Salam Mata Sehat!

NB:

*Pertanyaan konsultasi online yang sifatnya tidak penting/bercanda/mengandung unsur SARA/kurang sopan/tidak berbahasa Indonesia yang baik, akan langsung  dihapus dari forum ini.

**Cantumkan Nama (asli atau alias)/Jenis kelamin/Usia/Riwayat penyakit/Pertanyaan dengan jelas.


68 Responses to “Konsul Minus/Plus/Malas”

  1. Williana Says:

    Selamat pagi dok,

    Saya wanita berusia 25 tahun, mata saya minus banyak sampai apabila cek up menggunakan alat hasilnya minus saya sudah tidak dapat terdeteksi lagi. Saat ini saya memakai softlense -18 untuk mata kanan dan kiri, itupun saya tidak bisa melihat maksimal tapi paling tidak bisa membantu aktifitas saya sehari-hari dan bekerja. Pekerjaan saya dikantor selalu menggunakan komputer dan saya juga masih terlalu dekat melihat ke layar komputer. Saya lebih menggunakan mata kiri saya untuk melihat karena mata kanan saya memang sudah minus parah. Saya memakai softlens dari masuk kuliah umur 18 th samapai sekarang, sedangkan dari SD kelas 1 sampai SMA saya memakai kaca mata untuk membantu penglihatan saya. Dulu pertama kali saya cek ke dokter saat umur 6th, kata dokter minus saya -16 (kanan) dan -14 (kiri), wlo pun sudah pakai kaca mata saya tidak bisa mlihat normal dan sekarang minus saya semakin bertambah. Dan saat ini bola mata saya terlihat sangat sembab.

    Yang ingin saya tanyakan apakah aman klo saya tetap memakai soft lense untuk membantu penglihatan saya karena saya tidak mempunyai cukup biaya untuk melakukan operasi mata, saya jg sudah tidak bisa memakai kacamata minus karena malah membuat saya pusing dan tidak jelas? Kemudian bagaimana cara mengatasi agar mata saya tidak terlihat terlalu sembab dan berkesan seperti mau keluar karena sampai terlihat urat matanya?

    Mohon bantuan jawabannya dok, terima kasih.

    Salam mata sehat,
    Williana


    1. Selamat pagi Wiliana,

      Kondisi matamu disebut dengan miopia maligna, yaitu mata minus yang sangat tinggi yang setelah dikoreksi dengan kacamata maupun soft lens tetap tidak bisa melihat dengan jelas, mungkin karena bola mata yang sangat panjang dengan kondisi retina yang tipis yang biasanya sering disertai degenerasi retina atau saraf mata. Dengan bola mata yang panjang, maka mata akan tampak seperti melotot atau mau keluar. Kondisi bola mata yang besar juga akan memberikan tekanan yang lebih besar pada urat-urat mata sehingga urat tersebut akan terlihat lebih nyata.

      Beberapa pilihan untuk kondisi matamu adalah:
      1. Pemakaian kacamata dengan ukuran maksimal yang masih bisa memberikan penglihatan yang optimal
      2. Pemasangan softlens selama tidak ada gangguan pada bola mata
      3. Kombinasi antara softlens dan kacamata
      4. Operasi mata dengan mengeluarkan lensa mata.

      Pada opsi ke-4 tersebut, kekuatan lensa mata kita sekitar 20D, bila dikeluarkan, maka mata yang tadinya misalnya minus 20D, diharapkan menjadi normal kembali kekuatannya sehingga bisa melihat jelas tanpa kacamata atau softlens. Apabila perlu, dilakukan koreksi pemasangan lensa tanam ke dalam mata. Operasi mata ini tidaklah semahal tindakan LASIK atau semacamnya. Namun, memang harus dilakukan hati-hati karena kadangkala jaringan penunjang lensa itu sudah goyang dan rapuh. Pasca operasi, untuk melihat dekat memang membutuhkan kacamata dekat. Namun, setidaknya ini sudah sangat membantu.

      Wiliana bisa mengirimkan foto wajah dan fisik ke saya, nanti bisa dievaluasi apakah masalah pada mata ini ada kaitan juga dengan kondisi fisik secara keseluruhan. Kirimkan saja ke arsimedik [at] yahoo.com. Akan lebih baik, jikalau bisa dilakukan pemeriksaan langsung, sehingga dapat diketahui kondisi matamu secara menyeluruh dan pilihan apa yang terbaik untukmu.

