Salam Mata Sehat!

NB:

*Pertanyaan konsultasi online yang sifatnya tidak penting/bercanda/mengandung unsur SARA/kurang sopan/tidak berbahasa Indonesia yang baik, akan langsung  dihapus dari forum ini.

**Cantumkan Nama (asli atau alias)/Jenis kelamin/Usia/Riwayat penyakit/Pertanyaan dengan jelas.


121 Responses to “Konsul Softlens”

  1. Arifa Aulia Azy Zyahro Says:

    salam dok
    saya gadis berumur 21 tahun, saya tertarik menggunakan softlens untuk kosmetik saya, dan saya ingin menggunakannya lagi.tapi kejadian setengah tahun yang lalu saat saya menggunakan softlens, awalnya biasa saja.tetapi semakin lama saat saya menggunakannya penglihatan saya semakin buram. setelah dilepas buramnya tidak langsung hilang,tapi keesokan harinya baru hilang. dan saya biarkan saja, 2 hari kemudian saya pakai lagi, dan kejadiannya sama hingga pemakaian ke tiga.saat pemakaian selanjutnya, keesokan harinya mata saya tidak bisa dibuka seperti kelilipan dan tidak hilang,mata saya memerah di bagian dalam kelopak. waktu saya periksakan kedokter, dokter bilang mata saya iritasi.
    semalam diberi obat.keesokan harinya sembuh.tapi setiap saya pakai lagi kejadian berulang.apa mata saya ada alergi dengan softlens?padahal saya ingin sekali menggunakan lagi.dan saya tipe yang sangat apik(steril) dalam menggunakan softlens.
    mohon bantuannya dok.
    terimakasih


    1. Selamat malam Arifa,

      Gangguan mata yang berulang menandakan ada sesuatu yang tidak beres di soft lens atau matamu. Mungkin saja kamu alergi dengan bahan softlens, mungkin saja menurut kamu steril banget tapi dalam pelaksanaannya masih ada yang keliru, atau matamu memang kering dan ada gangguan di kelopak, sehingga begitu kamu mulai pakai softlens, masalah yang sama muncul terus.

      Lebih baik diperiksakan dahulu kondisi matamu ke dokter spesialis mata sebelum memulai penggunaan softlens agar tidak terjadi gangguan ke depannya. Sering saya temukan, orang-orang yang mengabaikan tanda adanya iritasi atau infeksi di mata akibat penggunaan softlens berakhir dengan kebutaan. Oleh karena itu, berhati-hatilah dan sayangilah matamu.

      Salam,
      Rose

  2. rosa Says:

    siang dok,
    saya umur 16thn,
    saya pernah dengar kalau pemakaian soft lens dibawah 17 tahun itu bahaya, karena bisa menghambat pertumbuhan mata,
    apa itu benar dok?
    Sebenarnya apa aja sih bahaya pemakaian softlens untuk orang dibawah 17thn?

    terima kasih


    1. Selamat sore Rosa,
      Softlens bisa juga dipakai oleh bayi, namun harus dalam pengawasan dan kontrol dokter mata. Semua penggunaannya harus sesuai indikasi dan kegunaan.Oleh karena itu, periksakan dulu kondisi matamu ke dokter mata sebelum memakai soft lens.
      Secara umum pernah saya jelaskan mengenai kerugian/efek samping mengenai soft lens. Bisa Rosa baca kembali ya.
      Salam,
      Rose

  3. sisca Says:

    Sore dok,
    Saya umur 17 tahun, baru menggunakan soflens -+ 6 bulan. Pertama menggunakan merk x2 (1 bulan), tapi tidak cocok mata jadi merah. Lalu konsul ke dokter tapi katanya masih ringan dan diberi obat tetes untuk soflens: eye lotion.Setelah itu saya menggunakan softlens freshkon: tidak ada masalah (1 bulan) karena soflensnya robek saya ganti dengan geo (sudah 3 bulan), minggu kemarin saya pakai softlens itu tapi tiba2 panas, perih lama2 lampu terlihat ada bayangan pelangi. Setelah itu saya tidak menggunakan softlens itu mata normal tidak burang/ ada bayangan pelangi. Kemarin saya menggunakan softlens itu lagi dan gejala perih dan ada bayangan pelangi lagi.
    Maka saya membeli softlens yang baru merk geo juga. Hari ini saya pakai: tidak panas atau perih. Tapi lama2 masih ada gejala lampu terlihat ada bayangan pelangi.

    1. Apa kah normal dok?
    2. Apakah softlens tiap hari harus diganti cairannya walau tidak dipakai?

    Trimakasih dok.


    1. Selamat pagi Sisca,
      Adanya pelangi saat kamu memakai soft lens, menandakan ada sesuatu yang bermasalah di soft lens itu. Kalau sudah ada gejala tersebut, sebaiknya lepaskan saja. Perawatan softlens disesuaikan dengan pabrik pembuatnya. Idealnya pemakaiannya memang harus selalu bersih dan mata sering diteteskan obat tetes mata yang dianjurkan untuk mencegah kering dan iritasi.
      Bila kamu hentikan penggunaan softlens tersebut tapi masih ada halo, sebaiknya segera periksakan ke dokter mata.
      Salam,
      Rose

  4. Reinhard Says:

    Salam dok
    Saya berumur 16 tahun dan sempat menggunakan softlens berwarna hitam (netral) untuk krg lebih 1 tahun, selama itu, tidak pernah terjadi apa-apa yang mengganggu. Tapi beberapa bulan lalu ketika saya ganti merk softlens, ukurannya memang berbeda dengan ukuran yang biasa saya pakai (lebih besar bbrp mm), dan mata saya mulai tidak nyaman memakainya. Setelah itu saya kembali mengganti softlens saya dengan ukuran normal yg saya pakai. Tapi memakainya pun mata jadi cepat merah dan tidak nyaman seperti softlens sebelumnya. Saya sudah mencoba istirahat pakai selama beberapa minggu, namun jika dipakai lagi maka beberapa menit akan timbul tidak nyaman lagi. Sekarang saya sudah tidak coba pakai lagi, tapi mata saya sering sekali gatal dan kadang perih. Bagaimana solusi dokter? Terima kasih banyak.


    1. Selamat sore Reinhard,
      Dari keluhan yang ada hingga sekarang bahwa ada rasa gatal dan perih, menunjukkan adanya gangguan di permukaan bola matamu (bisa alergi, iritasi atau mata kering). Sebaiknya diobati terlebih dahulu ke dokter mata hingga kembali normal. Setelah itu, baru mulai gunakan soft lens lagi. Jikalau tidak, matamu akan terus menerus tidak nyaman dan malah memperberat gangguan yang sudah ada.
      Salam,
      Rose

      1. Reinhard Says:

        Terima kasih banyak, dok.

  5. fara Says:

    sore dok, saya fara umur 20 tahun.
    saya pernah mencoba memakai softlens warna biru (lupa merk, pemakaian untuk 6bln) untuk mata normal. tapi sayang nya tidak beratahan lama. saat saya memakai softlens mata saya baru berapa menit sudah merah dan terasa kering sekali.sampai sekarang saya masih ingin memakai softlens, tapi takut.
    1. apakah mata saya memang tidak cocok memakai softlens, atau memang karena softlensnya kurang baik?
    2. soflens seperti apa yang baik digunakan baik untuk orang yang memiliki mata sangat sensitif?


