi ke dokter mata anak.
    Apakah kondisi mata anak kami dapat diterapi, atau harus sampai operasi?
    Dimanakah kami dapat memeriksakan kondisi mata anak kami?

    Untuk informasinya, kami ucapkan terima kasih.

  15. Nnda Chika Says:

    Selamat siang dok, anak saya baru berusia 2 bulan. dari sejak lahir terdapat kelainan pada kornea matanya berupa selaput putih di pinggir. saya liat di tempat konsul ibu katanya merupakan pterygium. kenapa bisa terjadi pada bayi baru lahir? apa akibatnya? bagaimana solusinya? apakah akan mempengaruhi pelihatannya sampai beranjak dewasa? saya benar-benar takut dok… mohon segera diberi solusinya.

    terima kasih,

  16. Sandy Fstw Says:

    Selamat malam dok, Mengapa anak kecil tak boleh memakai lensa. Dan jika ingin min bagaimana. Karena teman saya banyak pakai lensa… Beri solusinya.

    Thanks you,

  17. Arthur Says:

    Dokter saya ingin bertanya tentang kelainan mata saya, umur saya 13 tahun.
    Kenapa Mata kanan saya agak besar atau belo dari pada mata yang kiri, apakah ada terapinya? dan saya ingin bertanya tentang terapi mata juling yg keluar dengan cara tanpa operasi untuk meluruskan mata kanan saya?
    terimakasih

  18. Sandy Fstw Says:

    Siang dok… Maaf ya saya sekarang serius… Mengapa Bagian kanan mata saya saja tidak dapat bisa melihat secara jelas apa penyebabnya ? Lalu sering juga kebagian-bagian lain menjadi sakit dan kadang terasa sakitnya waktu pagi. Dan apa bisa saya memakai lensa atau saya harus bagaimana dok.

    Terimakasih atas jawabannya…

  19. rahmiani Says:

    Malam Dr., langsung aja ya Dok. Saya mempuunyai ana Faiez, laki-laski, usia 6 thn.10 bulan. Awalnya saya perhatikan matanya sering gatal. Sya selalu igatkan jangan mengucek mata, apalagi dengan keras. Gurunya berpesaan agar FAiez ke Dr. Kami membawa ke RS. Aini.ini ukuran kacamata :
    OD : Sph+1, Cyl-2.75, Axis 10
    OD.: Sph+0.75 + Cyl -2.75 Axis 175.
    Dan obat tetes mata yang diberikan adalah cendo HyAlub ( efeknya gatal )
    conver ( yang ini kalau diteteskan katanya perih dan gatal matanya jadi keliatan merah.seperti mau bengkak. Dan selalu mengeluarkan kotoran mata, bahkan matanya tidak bisa di buka karena lengket kalau habis tidur. Dan vit. Namanya Vitanorm
    Yang ingin saya tanyakan Dok, dengan penggunan obat seperti diatas apa saya harus lanjutkan dan apakah ini bisa sembuh. Terima kasih do atas bantuannya

  20. Chanchan Says:

    dok saya mau tanya adik saya uda dua bulan ini mata kirinya gak bisa melek dok dalemnya ada selaput putih dan warna nya merah dok…………uda diperiksa tapi katanya mata msaih bisa melihat,,,,,,,,,,,,apa yang harus dilakukan lagi ya dok???

    terimakasih…….

  21. romeo Says:

    siang dok..
    anak saya tu matanya belekan..
    awalnya saya kasi cendro citrol trus pas k bidan d kasi obat mata yg generik (namanya lupa)..
    tp blum ada sehari ak ganti lagi dg cendro citrol krn gak mantep dg obat yg dr dokter..
    skarang mata anak saya tambah bengkak..
    saya harus gimana dok..

  22. Lenny nurzali Says:

    Dok, saya punya keponakan berumur hampir 2 tahun. Sudah seminggu ini dia selalu menutup matanya bila terkena cahaya yg terang. Terkadang setelah bangun tidur dia masih menutup matanya sambil bermain. Itu berlangsung selama 1 jam. Terkadang dia mengucek2 matanya.Kmrn sempat ke dokter mata tp tidak bisa diperiksa secara mendalam krn anaknya tidak mau diperiksa pake alat. Bagaimana ya dok?? Apa ada penyakit serius??