      Saat ini, jikalau Wiliana lebih nyaman dengan softlens, silahkan pakai saja asal bisa merawat kebersihannya jangan sampai terjadi iritasi ataupun infeksi pada mata.
      Salam mata sehat,
      Rose

    2. Mail Says:

      Hi Williana
      Mat Kenal yah
      aku juga punya kondisi yang sama dengan
      saya senang banget kalo bisa berbagi info dan pengalaman seputar masalah mata yg kita alami.
      kontak aku di FB n Email : glasessman@yahoo.com
      Makasih

  2. mursalim saleh Says:

    Dok, mata saya plus sekitar 2,5. Umur saya 41 tahun.
    Apakah mata plus dapat diobati, dok? Kalau bisa, obatnya apa?
    Baca di internet, katanya obat tetes mata madu nektarasa dan pinhole glasses dapat mengobati mata plus. Apa benar, dok?


    1. Selamat pagi Bp. Mursalim,
      Mata plus yang Bp alami apakah mata plus untuk melihat jauh atau dekat?
      Dugaan sementara saya adalah mata plus untuk melihat dekat. Mata plus tipe ini (presbyopia) adalah mata yang sulit membaca/melakukan aktivitas jarak dekat karena berkurangnya akomodasi lensa akibat faktor usia. Gangguan ini diatasi dengan memakai kacamata plus atau bisa dilakukan presbyopic LASIK. Tidak ada obat yang bisa mengobatinya karena presbopia ini memang dialami secara fisiologis pada semua orang berusia 40 tahun ke atas. Kacamata pinhole dapat membantu orang yang memakai kacamata minus ukuran kecil.

      Salam,
      Rose

  3. Lana Paschetta Says:

    Dear Dokter Mata,
    Perkenalkan nama saya Etta, perempuan usia 32th.
    Saya sudah memakai kacamata mulai dari usia 16th, dan sekarang memakai kacamata minus 3 (tidak silinder).
    Saya ibu dari 2 orang anak yg usia keduanya masih di bwh 3th. Saya jg merintis usaha online di salah satu situs jejaring sosial. Agar tidak mengganggu aktifitas anak2 saya, saya mengerjakan usaha saya itu di kala anak2 sedang tidur. Namun krn mereka cukup aktif bergerak pada saat tidur, seringkali saya harus mengecek posisi mereka sembari bekerja di komputer.
    Sebenarnya saya belum merasakan gangguan apa-apa. Tapi saya khawatir. Karena seringnya saya melihat terang (monitor komputer) ke gelap (kamar anak-anak) berganti-gantian. Mengingat minus kacamata saya jg sudah besar.
    Apakah ada tindakan prefentif yg dokter sarankan agar saya tidak menderita kerusakan mata karena melihat gelap-terang itu?
    Terima kasih sebelumnya, Dok.

    salam,
    =etta=


    1. Selamat sore Ibu Etta,
      Memang membutuhkan banyak pengorbanan ya Bu untuk wanita yang bekerja sambil membesarkan anak. Adaptasi terang gelap atau sebaliknya memang membutuhkan kondisi retina yang baik, oleh karena itu saran saya perbanyak konsumsi sayur, buah-buahan yang terutama banyak mengandung vitamin A, C, dan E. Saat ini banyak dijual suplemen mata yang dilengkapi dengan antioksidan juga. Sebaiknya ruang tidur anak juga dikasih lampu yang remang-remang juga supaya ibu juga terhindar dari kemungkinan jatuh karena melihat dalam kegelapan.
      Salam,
      Rose

      1. bastian tan Says:

        dok apakah mata minus bisa kembali normal ya? saya memakain kacamata minus 1 di kanan dan kiri normal apakah ada obat untuk bisa sembuh secara normal? dan apakah sistem eyebrite yang telah diiklankan di tv memang benar adanya bisa menyembuhkan atau bahkan menormalkan mata minus menjadi normal terima ksh Bastian jkt

      2. bastian tan Says:

        Dok Saya berusia 20 thn saya sudah memakai kacamata ketika berumur 19 thn dok apakah mata minus bisa kembali normal ya? saya memakain kacamata minus 1 di kanan dan kiri normal apakah ada obat untuk bisa sembuh secara normal? dan apakah sistem eyebrite yang telah diiklankan di tv memang benar adanya bisa menyembuhkan atau bahkan menormalkan mata minus menjadi normal dan apakah obat herbal pakah bisa menyembuhkan juga terima terima ksh Bastian jkt

  4. uci Says:

    dokter, perkenalkan saya perempuan berusia 21 tahun.. saya memiliki mata minus 2,75 pada mata kiri dan 1,75 pada mata kanan saya.. saya sudah terbiasa memakai kacamata sejak mengetahui mata saya minus yakni 4 tahun yang lalu.. nah akhir2 ini saya baru 2 kali memakai softlens tapi pada saat pemakaian kenapa mata saya terus mengeluarkan air mata dan merah ya dok, ada apa dengan softlens dan mata saya tersebut, apakah tidak cocok atau terjadi iritasi dengan mata saya? kemudian apa yang harus saya lakukan agar hal tersebut tidak terjadi dengan mata saya saat memakai softlens?
    terimakasih tanggapannya dokter.. :)