    1. Selamat sore Fara,
      Untuk mengetahui faktor penyebab merahnya mata Farah saat memakai softlens karena softlens itu sendiri atau karena kondisi mata yang kurang baik, harus diperiksa terlebih dahulu. Sebaiknya gunakan softlens yang memang kadar airnya tinggi, yang tidak dipakai untuk jangka waktu lama, dari produsen yang memang sudah diakui kualitasnya.
      Salam,
      Rose

  6. naufal Says:

    selamat sore dok… saya ingin menanyakan MENGAPA PENDERITA SINUSITIS tidak boleh memakai softlens?

    saya pegal sekali memakai kacamata dengan minus 6.50… lalu saya menderita sinusitis sejak kelas 3SD pada tahun 2003.. Sekarang usia saya 16 tahun… bagaimana solusi nya dok? saya ingin sekali memakai softlens? terima kasih.


    1. Selamat sore Naufal,
      Boleh kok penderita sinusitis memakai softlens, asalkan kamu tidak alergi terhadap bahan softlens tersebut dan sinusitismu sudah terkontrol dengan baik (tidak aktif).
      Salam,
      Rose

      1. naufal Says:

        terima kasih dok… berarti saya harus konsultasi dulu ya dok.. hmmm sinusitis saya disebabkan karena tulang hidung yang tidak sejajar.. sekali lagi terima kasih ya dok..

  7. farah Says:

    dokter,,saya berumur 21 tahun.dokter saya menggunakan kacamata sejak saya duduk di bangku SD sampai sekarang,,dan saya ingin sekali menggunakan softlens karena saya pegal dan capek menggunakan kacamata,,yang saya ingin tanyakan pemeriksaan apa saja yang harus kita jalani sebelum menggunakan soflens..?apakah ada pemeriksaan khusus..?dan apakah biayanya mahal dok..?terimakasih informasinya.

    1. fara Says:

      terima kasih banyak dokter atas jawabannya.

  8. Johan Yulianto Says:

    dok saya mau bertanya. saya umur 20thn nah saya sudah 2x ganti softlense tapi terkadang masih perih di mata itu krn apa ya? selanjutnya apa penggunaan softlense itu bahaya? saya sudah sering membersihkan softlense setiap maw saya pakai dan lepas. lalu kalau obat softlense saya teteskan ke mata secara langsung itu bgmn? boleh atau tidak? softlense yang bagus itu seperti apa ya dok? apa ada rekomendasi softlense yang baik? terima kasih dok

  9. nizha Says:

    selamat pgii dok..
    saya nizha brumur 16 thun,,saya mau tnya,, kalau pmakaian soflen yg baik tu gmana ya,, trus maksimal penggunaan soflen brapa jam?
    terkadang saya klau mkai soflen lama-klamaan mata sya mnjdii mrah dan periih,, tu kenapa ya dok..???


    1. Selamat sore Nizha,
      Pemakaian soft lens yang baik adalah sesuai dengan aturan yang ditetapkan oleh produsen pembuat soft lens, memperhatikan higiene, dan kondisi mata yang normal. Nizha sendiri tahu kalau pakai kelamaan mata jadi merah dan perih, berarti harus segera lepas. Kalau mata Nizha kering, perlu ditetesin air mata buatan supaya mata tidak mengalami iritasi akibatnya menjadi merah dan perih.

      Salam,
      Rose

  10. manda Says:

    Selamat malam dok,saya mau tanya..
    Saya umur 22 thn. Saya memakai softlens sejak saya duduk di bangku SMA umur 16 thn.Sekarang minus saya 1,75 dan 2. Selama 3 bulan terakhir ini,mata saya jika pakai soflens tidak kuat lebih dari 6 jam.Mata saya jadi merah sebelah kalau tidak kiri ya kanan.Lalu mata yg merah itupun ada beleknya.Jd belek itu kdg mncul disaat saya sdg nyetir/sdg jalan2 dan menghalangi pandangan saya.Membuat saya utk berkaca dan mengeluarkan belek trsebut dari bag.bwh mata dan beleknya panjang biasanya.Walaupun sudah saya kluarkan,mata saya tetap merah dan bbrapa mnit kmudian mncul lagi beleknya.Kdg sudah saya lepas softlens nya,tp msh merah.Dan stgh jam stelah lepas softlens,saya teteskan obat mata memang lama2 reda.Tp stiap saya pakai softlens lg,biasanya spt itu lg dok.
    Padahal sblm 3 bln terakhir ini,saya tidak ada masalah apa2 dgn softlens.Memang dlu sekali sempat saya suka memakai softlens dibawa tidur sampai keesokan harinya.Tp tdk pernah trjadi apa2.Tp hal itu sudah lama dan tdk prnh saya ulangi.Mohon solusinya dok bagaimana dan kenapa itu bisa terjadi.Karena saya ingin ke dokter specialis mata tp sangat takut.Maka dari itu saya menanyakan dlu ke dokter.Terima kasih.
    -Manda-


    1. Selamat sore Manda,
      TIdak ada yang perlu ditakuti dari seorang dokter mata dalam penanganan kasusmu. Mungkin mata Manda kering, sehingga gampang terjadi iritasi dan infeksi belekan. Masa lampau mungkin tidak ada gangguan, tetapi gangguan itu timbul masa kini setelah iritasi kronis. Untuk sementara, jangan pakai softlens tersebut, berobat ke dokter mata hingga sembuh, dan kemudian ikuti saran dokter mata yang menangani kapan sebaiknya waktu yang tepat untuk memakai softlens kembali.
      Salam,
      Rose

  11. steven Says:

    selamat malam dok, saya Steven berumur 16thn.
    saya mau tanya, saya memakai softlens X2 dan kadar airnya 42%, apakah bagus dok softlens yang berkadar air 42% saya pakai di tempat ber AC?

  12. stevani Says:

    siang dok.
    saya mau tanya kalau terus”an pakai soflen ada dampak buruknya ga ya??
    dan kmrn smpet beberapa hari mata saya merah sudah ditetes obat mata hanya hilang sementara dan ada lagi..

    oh ya apakah bermasalah soflen yang robek sedikit masih dipakai?
    Terima kasih sebelumnya

  13. ditia nur wulan Says:

    Selamat pagi dok,,

    Saya wulan,, umur saya 19th. Saya seorang mahasiswi semester 4 diDenpasar. Saat ini saya memakai kacamata minus 1,75. Karena saya capek karena terus memakai kacamata,, ada keinginan untuk mencoba softlens. Setelah beberapa referensi saya baca,, ternyata softlens bisa menyebabkan kebutaan. Yang saya ingin tanyakan,,
    1. Apakah pemakaian softlens saat mengendarai motor berpengaruh?? Apakah pemakaian soflens setiap hari bisa menyebabkan iritasi/gangguan mata??
    2. Saya kuliah dibid.kmputer,, bisa atau tidak memakai softlens saat didepan komputer??

    Terima kasih

  14. rhia Says:

    Dok,,,sbaikx mNa yg Lebih bagus mengguNakn kaca mata atauu softLense untuk mata miNus??

  15. husni Says:

    Selamat malam dok,
    saya husni umur 19, saya mau tanya…
    baru2 ini saya pakai kontak lens., cm pada pemakaian ke 7, mata saya mulai iritasi, sering mengeluarkan air mata dn kotoran, jd sekarang sy putusin utk gk pake kontak lens lagi. air mata dn kotoran terus keluar dlm itungan beberapa menit, untuk pengobatan apa obat dok. sarankan ???

  16. Maulina M Says:

    siang dok,
    saya mau tanya
    sudah seminggu ini saya pake softlense karena mata saya min 2,25 biasa’a saya memakai kaca mata tetapi saya ingin mencoba softlens dan masih baik” saja saya memakai softlens jika perlu saja dan tadi malam saya lupa mencopot softlens saya sebelum tdur alhasil bangun tidur mata saya burem dan sangat merah lalu saya berikan obat tetes mata insto tetap saja mata saya masih perih dan sakit lalu saya membeli tetes mata rohto cool mata saya sudah lebih enakan tdk terlalu perih lagi tetapi mata saya masih saja tetap merah knp ya dok? apa yang harus saya lakukan untuk mengurangi mata merah saya ini? terimakasih


    1. Sore Maulina,
      Kemungkinan mata Anda masih merah karena efek iritasi. Jikalau merah, perih dan keluar kotoran mata, maka itu tanda infeksi dan harus diobati. Bila hanya iritasi ringan, maka dengan penetesan air mata buatan akan kembali seperti semula.