  23. Fifi Prasetiany Says:

    Selamat Pagi Dok,

    Saya fifi prasetiany dimana saya ingin mengajukan pertanyaan yang sama seperti diatas (sebelumnya saya sudah mengajukan pertanyaan). seperti pertanyaan saya diatas lalu, anak saya sekarang sepertinya sudah keenakan untuk melihat televisi dengan miring, bahkan saat ini jika melihat sesuatu juga terkadang selalu dengan pandangan miring. memang awalnya saya menaruh televisi dikamar hingga kini. dulu saya taru dikamar tivi dengan ukuran kecil, karna saya anggap mungkin dia tidak nyaman, maka saya taruh tivi dengan ukuran 32 inci. saya perhatikan setiap menonton selalu miring. jika di tegur dia akan kembali lurus, namun beberapa menit kemudian dia akan miring kembali. apakah anak saya silinder atau minus? atau memang hanya kebiasaan saja dan harus sering diingatkan? atau memang kebiasaan menonton tivi dikamar? untuk masalah saya ini mohon penjelasannya..

    Wasalam, dan terima kasih
    Fifi Prasetiany

  24. sherly widiasanti Says:

    Malam dok. Anak saya usia 10bln jalan 11bln matanya blm fokus. Apa diusia sekian masih normal apabila matanya blm fokus. Atau sebaiknya diperiksakan ke dokter mata. Sekian terima kasih.

  25. Edrian Says:

    Selamat malam dokter, saya punya anak 4 tahun, mulai seminggu yang lalu matanya sering berkedip jika berkedip bisa beberapa kali dalam sekali waktu

  26. Rowi Says:

    selamat pagi ibu dokter
    saya rowi
    anak saya terlahir premature dengan ROP diiagnosa staium 5 yang kiri dan yang kanan stadium 3 dan sudah dilasik,
    apakah mata yang sudah dilaser tidak ada efek sampingnya dikemudian hari?
    apakah mata yang kiri bisa diperbaiki saat dewasa nanti?
    apakah nanti yang kiri ukuran bola matanya bisa mengecil? sampai usia berapakah kelihatan perbedaannya dok.,
    karena sampai sekarang alhamdulillah ukuran bola matanya masih sama.
    apakah harus dikontrol terus perkembangannya tiap bulan?.
    mohon solusinya.

  27. juliet Says:

    Dok, terkadang retina mata bayi saya yg berusia 8 bln kalau memandang matanya terarah ke tengah semua tapi kadang juga normal seperti biasa. Apakah itu termasuk kelainan mata ya dok? Sebelumnya terima kasih buat tanggapannya.

  28. arnia yustiani Says:

    Dokter, anak saya dari usia 2 sampai 5 tahun selalu alergi dengan mata merah, gatal Dan itu sembuh kambuh lagi..sudah ke sp.mata berkali-kali juga analisa dokter Sama anak saya alergi..sampai sy sbg orang tua kasian kalo udah diucek terus matanya..antisipasi apa ♡≈Ўªãª≈♡ yg hrs sy lakukan? Jus wortel apa ada pengaruhnya buat obat alerginya dok? Kalo kambuh kambuh obat tetes mata apa yg aman buat anak seusia 5th untuk jangka panjang dokter..terima kasih

  29. darmawan Says:

    dokter,selamat siang
    sya darmawan,anak saya umur 1 tahun,sekarang sakit mata bengkak,berair,dan lengket,sudah saya bawa ke dokter,dikasih alcon,cravit,dan genta serta antibiotik amoksan syrup,cara treatment yang benar gimana ya,dokter?terima kasih banyak

  30. yudi Says:

    Dok anak saya sejak lahir kelopak mata sebelah kanan nya terlihat kecil sebelah bagaimana mengatasinya, apakah bisa sembuh ?. Sekarang usianya 5 bulan


  31. Selamat malam Celine,
    Mata gatal yang mengakibatkan kamu kucek-kucek mata,bukan sebaliknya.
    Memang ada orang yang bisa mengalami alergi di mata,apalagi kalau memang ada riwayat alergi di dalam keluarganya.
    Periksakan ke dokter mata untuk mengetahui pasti mata gatalmu dan diobati agar tidak mengganggu.

    Salam,
    Rose


  32. Selamat malam Ibu Yuli,
    Perkembangan fungsi pengihatan anak akan terjadi optimal saat berusia 6 tahun. Bila ada gangguan penglihatan seperti mata minus, silinder, plus jauh yang tidak segera dikoreksi dengan kacamata, maka dapat menimbulkan ambliopia (mata malas) dan juling. Periksakan ke dokter mata,karena ada mata juling yang dapat diatasi dengan kacamata.

    Salam,
    Rose


  33. Selamat malam Ibu Fenny,
    Mungkin anak Ibu mengalami peradangan pada mata akibat terinfeksi virus batuk pilek yang diderita sebelumnya. Penggunaan komputer dan gadget akan menyebabkan mata kering sehingga memperberat keluhan. Perlu diketahui,air mata sangat dibutuhkan untuk melawan kuman dan virus di mata. Apabila jumlahnya kurang,maka bakteri dan virus akan cepat berkembang.

    Salam,
    Rose

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 263 other followers