    1. Selamat pagi Uci,
      Idealnya sebelum memakai softlens, harus berkonsultasi dulu dengan dokter mata untuk mengetahui apakah matanya cocok atau tidak memakai softlens. Seringkali, sebelum menggunakan softlens, kondisi mata sudah kering atau ada iritasi ringan, bahkan mungkin ada gangguan pada kelenjar-kelenjar di kelopak, sehingga waktu softlens dipasang, gangguan tersebut menjadi lebih nyata lagi. BIsa juga mata merah akibat cara pemasangan yang kurang higienis, atau terkena jari atau kuku tangan sehingga merah.
      Pastikan dulu iritasi mata Uci sudah sembuh, baru coba lagi memasang softlens. Pilih yang kadar airnya tinggi dan aman buat mata.
      Salam,
      Rose

  5. ahmad Says:

    pagi dok.. nama saya ahmad umur 24 tahun. mau tanya akhir-akhir ini maata saya ko terasa pedih, ber air dan tapi terasa kering jg,,,memeng saya didepan komptr tdk pake waktu bisa 10 jam perhari,,kira kira apa sebabnya dan bagaimana saya menanganinya.
    terimakasih atas informasinya

  6. rara Says:

    sore dok.
    saya berusia 20 tahun. dok,kira-kira mata minus sama ada silindernya masih ada kemungkinan buat sembuh ga yah ? kalo ada, gmn caranya? soalnya mata saya udah minus 4,75 kiri kanan dan silindrisnya sekitar 1 . malahan sekarang mata saya sering dan gampang banget kerasa pegel.
    terimakasih sebelumnya dok. :)

  7. elmer Says:

    selamat pagi dok, saya menderita lazy eyes pada mata kanan saya….sekitar minus 5 silinder 2.75. dan kiri hanya minus 1 sliner o.75. saya telah menjalani operasi lasik di mata yang ambylopia..walaupun minusnya sudah 0 dan slindernya 0 tapi saya tidak bisa melihat seperti mata normal, hal itu sudah di jelaskan oleh dokter saya. dari dulu saya tidak pernah berkacamata tapi pandangan saya baik2 saja walaupun adanya lazy eyes. tapi setelah pasca operasi mata kanan sekarang pandangan saya malah semakin aneh. jelas2..tapi tidak sempurna. tapi jika saya memakai kacamata dengan minus 1 buat bantu yang kiri dan yang kanan lensa 0. pandangan saya nyaman hanya untuk jarak jauh, kalo jarak dekat jelas…tapi tidak nyaman kayak ada perasaan pusing. apa penyebabnya ya dok??? terima kasih


    1. Selamat sore Elmer,
      Sejak awal, Elmer telah terbiasa menggunakan mata kiri sebagai mata dominan, sehingga mata yang amblyopia tidak berfungsi dengan sempurna. Pasca LASIK, mata yang ambliopia ini difungsikan kembali sehingga pandangan mata kanan menjadi jelas. Permasalahan yang dihadapi Elmer sekarang mungkin karena fusi bayangan pada kedua mata yang belum baik, sehingga merasa bingung/pusing, karena ada zona-zona pandangan mata untuk penglihatan binokular yang selama ini tidak dikenal mata Elmer, sekarang dipaksa untuk melihat. Dengan adaptasi mungkin kondisi ini akan semakin teratasi.
      Salam,
      Rose

  8. rahadi Says:

    selamat malam dok, saya mau bertanya, kacamata minus / plus berapa ya dok yang maksimal bisa di pakai manusia,, apakah bisa sampai minus 40(empat puluh), saya pakai kacamata minus 20(dua puluh) terimakasih jawaban dokter

  9. fredy Says:

    dok adik saya mau nanya klu mata adik saya sebelah kiri min 3 kanan 7 dan adik saya lagi mau kejakarta berobat tapi saya bingung mau ke dokter mana saya mau nanya solusi terbaiknya saya harus ke doktermana? dan apakah bisa dilaser??
    tq

  10. thiiko Says:

    pagi dok..
    saya minus 2,5 dan memakai softlens..saat ini saya bekrja di depan komputer trus mulai pagi hingga sore.
    adkah kemungkinan buat berkurang minus sya dok??
    jika ada apa solusinya?

  11. elmer Says:

    pagi bu dokter, bu dokter skrg saya telah menjalani lasik untuk mata yang ke2 setelah mata malas saya di lasik malah tidak nyaman sekali dan saya memutuskan untuk melasik mata kiri saya padahal minusnya cuma 1 ddgn silinder 0.75. paska hari pertama ke2 mata sudah baik tetapi skrg malah mata malas yang baru di lasik sekitar 1 bulan yang lalu terasa lebih buram dari sebelumnya dan menimbulkan efek berbayang. skrg ke 2 mata saya masing2 memiliki penglihatan berbayang terutama pada saat melihat tulisan text putih dengan latar hitam dan yang paling banyak bayangannya di mata yang sebelah kanan yang mempunyai lazy eyes. jika saya tutup salah satu mata maka efek bayanganya muncul dan jika menggunakan ke2 mata sekaligus terlihat sedikit, apa lagi saat menonton tv , komputer, atau melihat papan reklame di jalan pada malam hari jika yang mengandung text putih yang bercahaya. dan jika melihat kearah lampu ledberwarna merah, biru, atau hijau baik kecil dan besar dalm kondisi cahaya kurang atu gelap akan terlihat bentuk cahaya lampu lednya berpendar seperti tertarik kearah bawah. apa itu bisa hilang dengan sendirinya dok??