      Salam,
      Rose

  17. Fitri Says:

    Salam Dok,
    Saya Fitri usis 34 thn… saya pakai softlense dah cukup lama…. tapi saya sempat lupa pakai sampai ketiduran n besok pagi nya mata jadi merah n pegal juga silau kalau lihat cahaya…. saya coba pakai obat tetes mata ga berhasil…. solusi nya apa ya dok….. terimakasih.

  18. Isadora Says:

    Hay dokter, saya ada masalah dengan softlens.

    bbrp hari yang lalu, saya pakai softlens, trus pas saya lepaskan, saya sudah liat softlens saya pecah.. tapi saya liat di sekeliling saya, saya nga bisa menemukan pecahannya..

    jadi pertanyaan saya:

    apa ada kemungkinan pecahan softlens masi tertinggal di dalam mata???

    Apakah kita bisa merasakan pecahan softlens tsb di dalam mata kita?

    NB: tapi sampai hari ini, saya tidak merasa ada sesuatu di dalam mata saya.

    Mohon bantuan nya yah dok, saya agak bingung plus takut.

  19. aisyah Says:

    siang dok,saya aisyah 15 tahun

    mau tanya dok,rencananya saya SMA itu mau pake softlens.nah kata papah saya jangan dulu sebelum 18 tahun katanya bisa menghambat pertumbuhan mata.tapi saya merasa terganggu kalo harus menggunakan kacamata apalagi saya berkerudung.nah apa boleh dok saya pake softlens pada umur umur segini? terimakasih dok

  20. mela Says:

    dok,, mau tanya jika pake softlens sma orang yang g pake softlens keliatan sama ga dok?? saya mau tes kesehatan masuk PT. kalau pake sotlens nampak pake / ga??

  21. Wyeby Says:

    Nama saya Dwi, perempuan, 20 tahun.

    Saya sudah sekitar 4 tahun menggunakan softlense. Dan softlense terbaru saya baru saya beli awal Mei lalu.
    Memang kadang suka perih pas pakai softlense tapi sudah 3 hari ini saya tidak pakai softlense karena mata saya yang sebelah kiri perih dan berair terus menerus.
    Ada bintik putih di bagian dalam mata saya yang berwarna hitam. sudah 3 hari tidak hilang dan perihnya pun tidak kunjung reda.
    Minus saya sekarang 4.25.
    Mohon informasinya yaa, terima kasih :)

  22. Meliani Says:

    Dok sebelumnya, saya adalah pengguna soflen & saya pakai tiap hari. Suatu hari saya pernah beli soflen korea secara online. Saya hanya tahan pakai 1-2jam saja. Setelah dilepas terasa perih & merah. Besoknya saya lakukan hal yang sama & terjadi juga hal yang demikian. Lalu saya ganti merk soflen yang biasa saya pakai, anehnya setelah dilepas terasa perih & merah & juga hanya tahan pakai 1-2jam saja. Anehnya hanya karena soflen online tersebut saya jadi ga bisa pakai soflen merk yang biasa saya pakai. Padahal saya uda ganti cairan & tempat soflen yang baru. Sebelum mencoba soflen online tersebut, saya selalu bisa pakai merk soflen yang biasa saya pakai tersebut & ga pernah terasa perih & merah. Yang mao saya tanyakan , apa mata saya alergi terhadap soflen online tersebut? kenapa saya juga merasakan perih & merah di saat pake merk soflen yang biasa saya pakai padahal biasanya tidak? Apa ada obatnya? Bisakah saya memakai soflen lagi? karena saya tidak nyaman bergantung terus dengan kacamata

  23. thiiko Says:

    Pagi dook aya mau tanya bbeberapa hari terakhir ini mata saya sering merah dan perih saat memakai softlens..saya bekerja di bidang komputer yg setia hari menatap layar komputer selama berjam2.apa itu pengaruh dok?
    awalnya tidak ada maslah seperti itu..baru beberapa hari terakhir ini.
    mohon sarannya dok..
    terimakasih..

  24. kicky chaca Says:

    Selamat malam dok, saya kicky umur 22th…saya menggunakan kontak lens sejak tahun 2004 dengan minus awal -3.00 OD/OS..sekarang saya sudah setahun tidak menggunakan kontak lens dikarenakan mata saya mengalami astigmatisma..
    saya sejak tahun 2004-2010 menggunakan kontak lens merek acuvue (pernah ganti merek lain tp membuat mata saya kering jd saya kembali ke produk awal yaitu acuvue) saya juga pernah 3-4x iritasi mata dalam jangka waktu 2004-10 tp sy tetap kembali menggunakan kontak lens setelah mata sembuh krn membantu saya dlm pekerjaan sy sehari2..dokter memberi obat tetes dan vitamin dan hanya mengingatkan untuk lebih rajin membersihkan kontak lens dan jangan mengucek bila mata iritasi atau terkena debu…
    sekarang dari merek kontak lens yg saya pakai menyediakan kontak lens untuk penderita astigmatisma…saya sgt tertarik mencobanya…apakah kerugian dan keuntungan menggunakan kontak lens astigmatisma? apakah aman dan tidak bergeser dikarenakan skrg mata saya OD S-3.75 Cyl-1.00 Ax 10 dan OS S-3.75 Cyl-1.25 Ax 160 ?? apakah sy bisa menggunakan kontak lens astigmatisma?
    terimakasih banyak atas jawabannya dok…malam.

  25. Isni Says:

    Malam dok..
    umur saya 20 tahun.
    minus 2,50.
    saya sudah 2x membeli softlens. yang pertama diameter 14,5 tapi saat dipakai selalu bergeser seperti longgar. Kemudian saya beli yang diameter 14,2 tapi sama saja.
    suatu hari saya mencoba yang diameter 14,5 milik teman saya namu sudah kadaluarsa, tapi anehnya malah nyaman saya pakai dan tidak bergeser-geser.
    itu bagaimana ya, dok?

  26. Theresia Says:

    Siang Dok..
    Saya There, 19 th
    Sya baru membeli softlens setengah bulan yang lalu..
    Kemudian 1 dari softlens saya tiba2 mengering.
    mungkin karena sudah 3 hr tidak saya ganti airnya.
    kemuduian saya rendam lagi dan hasilnya softlens yg mengering tersebut kembali seperti awal.
    apakah masih boleh di pakai dok?
    karena soflensnya sudah kembali bagus bentuknya seperti awal kembali. terima kasih Dok.
    Di tunggu jawabannya.

  27. steven Says:

    permisi dok.. saya maw nanya.. saya umur 19 tahun..
    saya sering memakai softlens waktu tidur, dan tidak ada efek sampai sekarang ini..
    saya merasa ketika saya tidak memakai softlens mata saya menjadi tidak nyaman. ketika saya mencoba melepas softlens, maka mata saya akan terasa kering dan sama skali tidak enak.. apakah ini tidak apa2 dok untuk meneruskan memakai softlens ?
    dokter dulu saya menyuruh saya untuk memakai cenfresh sebagai obat tetes mata, apakah ini harus saya terus konsumsi dok ?? terimaasih..

  28. Fiera Says:

    Permisi dok…
    saya pengguna kaca mata, namun karena suatu hal saya diharuskan memakai soft lens, awalnya saya pakai merk acuvue, namun mata saya rasanya seperti ada yang mengganjal, lalu lama kelamaan (terutama apabila terkena AC) mata saya rasanya seperti tertusuk-tusuk, akan kembali normal rasanya setelah saya beri tetes mata atau saya lebarkan kelopak mata saya.
    Lalu saya ganti dengan soft lens yang kadar airnya lebuh kecil, newlook (acuvue = 55, newlook = 48), rasa mengganjal nya hilang namun di mata kiri saya saja rasanya masih ada seperti tertusuk, sedangkan untuk mata kanan saya baik2 saja namun sedikit buram

    pertanyaan saya dok,
    1. apakah ini yang dinamakan iritasi mata karena softlens atau hanya sekedar mata kering? saat ini minus saya 4.75, dan saya menggunakan 4.50 untuk soft lens (sama di kanan dan kiri)
    2. apakah mungkin ada luka di kelopak mata? karena saat saya lepas soft lensnya rasa menusuk nya masih suka muncul di mata kiri saya apabila mata saya kedip rapat
    3. apakah normal dok rasa “mengganjal” saat memakai soft lens? soalnya kata teman2 saya yang memakai softlens tidak ada rasa mengganjal

    Terima kasih dok
    saya tunggu jawabanya…

  29. chandra Says:

    dok,,,kenapa softlens yg saya pake terasa panas,,jd mata saya terasa terbakar..padahal baru 1 minggu,
    tapi cuma sebelah saja.dan apa sebaiknya pemakaian nya dihentikan?

  30. Amalia amel Says:

    Selamat sore dok,
    Mau tanya kmrn sy pakai softlense tp tiba2 mata sy seperti berkabut dan sangat perih serta mengeluarkan air mata terus menerus. Sy kasih obat tetes mata sprt insto tetapi tetao perih sampai hr berikutnya. Mata sy perih sekali klo dibuka jadi harus dimeremin trs dok.. Tidak merah tp sngt perih dan tdk brhenti mngeluarkan air mata. Itu kira2 knp ya dok??? Terima kasih

  31. Frischa Says:

    slmt sore dokter,
    umur saya 16 th,
    saya baru-baru ini menggunakan softlens,, sebelumnya tidak ada masalah, tetapi baru ini saat softlens di masukkan ke mata,, mata saya terasa perih dan merah,, kira-kira ini kenapa ya dokter??, apa terjadi iritasi?
    terimakasih.

  32. tika Says:

    malam dok, saya tika 20th baru 2hari yang lalu mata saya periksa ke dokter karena iritasi mata kanan setelah seharian saya memakai soflens hitam, padahal itu adalah softlens baru stlh 2minggu yang lalu saya juga mengalami iritasi ringan krn mengganti merk.. yang saya tanyakan, pada iritasi kedua yg lebih parah itu kenapa rasanya ada pembuluh2 yg melebar dan pandangan kini kabur? jika saya ingin menggunakan soflens lagi, sekiranya kapan waktu yg tepat ya dok??

  33. tisa Says:

    siang dok,
    saya umurnya 12 taun, trus waktu itu sempet pakai softlens, nah pas pakai hari pertamanya sih baik2 aja tapi besoknya pas saya liat mata saya malah jadi kuning dan bola matanya malah jadi coklat, trus saya coba pakai lg beberapa hari kemudian setelah matanya normal lg, mata saya terasa kering sekali dan merah disekeliling bola matanya dan warna hitamnya tuh seperti luntur, kira2 itu kenapa ya dok? apakah saya alergi dengan bahan softlens nya? trimakasih infonya

  34. aziizah Says:

    pagi dok,,
    dok, saya udh pke softlens skitar -+ 3 bulan, gk ada gjala mata merah, perih, dn lainnya, baik” aja, yg saya mw tanya, kalo pas tdur, bangun” mata saya jdi byk kotoran mata atau air mata yg mengering (tanpa memakai softlens), tpi kalo saya tertidur dan msih menggunakan softlens saat bgun hal itu gk trjadi..
    apa itu emg biasa terjadi dan apa itu normal dok??
    kalo kita msih memakai softlens yg sobek sdikit apa dampaknya dok??
    terimaksih,,
    dan mhon untuk di balas,,

  35. Dhila Says:

    malam dok ..
    saya dhila 16tahun .

    saya iingin sekali memakai lens , setelah pake 1-2 hari tidak terasa panas di mata . tapi setelah itu softlens terasa panas saat di pakai , sehingga membuat mata saya tidak nyaman dan selalu ingin menangis. ini sudah berlaku pada softlense ke 1 dan 2 saya .
    . knpa bisa gbitu ya dok ?
    . padahal teman-teman saya itu selalu kelihatan nyaman jika memakai softlense tanpa mengeluh perih dll.
    . Jika boleh tau softlens dan cairannya yg baik apa ya dok ??

    makasih .

  36. beatrixe Says:

    malam dok,
    nama saya beatrixe, saya sdah lama menggunakan softlens smenjak sya duduk d bangku SD. dan tdk pna tjadi hal srius slama penggunaan softlen merk apapun. saya bru membeli softlen merk geo. awal pakai tdk tjadi apa2 bahkan mrasa nyaman. tpi tba2 swaktu saya melepas softlen bagian dlam mata sbela kanan merah dok. tdk trasa perih ato apapun namun merah sdikit dkat pupil mata. saya hentikan pemakaian slama 5hari smbil meneteskan obat tetes mata jga dan ternyata sembuh. dan kmudian sya pakai lgi softlen na. tpi pda saat dilepas gejala yg sama muncul lgy dan lagi2 mata sbele knan saja sdangkan mata sbela kiri sya baik2 saja. apakah itu hnya skedar iritasi ringan ato hrus dikonsultasikan k dokter y ?

    mhon bntuan na dok, terima kasih

  37. Melissa Says:

    Siang Dok,
    saya sudah menggunakan softlens kurang lebih 4 tahun dan pernah menggunakan beberapa merk (x2, a+, acuvue). kadang saat menggunakan softlens, mata saya merah dan perih, tapi saya diamkan saja. nah kemaren ini, saya menggunakan softlens lagi (merk x2, jangka waktu 6 bulan, saya pakai dari bulan juni). mata kiri saya perih dan merah, saya pikir itu biasa. lalu saya copot softlens nya, mata saya masih perih. akhirnya saya pakai insto supaya hilang perihnya, tapi masih perih juga. saya tinggal tidur, dan waktu bangun tidur, di bola mata (bagian hitam) ada bintik putih. itu kenapa ya Dok? bahaya ga? saya harus ngapain ya? terima kasih Dok atas jawabannya.

  38. Dessy Says:

    Dok mau tanya dong, aku kan baru beli softlens merk geo yang warna kran gak begitu ngerti kemaren aku pas waktu pake soflens aku pakein obat tetes insto.. itu berbahaya gak ya?? baru 2x tetes sie..

    masih boleh pake lagi gak softlensnya ato harus ganti bar???

    ciri2 softlesn rusak gimana ya

    thanks
    dessy

  39. Erly Ulandari Says:

    Selamat sore,
    Saya wanita berumur 26 tahun dengan kondisi mata minus (kanan 3, kiri 12)
    Beberapa waktu lalu saya menggunakan softlens sebagai pengganti kacamata.
    Pada awalnya tidak ada keluhan, namun setelah usia pemakaian satu bulan, mata saya tiba-tiba merah dan terasa silau. Saya menyempatkan diri untuk membawanya ke rumah sakit mata terdekat. Kemudian setelah didiagnosis, saya diberikan obat tetes mata dan obat untuk diminum.
    Namun sampai dengan obat habis, mata saya masih belum bisa pulih total. pandangan mata saya masih buram dan silau sampai sekarang, dan seringkali masih memerah. dan jika diamati seksama terdapat bercak putih kecil2 di sekeliling bagian bola mata yang berwarna hitam.