  12. elmer Says:

    saya pernah membaca itu adalah efek komplikasi dari lasik. dan ada yang mengalaminya permanen dan ada yang hilang dalm jangka waktu 6bulan. biasanya apa yang menyebabkan penglihatn berbayang iyu ya bu dokter. terima kasih banyk bu dokter.

  13. ida Says:

    Assalam,selamat sore, dok nama saya ida,dokter saya mau tanya mengenai mata saya yang sekarang, sering pegel, perih, n sering ngluarin air mata, sya bekerja dibidang komputer dulunya saya tidak pernah merasakan mata yang seperti ini dan terkadang mata saya agak kurang jelas pandangannya,, saya bingung dok mungkinkah mata saya kena silinder to berbagainya seperti mata min to plus,,, dan saya ingin coba pakai soflain tapi saya takut setelah cari informasi katanya soflain juga beresiko jua, dan apa bila saya pake kaca mata kepala saya sakit jadinya.mohon penjelasanya ya dok,soalnya baru sekarang ini saya merasakan mata saya seperti ini.terima kasih. salam mata sehat wassalam…

  14. anay Says:

    sore dok . . aq mau nannya dok, dengan -3 apakah bisa operasi lasik dok? trs d perbolehkan operasi pd usia brp dok?
    txs

  15. ade Says:

    siang Dok,, sy Ade usia 24 m

    sy ingin bertanya, sy menderita minus 2,5 dikedua mata saya dan silinder 1,5
    apakah mata saya dapat diobati menjadi normal selain operasi lasik?,,,jika hanya lasik berapakah biayanya dan dimanakah tempat nya, dan berapakah persentase keberhasilanya?
    sebelumnya sy ucapkan terima kasih

    best regards

  16. thenie Says:

    siang Dok, nama saya Deny, usia saya 30 tahun, saya punya keluhan pada mata saya yaitu sering mengalami pusing pada penglihatan, apalagi kalo diem lama didepan komputer sampe kadang2 mual pengen muntah, terus kalo lagi ditempat rame atau banyak orang penglihatan saya makin pusing dan gak fokus.kira2 gangguan apakah yang ada pada mata saya ? FY I : saya tidak / belum berkacamata, dan saya juga belum pernah memeriksakan mata saya ke dokter speasialis/ optik .. terima kasih sebelum nya …

  17. Hanafi Says:

    Tanya dok mata saya minus 1,7 dan 0,9… yang saya tanyakan knapa pandangan mata saya menjadi dua, baik pd waktu menggunakan kaca mata maupun tidak? apakah itu akibat kekurangan vitamin atau akibat kelelahan…..

  18. Tasya Says:

    Dok saya mau tanya,saya umur 15 dan mata saya minus 3,75 kanan-kiri, selama ini saya selalu pakai kaca mata dan tidak pernah memakain soft lens. Sebetulnya soft lens itu ada batasannya ga dok ? Apa mata saya masih bisa pakai soft lens ? Tks dok. Mohon jawabannya.

  19. Tasya Says:

    Dok saya mau tanya,saya umur 15 dan mata saya minus 3,75 kanan-kiri, selama ini saya selalu pakai kaca mata dan tidak pernah memakai soft lens. Sebetulnya soft lens itu ada batasannya ga dok ? Apa mata saya masih bisa pakai soft lens ? Tks dok. Mohon jawabannya.

  20. Singgih Says:

    Assalamualaikum. wr. wb.
    Selamat malam dok. Saya mempunyai mata minus. Yang kiri -1,5 dan kanan -1. Saya pengin sekali menyembuuhkan mata minus saya karena saya pengin masuk ke Kepolisian. Gimana ya dok buat mengobatinya.
    Terima kasih banyak.