    Pertanyaan saya:
    1. Apakah bercak itu?
    2. Bagaimana cara penanganannya? Karena obat yang diberikan dokter kurang manjur.

    Mohon penjelasannya dok, terima kasih banyak sebelumnya.

  40. caca Says:

    Umur saya 20thn. Saya kelupaan mencopot softlens semalaman sewaktu tidur, waktu bgn pagi” saya merasakan pusing sekali disekitar mata dan pelipis, saya tidak bisa membuka mata sama sekali karena pusing, lalu saya bawa tidur dan minum obat pusing enakan tp kemudian mata iritasi menjadi sangat merah dan perih. Itu efek dari softlens yang terbawa tidur ya? Baiknya saya menggunakan tetes mata atau obat apa ya dok? Terima kasih sebelumnya.

  41. Raquel Says:

    Halo dok
    Saya pingin sekali memakai softlens tetapi saya takut , katanya pertama pakai itu sakit
    Apakah itu bener dok?
    Apakah kadar air42% itu sudah bagus untuk soflense ?
    Salam

  42. sasti sastra m Says:

    saya ingin bertax dok,,
    saya sekitar 4 bulan sudah memakai softlens dan mata saya normal2 saja,namun baru-baru ini saya lupa untuk melepas softlens saya pada saat saya tidur skitaran 2 jam,, nah setelahh saya melepas softlens sya,, mata saya memerah , dan sampai sekarang masih memerah dan lebih terlihat jelas pada saat sya melepas lagi softlens yang baru saya pakai, apa yang menyebabkan hal tersebut?? karena sampai sekarang mata saya masih terlihat memerah…mohon dibalas yahh dok

    Terima Kasih

  43. farida Says:

    dok nama saya farida umur 15th
    saya orang yang masih baru untuk memakai soflents,tapi kemarin mata sayang sangat perih,terus memerah,langsung saja saya lepas soflentsnya,tapi skrng mata saya kalau d.bwat ngelirik kok ngerasa ngilu,
    apakah saya harus memperhentikan pemakaian soflents?
    apakah saya iritasi?

  44. Elsa Says:

    Dokter , saya siswi usia 17 tahun. Minus 2,75
    Dok , saya memakai soft lens sejak april lalu hingga sekarang , pemakaian soft lens pertama saya. Dok , saya bingung , soft lens saya tidak bisa dilepas dok malam ini , soft lens nya melekat pada mata saya dok , apa yg harus saya lakukan. Saya bingung dok , tolong saya…

  45. wulan Says:

    pagi dok
    umur saya 17thn. saya baru membeli softlens berwarna hitam baby eyes, tetapi mata saya selalu merah setelah saya menggunakannya sekitar 6 jam, dan ini yang kedua kalinya saya menggunakan softlens tsb, tetapi mata saya jadi terasa gatal dan ada titik putih di iris mata saya, knp ya dok? titik putih itu rasanya gatal, dan mata saya merah sekali seperti sakit mata.
    terimakasih sebelumnya

  46. Dimitri Says:

    dok, saya Dimitri umur 17thn. Dok, saya menderita -4.50 cyl 0,50, saya pake softlens -4,00, mata saya yang kanan terang banget. tapi yang kiri kok burem, kira-kira kenapa ya dok?

  47. steven Says:

    selamat siang dok,
    saya berumur 17 thn, dan mau tanya tentang softlens
    saya memakai softlens X2 baby eye yang for 6 mount, awal pertama kali memakai sangat nyaman dan tidak ada gangguan dan ketika beberapa minggu kemudian setiap kali mata saya memakai sofltens, baru beberapa menit softlens di pakai di mata mata saya menjadi perih dan merah, setelah itu sofltens tersebut menjadi buram dan ketika saya tetesi dengan obat mata khusus sofltens tapi hasilnya sama buram, dan setiap kali saya habis memakai softlens tersebut mata saya menjadi merah. padahal sebelum tangan saya menyentuh ke softlens saya selalu mencuci tangan saya dengan bersih.
    yang mau saya tanyakan apa penyebab softlens baru di pasang beberapa menit kemudian perih apa penyebabnya?
    apa yang harus saya laukan ketika softlens kering dan di teteskan obat mata tapi hasilnya tetap buram?

    mohon di balas pertanyaan saya ini dok.
    =)

  48. rizalpanjiislami Says:

    selamat siang dok
    saya sudah dua tahun menggunakan softlens
    awalnya mata kiri saya minus 6.25, dan mata kanan minus 6.50, lalu saya menggunakan softlens yang minus 6.00, dan tidak ada masalah
    beberapa minggu yang lalu, saya kembali periksa mata, ternyata minus saya naik menjadi 6.75, namun menurut petugas optik, softlens yang saya gunakan cukup tetap menggunakan softlens minus 6.00
    namun beberapa hari ini saya merasa ada yang aneh, mata kiri saya terasa lebih buram daripada mata kanan, selain itu mata terasa lebih cepat lelah dan sering terasa tegang
    apa yang salah ya dok? apa softlens saya memang sudah tidak cocok?

  49. Intan Says:

    siang dok
    saya beusia 12 tahun saya mengikuti ekskul cheers disekolah saya.jika latihan kaca mata saya harus dilepas.apakah seusia saya sudah boleh menggunakan softlens ? terima kasih


  50. halo dok, nama saya kris
    kemarin saya pakai softlens warna coklat,kurang lebih baru 2 minggu,tapi pertama saya makai rasanyya aneh,tapi beberapa kemudian udah nggak,pada waktu itu softlens saya pernah jatuh kelantai,setelah saya pakai mata saya agak buram,dan pada waktu itu air softlens saya abis,aq rendem pakai air yang kemaren,
    1.apa yang harus aku lakukan???
    2.aku nggak merendam pakai air softlens semalaman,apa yg harus saya lakukan?

  51. dita Says:

    dok saya mau nanya .,usia saya 16 th , saya minus 1 ., udah 2 tahun saya pake softlens rasanya semua merk dan ukuran saya cocok mata saya juga nggak pernah ada masalah. pertanyaan nya aman nggak kalau pake softlens terus bertahun-tahun ? , dan saya selalu rajin merawat nya dan mengganti softlens tepat waktu ., apa ada efek nanti saat saya udah tua .? makasih

  52. rizal Says:

    assalamualaikum
    met pagi bunda sy rizal umur 22
    sy ingin bgt pakai soflense sblm pakai soflense sy pakai kaca mata krna sy mempunyai min dan slinder
    gmn saran bunda

  53. Ansita Says:

    Selamat siang dok,

    saya wanita usia 22tahun. Pada 6 bulan pertama saya mengenakan softlens merk X2 warna coklat tidak ada keluhan apa2, bahkan tidak terasa sama sekali kalo mengenakan softlens.

    Saat masa softlensnya habis, saya berganti menggunakan merk O2 3 tone (yang harganya lebih mahal), 1 bulan pertama tidak ada keluhan apa2, akan tetapi 3 bulan setelahnya saat memasang softlens rasanya selalu tidak enak dan mengganjal di mata. Saya ulangi memasang berkali2 juga belum bisa terasa nyaman. Akhirnya saya paksakan tetap memakai softlens walopun tidak terlalu nyaman rasanya. pagi saya gunakan, sore mata memerah, perih, dan berbelek. saat malamnya saya lepas merah matanya tidak hilang juga. Paginya saat bangun tidur, mata masih merah dan berbelek, akan tetapi mata tetap mudah dibuka.