    Wassalamualaikum wr. wb

  21. joseph Says:

    ApKah ada pengobatan untuk mata malas/lazy eye? Trims

  22. dina Says:

    mau tanya dok, mata saya minus 4, lalu teman saya menawarkan untuk memakai obat tetes mata dengan merek otem yang katanya dapat menurunkan minus mata, yang ingin saya tanyakan apakah otem baik untuk mata, atau tidak baik untuk mata,karena saya takut malah bahaya,makasii dok sebelunya

  23. irma Says:

    pagi dok,,,
    Nama sya irma umur 23th,,,Dok saya mau nanya,,,dri SD saya tdk bisa mlihat jelas,,, stlah llus SMA thun 2006 mta saya malah tmbah parah,,,2007 saya priksa k dokter,,,mata saya minus 5,,,,dan saya lgsug pakai kcamata tebal,,,smpai skrg saya blum priksa k dokter lagi,,,,apa bisa kcmata saya d ganti dgan softlens???bagusx merk apa ya dok,,,
    Makasih


  24. gne dok . .
    Mata saya yg kanan
    ada minus sekaligus cylinder
    minus nya udah sampai dengan 4,00 dan cylinder nya udah sampai 3,50 . .

    Jadi . .
    Adakah soflens
    yg bza saya pkai untuk mata kanan saya ,dok.
    Saya minta bantuan nya ma dokter . .
    Soal nya saya hoby bgt dgn olahraga .


  25. pagi dok
    gne dok . .sya mw tnya
    Mata saya yg kanan
    ada minus sekaligus cylinder
    minus nya udah sampai dengan 4,00 dan cylinder nya udah sampai 3,50 . .

    Jadi . .
    Adakah soflens
    yg bza saya pkai untuk mata kanan saya ,dok.
    Saya minta bantuan nya ma dokter . .
    Soal nya saya hoby bgt dgn olahraga .

  26. kusuma Says:

    mau tanya domata saya minus 3,5 , tetapi saya memakai kaca mata yang minus 3 .
    apakah itu boleh atau tidak ya ?

    terima kasih

  27. Khairul Amri Says:

    saya pada awalnya minus 1,50 dan 1,25 tapi sekarang kok makin nambah jadi 3,00 dan 2,50. Kenapa ya bisa nambah? Apa bisa diturunkan minus saya itu?

  28. Alien Says:

    Selamat siang dokter.
    saya mau tanya, saya sdh pernah dilasik sekitar 4 tahunan lalu. sampai sekarang tidak ada masalah hanya saja saya ingin mencoba softlens yang minus o untuk penampilan..apakah ada masalah Dokter pemakain softlens untuk mata yang pernah dilasik..Terima kasih

  29. inda Says:

    pagi dok..saya perempuan usia 20 tahun..mungkin sejak kecil sudah terdiagnosa amblyophia..saya baru periksa ke dokter sekitar umur 18 tahun dan diberi resep kacamata: mata kanan normal,mata kiri +4 (itupun masih kabur kalau utk melihat)..resep obat: cendo asthenof dan eyevit..terkadang mata kiri nyeri kalau sudah capek..
    Bagaimana cara mengatasi nyeri? Apakah bagus kalau saya memakai softlens? Resep obatnya apakah cocok dan bagus?
    Terimakasih dok

  30. alexander Says:

    Malam bu dokter.

    Saya menderita lazy eyes di sebelah mata kanan saya. Kondisi ini baru saya ketahui satu tahun lalu.
    Terakhir kali saya cek mata bulan lalu hasilnya;

    -, Kiri minus 050, sylinder 050
    -, Kanan minus 075, sylinder 200 ( mata malas )

    Masalahnya kalau pakai kacamata penglihatan jadi jelas tetapi menjadi seperti kurang fokus pandangan saya.
    kalo lihat tulisan tidak masalah tetapi kalo ketemu customer atau kerabat ketika berbincang mata saya secara tidak sadar menyipit karena kurang fokus melihat wajah customer.
    seakan saya terlihat oleh customer saya bahwasannya saya ini lagi marah atau menatap tajam (mungkin secara tidak sadar mata saya menyipit untuk melihat jelas) padahal saya lagi menyimak perkataan dia.
    kondisi ini terjadi berulang kali dan membuat saya tidak nyaman memakai kacamata karena takut akan membuat customer saya tidak nyaman.

    apa yang harus saya ketahui dan lakukan dokter.
    karena gak pakai kacamata lebih nyaman tetapi tidak bisa melihat dengan jelas.
    kalau pakai kacamata lihat tulisan jelas tetapi mata saya menyipit sehingga saya takut ketemu customer sekaligus tidak percaya diri pakai kacamata.

    tolong penjelasannya bu dokter.
    terima kasih.

  31. syaiful b Says:

    pagi dok, nama saya ipul dan umur saya 35th, mo nanya….? akhir-akhir ini mata saya mengalami masalah terutama pada mata kiri saya, pokonnya kalo melihat sesuatu mata kiri saya buram seperti benda hitam yang menghalaingi pandangan dan saya langsung ketempat optik tanpa pemeriksaan dokter ahli,ternya hasilnya mata kiri saya plus 0.75 dan mata kanan saya 0, yang saya tanyakan apakah mata saya bisa disembuhnkan dok dan tergolong parahkah mata saya, ato masih gejala…
    Mohon dengan hormat sarannya dok……Terimaksih

  32. tiyoo Says:

    selamat malam, bu
    saya sartika, 16 tahun , baru pakai kacamata
    kiri = -0.75
    kanan= -2

    yang ingin saya tnykan, memakai kacamata nya harus terus atau bila diperlukan saja ?
    mata saya bisa normal kembali kah?
    saran ibu, saya mengonsumsi apa utk kembali normal? paling tidak berkurang?
    terimakasih ..