    Saya pernah periksa ke dokter katanya cuma iritasi ringan kemudian diberi obat tetes, dan untuk sementara dianjurkan untuk tidak pake softlens dulu. tapi setelah itu nyatanya mata saya masih bermasalah ketika mengenakan softlens

    pertanyaan saya, apakah mata saya bermasalah? ataukah softlensnya yang bermasalah? padahal dulu2nya tidak pernah ada masalah ketika mengenakan softlens.

    Sebelumnya saya ucapkan terima kasih.

  54. nike Says:

    malam dok,

    saya wanita usia 21 thn. saya mempunyai mata merah bawaan dr ayah saya, setiap kali d ruang AC mata saya selalu merah sehingga banyak orang mengira saya sudah mengantuk. padahal saya suka sekali memakai softlen, tp krn keadaan mata saya yg mudah sekali merah membuat saya tdk PD memakai soflen, padahal saya ingin sekali jika saat saya memakai soften bola mata saya terlihat putih bening seperti orang lain. apakah mata merah saya yg krn turunan ini bisa d sembuhkan dok??

  55. indah Says:

    siang dok…

    apakah pemakaian softlens setiap hari dapat mengalami kebutaan,dok?
    dan mengapa terkadang mata saya terasa perih saat berkedip setiap kali memakai softlens padahal saya selalu mengganti cairan pada softlens setiap hari dan saya selalu mencuci tangan terleih dahulu sebelum penggunaan?
    apakah efek samping yang akan diderita pemakai softlens yang sering berjalan dijalanan, sementara seperti yang kita ketahui dijalanan itu banyak debu,dok?

  56. nadya Says:

    salam dok..

    saya gadis berumur 24 tahun.. saya pengguna softlens normal.. masalah saya adalah,, ketika saya memakai softlens mata saya merah,, padahal sudah diganti dengan yg baru tapi tetap merah dan seperti kelihata ada garis memanjang seperti luka di putih-ptuih mata saya,, dan akhirnya saya berkonsultasi dengan dokter mata.. dan ternyata saya mempunyai alergi terhadap softlens.. saya di kasih obat tetes yaitu cendo lyteers, bralifex (antibiotik), dan zegavit.. setelah seminggu pemakaian saya mencoba memakai softlens lagi dan kumat lagi.. yang saya mau tanyakan obat yang bagus itu apa untuk mengatasi masalah pada mata saya? dan ada gak dok softlens untuk mata alergi??

    sebelumnya saya mengucapkan terima kasih..

  57. desty Says:

    mba saya mau tanya kenapa ya perih banget kalo setiap pake softlense bagian kanan sebelumnya beberapa bulan yg lalu jg sama seperti itu selalu aja perih kalo pake softlense yang bagian kanan, padahal dulu ga kaya gitu ga perih. itu tandanya ada masalah dengan mata atau softlense? soalnya softlensnya baru dibeli ko mau coba pake takut perih lagi :(

  58. nelis Says:

    slam dok,,
    umr sy 19th,sblmny sy blm prnh konsultsi sblm pke softlens.sy minus 5 sya sdh pke softlen 6bln sy pke softlens yg mrek x2 yg ntural (bening),kta optik dmn sy bli msa aktf softlens sy 1th,mang ad y yg ampe 1th? Trz kl softlen ny gk d ganti2 gmn?,,krna sy bkerja sy nyman pke softlens d bnding kcmta.sy sering pke softlen tiap hr ampe dlepas mlem sblm tdr,ap gk bhya dok? Kl d pke tiap hr n brklanjutn. O.y kl softlens ny kena air ktika d pkai bsuh muka,tu g ap2 dok? Trz kta tmn sy ad org yg pke softlen ampe mtany rusak bhkan buta, mang bner dok? Cz sy tkut bgt dok
    mhon info yg s’jls2 ny
    sblm ny mkch bnyk dok

  59. andien Says:

    siang dok….

    saya siswi SMA umur sya 15th ..
    mata saya min dok …
    sbnar.a mamakai lensa itu baik tdk dok untuk mata min…????????

  60. andelina veronica Says:

    malam dok, saya andelina 20 tahun..
    saya agak rabun jika terlalu lama memakai softlense, dan sekarang mata saya menguning dok. ada bercak-bercak kuning di sekitar mata saya, apakah itu karena dampak penggunaan softlense? misalnya karena saya tidak cocok menggunakan softlense, atau apa dok?
    saya sudah menggunakan softlense merk freshkon ini kurang lebih 4 bulan.
    mohon sarannya dok, terima kasih..

  61. sariayuwee Says:

    dok..sy cwe umur 19th..sy bru aja pakai softlens merk ice..pertama kali pakai gak ada reaksi aneh dari mata..wkt pemakaian kedua mata terasa panas dan berair..pemakaian ketiga mata terasa lengket dan mengeluarkan ketek..kenapa ya dok?apa tdk cocok?ini alergi msh wajar atau mata sy sudah bahaya..mhn jwbnny,mksh dok..

  62. dendra Says:

    sore dok, saya dendra, saya mau tanya kenapa ya mata saya seperti kelilipan saat memakai soflens, apa yg harus saya lakukan,

  63. Putri Flynn Says:

    hallo dok :)….

    umur saya 11 tahun, apa bisa seumur saya memakai softlens???
    walaupun mata saya tidak minus!!!
    apa tidak akan menjadi minus???

    terima kasih dok……..


  64. hy dok..
    saya selly wanita usia 17,,

    setelah saya memakai kontak lens 2minggu dekat bola mata saya awalnya merah ..dan say berhenti sementara,,,dan sekarang timbul 1 bintik dekat bola mata,,,knp ini dok,?
    dan bahaya kah..?

  65. tabita Says:

    dok, mata saya merah bengkak dan ada bintik putih d sklera, apakah ini karena infeksi antachamoeba? karena saya pemakai softllens 2 tahun dan memang sering terjadi iritasi ringan tp langsung dapat diatasi tapi karena ada bintik putih tadi buat saya aga takut dok, takut penangannya salah,
    saya sudah ke spesialis, katanya koreng mata, segera dibales yah dok

  66. putri Says:

    selamat malem dok ,
    saya putri , saya mau tanya ..
    baru pertama saya pakai softlens , tapi rasanya saat pakai thu ganjel dan gelih2 di mata , itu knpa ya dok ?
    terus apa benar kalo pke softlens bsa menyebabkan kebutaan? wah saya jadi takut dok ,

  67. anastasia Says:

    siang dok,

    saya wanita usia 19 tahun.
    saya baru menggunakan softlens. belakangan ini saya suka pakai softlens ke tempat kerja .. berhubung tempat kerja saya menggunakan ac, mata saya suka buram .

    berbahaya ga yah ,, kalau harus terus di pake ??
    terima kasih,

  68. Rindah Says:

    Aq pke softlens minus 1.50.. Punya byk cadangan softlens.. Knp yh softlens2 aq paling lama enak d pake cuma 2bln.. Pdhl u jangka 1thn.. Udah sering d steam sih.. Tp Ųğ sbelah suka kaya byk lemak2 gt.. Satunya lg baik2 aja..
    Ada Ųğ tau ga y?

    Tq

  69. hendry Says:

    hallo dokter, saya Hendry 19 tahun, baru pake softlense 2 minggu dngn merek x2, saya memutuskan pake softlense karena mataku min 1 sperempat. 4 hari memakai softlense masih biasa tdk ada gejala apapun, setelah hari ke 5 mataku merah tapi tdk perih, dan merahnya pun d bekas blakang softlense membulati bagian hitam mata. saya berhenti memakai softlense dan seminggu kmudian saya pake lagi, dan kejadian itu terulang lagi,
    kenapa ya dok? padahal tdk perih. apakah iritasi, ataukah tidak cocok?

  70. Wini Says:

    Sore dok, umur saya 21 tahun, sy pakai softlens sudah 4 bulan, mata normal, pada awal2 memakai softlens tdk ada masalah. Tapi sekarang ini, mata kanan sy sering keluar belek berwarna putih, sy bersihkan belek nya tetapi beberapa jam kemudian keluar lg belek berwarna putih itu dan rasanya sedikit sakit, adanya kemerahan di atas bola mata sy. Sudah 2 kali itu terjadi pada softlens yg sama, sehingga sy belum berani lagi menggunakan nya.

    Pertanyaan sy, apakah itu berbahaya? mengapa itu bisa terjadi? bagaimana solusinya. Tolong dijawab ya dok, terima kasih.

  71. intan Says:

    Selamat malam dok.

    saya berusia 17tahun, saya mau bertanya
    tidak lama ini saya mencoba memakai softlens, sudah hampir stngah tahun
    akhir-akhir ini mata saya sering merah dan merasa tidak nyaman
    padahal sudah saya bersihkan. selain itu bola hitam mata saya seprtinya di bagian atas gitu ada selaput putihm seperti bola mata yg putih lebih bnyak ,
    apakah itu iritasi kornea? gejalanya gimana saja ya dok?
    karena saya takud kornea mata saya terkena iritasi tsb.
    bagaimana pencegahan sebelumnya ya? sebelum di cek ke dokter mata di kota saya?

    terimakasih seblumnya.

  72. Edward Says:

    siang dok,
    nama saya edward

    saya menderita mata minus dengan kondisi minus mata kiri dan kanan berbeda lumayan jauh yakini kiri 3.0 dgn silinder 0.75 dan kanan 7.0 dengan silinder 1,25… apakah dengan kondisi ini saya bisa memakai softlense? mengingat memakai kacamata dengan ketebalan berbeda membuat tidak nyaman…

    terima kasih

  73. mutia Says:

    Dok, saya mutia umur 18thn.
    Saya ingin bertanya dok, saya baru mulai mencoba softlens mata minus kemarin tanpa konsultasi dokter sebelumnya. Saat mencoba, mata kiri saya merah dan terada mengganjal dimata kalau mau mengedipkan mata, tapi softlens mata kanan terpasang dgn benar dok.

    Ada apa dgn mata kiri saya? Gimana caranya agar tidak membuat mata merah? Dan meningkatkan kadar air softlens, apakah saya harus menggantinya atau tidak?

  74. momo Says:

    dok,saya baru saja memakai soflens…nah, pada waktu pembelian saya lupa membeli cairan untuk softlens…sekarang saya ingin membeli cairan itu. apakah ada kekhususan antara cairan dengan softlens???
    atau cairan softlens bisa dipakai untuk semua jenis soflens??apa saya harus membeli cairan softlens tersebut di tempat yang sama dimana saya membeli softlens…??

  75. Shila Says:

    Selamat pagi dok,
    Saya Shila berumur 20 tahun, sudah memakai softlens sejak berumur 17 tahun namun selama itu tidak selalu memakai softlens lebih sering menggunakan kacamata. Tidak ada masalah yang serius. Namun saat ini ketika saya memakai softlens, sekitar beberapa menit kemudian mata saya jadi perih, panas dan mata saya menjadi merah padahal saat awal softlens menyentuh mata tidak ada gejala yang mengganggu. Itu kenapa ya dok?

  76. siti Says:

    dok, saya berusia 19th. saya mau nanya, saya baru memakai softlens sekitar 2 bulanan, tapi sekitar seminggu yg lalu mata saya iritasi, lalu 2 hari setelah iritasi hilang saya memakai softlens lagi. awalnya tidak ada masalah, tapi sekarang ini mata yang terkena iritasi jadi gampang kena iritasi lagi, jadi gampang merah matanya. itu kenapa ya? dan kadang terasa ada yang mengganjal di mata yang terkena iritasi. itu juga kenapa ya?

  77. Verra Says:

    Malam Dok,

    Saya berusia 41 th, saya mau bertanya,
    Jika mata kanan -7.5 dan +1, sedangkan mata kiri -7.5 slinder 0.5 dan +1
    apakah dengan kondisi ini saya bisa memakai soflens? jika bisa berapa ukuran softlensnya yg sesuai dengan mata saya ini dan apa jenis softlensnya?

    Terima kasih sebelumnya


  78. pagi dok,
    saya mau tanya softlens minus bisa expired gak??
    soalnya softlens saya sudah expired tapi masih saya pakai dan tidak ada efek samping apa apa, apakah berbahaya atau tidak bila saya teruskan menggunakan nya???

    terima kasih

  79. mia Says:

    selamat sore dokter,,,
    saya mau tanya,,,bagaimana cara membedakan iritasi mata akibat softlens atau iritasi karena hal yg lainnya???
    selama kurang lebih tiga bulan saya memakai softlens,dan baru kali ini tiba-tiba mata saya memerah sebelah kanan,,,dan saya juga pernah ada sejarah kena iritasi mata jauh sebelum saya memakai softlens…
    mohon bantuannya ya dokter,,kemudian bagaimana solusinya selain harus ke dokter mata??mungkin secara tradisional…
    trima kasih dokter..:)

  80. Karina Says:

    Pagi dok, saya berumur 17th.
    Saya sudah menggunakan softlen semenjak umur 12th. Jadi sudah sekitar 5 tahunan.
    Untuk pertama kali menggunakan softlen sangat nyaman dan senang sekali dok. :) karena saya keliatan lebih fresh.
    Namun kenapa akhir” ini di tahun ke 6 saya memakai softlen, mata saya (kanan/kiri) kadang memerah perih dan sakit.
    Saya tidak mengerti karena saya selalu lepas softlen saya sebelum mau tidur, mencucinya dlll.
    Jangka waktu perih nya itu selalu setiap bulan
    Dalam sebulan, pasti mata saya sakit. apa pengaruh softlen ya dok?
    dan apa benar kalau kita sering menetesi mata kita dengan cairan untuk menyembuhkan iritasi bisa mengakibatkan katarak?

    Terimakasih.

  81. ikey Says:

    Met pagi dok
    Ada beberapa hal yg ingin ditanyakan. Saya baru pertama ini pakai soft lense. Krn kacamata saya pecah. Smtara pakai sofltense dl.
    Pemasangn pertama sblh knn, mulus lngsung pas. Nah yg sblah kiri nih agak susah.. Soalnya mata otomatis nutup terus …jd agak lama, tp terpasang juga.
    Tapi malemnya yg kiri agak susah dilepasnya, terlepas jg memang tp sprti lengket, apa lengket ke kornea ya dok? Haduh jd takut sy.
    Kalau mata melirik kanan kiri, terasa ga enak, ini mmg krn pertama pakai, atau mmg sy ga cocok pake softlense dok?
    Mksih sblmnya

  82. karina Says:

    dok, saya mau nanya nih
    saya sudah lama menggunakan softlens a+ (normal) dan itu baik-baik saja saya menggunakannya, tapi ketika saya mengganti merk softlens menjadi merk x2 mata saya sering memerah dan penglihatan buram ketika terkena sinar lampu atau matahari, setelah saya lepas,mata saya masih buram dan ke esok harinya mata saya kebali normal tetapi dibagian mata tertinggal bekas merah seperti iritasi, saya sudah mengganti merk softlens yang lain (saya lupa apa merknya) tapi kejadiannya kembali terulang

  83. Retno Tyas Says:

    sore,,
    saya baru pertama kali menggunakan softlens, pada saat berhadapan dengan komputer lama2 terlihat buram, tapi ketika menggunakan tetes mata kembali terang sementara yang saya ketahui kalau sering menggunakan obat tetes mata tidak di anjurkan, saya pakai yang 38% kadar air, diameter 14 dan BC nya 8,6, sebaiknya harus bagaimana?