  33. sabrina Says:

    sore dok…
    sya sabrina,,,
    mau tanya….begini dok,,mata sya minus …setiap habis bangun tidur saya di suruh ibu untuk mengoleskan dan meneteskan air urine saya ke mata,….katanya biar minusnya hilang atau berkurang…
    apa itu cara efektif yang benar atau malah merusak mata saya ???
    mohon di beri penjelasan…terimakasih…..

  34. sabrina Says:

    sore dok…
    saya sabrina,,,perempuan 18 th…yogyakarta
    saya mau tanya….begini dok,,mata sya minus …setiap habis bangun tidur saya di suruh ibu untuk mengoleskan dan meneteskan air urine saya ke mata,….katanya biar minusnya hilang atau berkurang…
    apa itu cara efektif yang benar atau malah merusak mata saya ???
    mohon di beri penjelasan…terimakasih…..


  35. Permisi Dok …

    saya Rahmat, Saya Pelajar SMA, Mata kiri saya minus 4,75 dan yang kanan saya minus 4,25 …Apakah ada obat Penurun minus ?kalau ada harganya berapa dok ?dan, biasanya dijuak dimana dok ?
    Lalu jika berobat alternatif apa benar bisa menurunkan minus ?

    Saya punya gangguan dengan mata saya dok, saya sering sekali merasa mata lelah, mengantuk, pusing, bahkan mual …
    Aph karna Kacamatanya dok ?Atau jika saya menggunakan softlens gangguan itu akan hilang dok ??
    Tolong Kasih solusi ya dok, karna saya lelah sekali dengan penglihatan saya

    Terima Kasih .

    salam, Rahmat

  36. zaenal Says:

    selamat sore dok..

    Anak saya umur 10 tahun,kalau habis membaca lama merasa kepalanya pusing,terus saya periksa kedokter dinyatakan plus 0,5.

    Apakah yang saya lakukan sedangkan saya baru dengar kalau anak dibawah 10 tahun mempunyai mata plus? apa penyebabnya?

    Terimakasih
    salam
    Zaenal

  37. indah Says:

    salam kenal dok..

    saya indah, usia saya 20 tahun, saya berkacamata sejak SMP kelas 2 udah kena minus 2, saya pernah tambah minus dan berganti kacamata, sampai sekarang saya minus 4,5 ada silinder sedikit, saya pernah pakai softlens di optik, tapi kenapa setelah pakai sotflens ada perubahan pada mata saya, seperti nya jadi bertambah minusnya, saya sering pusing apalagi saat berpergian, atau kena panas, terkadang samapai tak tahan sekali menahan rasa pusing, sepertinya karena mata saya, saya mesti bagaimana dok?
    Terima kasih.

    Salam, indah.

  38. Dessy Says:

    Hello dok, saya mau tanya
    Mata kiri saya terasa ga enak, dan setelah saya ke dokter katanya di mata saya ada bintik2 kecil semacam jerawat
    Lalu saya diberi obat tetes namanya polynel utk ditetes selama 3 hari, tapi setelah saya tetes tdk ada perubahan .
    Yg saya bingung, apakah harus saya lanjutkan pemakaian obatnya dok? Tapi saya takut obatnya keras dan semakin merusak mata
    Dan apa yang menjadi penyebabnya dok ? Apakah debu atau yang lainnya ?
    Terima kasih sebelumnya dok :)

  39. Heisyah Says:

    Malam dok, .

    Saya mau tanya nih, . Mata saya yang kanan kurang lebih minus 7, mata yang kiri kurang lebih minus 5, . Saya ingin melihat dengan normal tanpa bantuan kacamata lagi dok, . Apa ada obat yang relatif murah agar bisa menyembuhkan mata saya?
    Karna buah-buahan yang mengandung vit.a saya tidak suka dok, . Mohon di bantu, . Makasih dok!!

  40. Indarwati Says:

    Dok saya mau tanya. Saya mempunyai Mata yg minus ny sangat tinggi. Mata sebelah kiri saya minus 2, sedangkan mata sebelah kanan minus 14. Gimana y dok, sudah hampir 3 tahun saya memakai softlens. Apakah itu baik? Dan jika nanti saya sudah bekeluarga,apakah jika saya hamil dan melahirkan bisa normal y dok? Terima kasih


  41. MEWAKILI IBU DOKTER PENGASUH BLOG “KONSULTASI DOKTER MATA”

    PIHAK PENGELOLA (TIM ASISTEN) MENGUMUMKAN BAHWA UNTUK SEMENTARA WAKTU HALAMAN “KONSUL MINUS/PLUS/MALAS” DITUTUP UNTUK SEMENTARA WAKTU HINGGA SELURUH PERTANYAAN DIJAWAB.

    DEMIKIAN ATAS PERHATIANNYA.
    KAMI MOHON MAAF ATAS KETIDAKNYAMANANNYA.

    SALAM MATA SEHAT
    Tim Asisten Blog

  42. debby Says:

    selamat siang dok,

    Saya wanita berumur 20 tahun, sudah memakai kacamata sejak usia belum genap 5 tahun. Awal gejalanya, mata saya sering tidak kuat dengan silau cahaya, seperti lampu dll. saya selalu menutupi mata saya ketika ada silau. Lalu, orang tua memeriksakan mata saya di optik, dan ternyata mata saya silinder. Lama kelamaan mata saya menjadi minus, tiap tahun minusnya selalu bertambah begitu juga dengan silindernya. dan sampai sekarang minus saya sudah mencapai 7 dengan silinder 2.
    saya berencana untuk memakai soflen, saya minta solusinya sebaiknya memakai soflen dengan kriteria seperti apa? karena saya sama sekali tidak mengetahui.

    oya, untuk menjaga agar minus dan silnder mata saya tidak selalu bertambah, sebaiknya bagaimana ya?

    terima kasih Dok :)
    mohon dijawab ya..


    1. Selamat malam Debby,
      Progresifitas mata minus dapat dipicu oleh kondisi membaca dekat, penggunaan komputer dan segala gadget,ditambah kemungkinan kondisi mata yang memang cenderung bertambah minusnya.
      Sebaiknya sebelum memakai lensa kontak,konsultasikan dulu ke dokter mata untuk menghindari risiko yang kurang baik di kemudian hari. Jenis soft lens juga harusnya yang sesuai dengan kondisi matamu.

      Salam,
      Rose

  43. Ryan Says:

    Nama saya Ryan, cowok, 17 tahun, Saya mengenakan kacamata dengan silinder 3.5 dan 4.
    Saya ingin bertanya:
    Tadi saat latihan olah raga, guru saya mengatakan bahwa olahraga seperti sprint dan marathon tidak cocok bagi pengguna kacamata dan beliau menyarankan saya untuk lebih menuju olah raga seperti lemper lembing, tolak peluru dan lain – lain, jadi apakah benar bahwa marathon dan sprint tidak cocok bagi pengena kacamata?
    Mohon penjelasan dan sarannya.

    Terimakasih

  44. fahmi aditya Says:

    hallo. Saya adit saya laki laki umur 20 thn, mata saya jika melihat jarak jauh itu selalu buram/blur, terus kalo melihat tulisan itu tidak jelas tapi tidk langsng selng bbrp menit bru tulsn trlht kabur blur gitu.trus mata terasa pegal,saya kerja di depan komputer. Apakah mata saya minus jika ia kira kira minus berapa terus apakah harus pakai kacamata atau apa cuma kecapekan aja dok, trims

  45. budi Says:

    selamat pagi dok, nama saya Budi usia 30 tahun, saya memiliki masalah dengan mata saya yang selalu merah, maka dari itu saya menggunakan obat tetes mata rohto cool, karena hanya dengan itu mata saya menjadi jernih kembali, saya selalu menggunakan nya setiap kali mata saya merah sehari bisa 2 kali pemakaian, apakah ada pengobatan terbaik untuk mengatasi masalah saya tersebut, karena saya takut akan efek samping yang timbul.. ketika saya menghentikan penggunaan obat mata tersebut mata saya merah terus dan terasa agak hangat di mata, tapi penglihatan mata saya masih normal. mohon sarannya dok..
    terima kasih

  46. Adhiprayoga Says:

    Halo ! Dok :)
    Saya adhi Umur saya 13thn Saya memiliki Penyakit Mata Minus dan ukuranya sudah 1,75 saya sudah coba teratur mengonsumsi Wortel atau pun Tomat tapi belum ada efeknya dok , Pertanyaan saya : Apakah ada cara lain untuk mengurangi ukuran kacamata saya atau perlu sampai saya bebas kaca mata dok , Dan apakah mata minus saya masih bisa normal lagi ?
    Makasih ya :) #Direply ya dok :)

  47. hartono Says:

    saya usia 42th jika membaca jaraknya kira2 30 cm .ini termasuk normal atau rabun dekat. jika kurang dari 30 cm tulisannya tidak jelas.

  48. fitri Says:

    selamat siang dok,

    saya fitri berusia 25 tahun. dok,kira-kira mata minus masih ada kemungkinan buat sembuh ga yah ? kalo ada, gmn caranya? soalnya mata saya udah minus 0,75 kiri kanan. malahan sekarang mata saya sering dan gampang banget kerasa pegel.
    terimakasih sebelumnya dok. :)

    Salam,
    Fitri

  49. arik dwiyanti Says:

    Mata saya setiap sore tidak dapat melihat dengan jelas bahkan terlihat seperti ada dua apapun itu yang saya lihat,, jarak pandang 5 meter saya tidak jelas dan itu terjadi setiap sore menjelang malam,, mohon bantuannya ini disebabkan mata saya mines atau karena apa?

    Terimakasih atas perhatiannya :)

  50. Gita Junianty Says:

    Selamat malam.. saya mau bertanya. Apakah normal umur 31 th memakai kacamata plus. Kemarin saya melakukan pemeriksaan mata ternyara saya plus 0, 75. Mohon dijawab. Terima kasih

  51. jaya Says:

    selamat malam dok..sy pnya keluhan kadang mata sering terasa ada ganjelan kalau mengedip – ngedipkan mata,.dn mata sy tak bisa melihat cahaya,kl sy bangun tidur mata sy tidak bisa melihat normal seprti ada yg menutupi kl sy kedip2kan la normal kembali tp trs kering mata,apkah bnr sy kena ragdang mata? dan ap solusinya dok? trims

  52. jaya Says:

    selamat malam dok..saya pnya keluhan kadang mata saya sering terasa ada ganjelan kalau mengedip – ngedipkan mata,.dan mata saya tak bisa melihat cahaya terlalu terang dan kalau saya bangun tidur mata saya tidak bisa melihat normal seperti ada yg menutupi di mata saya,kalau saya kedip2kan lama2 normal kembali seperti biasa.,pernah saya periksa katanya saya kena radang mata apa benar? dan apa solusinya dok? trims

  53. kusnadi Says:

    assalamualaikum….
    nama saya kusnadi, anak saya umur 8 tahun baru2 ini ngeluh klo di klsnya duduk di meja belakang katanya tulisan di papan tulis gak jls/kabur… setelah itu sy cb tes di tukang kaca mata, hasilnya -150… pertanyaan saya :
    1. berhubung masih dlm perkembangan, apakah keluhan tsb bisa di sembuhkan?
    2. upaya apa yg harus sy lakukan untuk dapat menyembuhkan/ meminimalisir keluhan yg diderita anak saya?
    3. apakah anak sy harus memakai kaca mata? soalnya dia bilang gk mau pakai kaca mata
    untuk sementara sekian pertanyaan dari saya, atas jawabanya trima kasih…
    wassalam…

  54. apri yadi Says:

    bagaimana cara mengobati mata silinder setelah operasi gloukoma n katarak…
    secara alamai n medis…?
    mhon bantuanya

  55. heli Says:

    selamat siang Dokter,
    saya ingin konsultasi :
    anak saya perempuan berumur 7 tahun kelas 3 sd dan setelah saya cek dia minus 3 kanan dan kiri 3.25 dan silinder 1 untuk keduanya.

    apakah ini bisa menurun minus dan silindernya ?
    makanan dan suplemen apa saja yang dapat mendukung untuk menurunkan hal tersebut ?

    Demikian pertanyaan dari Saya,
    mohon bantuannya ya Dokter.

    salam,
    Heli

  56. Riyanto Says:

    Saya anak laki2 , umur saya 14 tahun. Mata kiri minus 0.50 dan yang kanan 0.75 . Gi mana sih caranya agar sembuh dengan cepat?

  57. endah Says:

    Sore dok, saya mau tanya mata saya min 3.50, tetapi sudah 1 minggu ini saya sering pusing & muntah, saya sudah periksa ke dokter umum tapi saya malah dirujuk ke dokter mata, dari dokter mata stlah diperiksa dokter tersebut saya baik2 saja, hanya kelelahan lalu saya di beri obat vitamin, dokter tersebut bilang jika dengan obat ini masih pusing saya disarankan ke dokter spesialis saraf, apa menurut dokter saya harus periksa ke dokter bagian saraf atau bagaimana dok?? saya mohon saran dari dokter.
    Terimakasih.


  58. Saya pakai kacamata plus 3..bahaya nggak yaa..umur sy 58.. Sy tdk periksa ke dokter


  59. Selamat malam Reza,
    Ukuran kacamata yang Anda sebutkan mungkin kurang tepat,oleh karena angkanya tidak lazim. Oleh karena biasanya angkanya kelipatan 25, misalnya -250, 275,300 dst. Namun karena kamu menyebutkan mata kiri plus sedangkan mata kanan minus,maka perbedaan ukuran di antara kedua matamu memang sangat besar dan kemungkinan ada mata malas yang memicu terjadinya juling. Namun memang harus diketahui adakah riwayat lahir prematur,keterlambatan pemakaian kacamata atau ada kelainan pada retina atau sistem saraf penglihatan.

    Salam,
    Rose

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 315 other followers