  84. david Says:

    dok , lebih baik/bagus bahan softlens yang silicone hydrogel atau hema ? Mata saya mudah merah . Thx

  85. savitri ayu s Says:

    Hello dokter, beberapa minggu llu sy mlakukan tes mata,dan mta kiri –1,25 mta kanan -1,00. Dan sy memutuskan utk menggunakan sftlens, petugas apotik m’sarankan utk sy mngunakan ukran -0,75 utk kedua mata sy..dan stlah sy melepas sftlens mta sya mengalami kemerahan dan ke esokkan hari muncul kotoran mata? Apakah itu normal? Mohon sarannya? Makasih dok…salam

  86. rindayu Says:

    hai dok ,, aku mau anya ..
    kalau saya memakai softlens mata saya jadi merah dan perih …
    kalau kelamaan menjadi kering ,, itu apa perlu harus selalu di tetesi obat mata , ?
    aku mau tanya dok , kalau ditetesi air oksigen/ air softlens itu boleh ga ya ? makasih :)

  87. Selviana Says:

    Boleh tidak softlen dipakai tiap hari??pagi dn sorenya dcpot


  88. MEWAKILI IBU DOKTER PENGASUH BLOG “KONSULTASI DOKTER MATA”

    PIHAK PENGELOLA (TIM ASISTEN) MENGUMUMKAN BAHWA UNTUK SEMENTARA WAKTU HALAMAN “KONSUL SOFTLENS” DITUTUP UNTUK SEMENTARA WAKTU HINGGA SELURUH PERTANYAAN DIJAWAB.

    DEMIKIAN ATAS PERHATIANNYA.
    KAMI MOHON MAAF ATAS KETIDAKNYAMANANNYA.

    SALAM MATA SEHAT
    Tim Asisten Blog

  89. steven Says:

    Selamat malam dok
    Saya steven berumur 17 tahun, saya tertarik menggunakan softlens untuk memudahkan saya, pada awalnya saya membeli softlens ketika hari pertama saya pakai softlens tidak ada masalah sampai 1 minggu kemudian softlens saya bermasalah, ketika pandangan saya buram dan kalau melihat lampu ada pelanginya lalu saya tetesi obat mata yan khusus softlens tapi tidak hilang-hilang sampai softlens tersebut saya lepas dari mata. Kenapa ya dok penyebab terjadinya seperti itu, apakah tidak cocok dengan pencuci softlens-nya?

  90. ami Says:

    sore Dok, saya ami umur 18 tahun. saya sudah hampir satu tahun memakai softlense dan kemarin ketika saya akan mencopot softlense dari mata saya, kuku saya tidak sengaja menggores mata sebelah kanan saya, lalu keesokan harinya mata saya pakai lagi softlensenya, kemudian mata saya makin lama makin merah dan kemudian berarir, lalu saya copot softlensenya, saya tidur, dan mata saya sebelah kanan bengkak, ini bagaimana ya dok? apa yang harus dilakukan?

  91. dewi Says:

    mlem dok, saya dewi umur 17 saya memakai softlens baru2 ini dan tidak terlalu sering hanya 2x saja, , tapi pas waktu pertama kali saya pakai nyaman dok, tapi pas pemakaian kedua soflens saya yg sebelah waktu saya pake perih ya dok, dan panas itu kenapa ya dok, dan malam ini saya mencobanya kembali sama sprti yg ke dua mata saya sebelah perih dan panas saat di pakai softlens nya ?

    trima kasih dok,,
    wasallammualaikum . . .

  92. Tiffany Says:

    Dok, saya mau tanya saya kan sudah mau menikah tapi saya gak bisa pakai softlense sedangkan saya minus 4 dan kalau tidak pakai softlense atau kacamata, kepala saya bisa sakit kalau di paksa melihat tanpa kacamata atau softlense.

    Dan saya ga bisa pakai softlense yg tebal karena mata saya iritasi dan pernah cek ke dokter mata katanya mata saya kadar airnya rendah, saya pakai acuvue harian hanya bisa 4-5jam maksimal.
    Sebaiknya saya pakai softlense merk apa yah dok utk hari H saya? Thanks

  93. felicia tania Says:

    Nama saya felicia usia 18 tahun perempuan . Saya mau tanya , saya sering skali pkai soflens , kemudian ketika diganti dengan kacamata penglihatan saya jd kabur / tidak terlalu kelihatan , sebenarnya itu kenapa ya ?

  94. evi widiya Says:

    Salam dok

    Saya evi umur 16th , saya memakai soflens kok mata saya makin lama makin merah ya dok terus dipinggir kelopak mata ada putih2 semacam belek tapi keras terus sakit dok mohon kasih solusi nya ya dok


  95. siang dok :)
    saya masih berumur 16 tahun. memakai softlens karena mata saya minus..awalnya baik – baik saja tetapi, sebulan kemudian mata saya menjadi merah.. kira – kira apa penyebabnya ? dan apa solusinya ?

  96. siti hamidah trianisi Says:

    Dok saya mau nanya, mata saya mins saya memakai kacamata namun kadang saya memakai softlens bila enghadiri acara tertentu jd saya jarang memakai soft lens dan sudah seminggu kemaren softlens saya td pernah dipakai dan pada saat saya ingin memakainya lg softlensnya kering di tempatnya terus saya siram air softlensnnya lg dan softlensnnya jd lemes lg lalu langsung saya pakai. Itu baik tdk dok? Softlens yg sudah kering msh baik di gunakan lg tdk?

  97. Denny Says:

    Siang dokter… saya mempunyai anak yang dipermukaan mata bagian yang hitamnya ( bukan ditengah namun di pinggir) terdapat bintik putih. Anak saya berusia 11 bulan mohon analisa dokter apakah ini berbahaya… Terima kasih dokter…

  98. Pi Nk Says:

    selamat sore dok ,
    saya berumur 16 thn , saya tertarik sekali dengan softlens .
    kemarin saya baru membeli softlens (normal) (merk : Mango warna coklat ukuran 1,5) bersama teman teman saya.
    setelah saya pakai, mata saya memerah dan terasa perih, teman teman saya tidak ada yg mengalami hal yg seperti saya , bahkan mereka merasa nyaman memakainya.

    setiap saya pakai, pasti mata saya selalu merah dan terasa perih , saya jadi takut untuk memakainya lagi.

    dok , apakah mata saya yg sensitif atau softlens nya yang tidak cocok ?
    cara mengurangi iritasi pada mata merah gimana dok ?

  99. shiwie moet prikitiw Says:

    Malam dok saya siswi umur 20tahun .
    Saya pengguna soflens sudah 2tahun .
    Pas pertama saya pakai soflens terasa nyaman tanpa ada rasa perih,hampir setiap hari saya pakai kerja dan ber AC,tapi pas saya berhenti pakai soflens dan saya coba pakai lagi dengan soflens yg baru kenapa mata saya jadi bermasalah,mata saya perih dan berair terus dan suka keluar kotoran(belek) soflens baru saya pakai langsung perih dan saya pakai kurang dari 30 menit mata saya sudah merah n berair mata ,apa penyebabnya yah dok,apa saya sudah tidak boleh pakai soflens lagi untuk selamanya? Sedangkan saya suka sekali pakai soflens,tolong solusi’a dok

  100. silvi Says:

    Sore dok .
    Saya silvi umur saya msh 16thn .
    Mata saya bengkak karena softlen nya saya pakai tidur . Dan bangunnya langsung bengkak .
    Apakah berbahaya dok ??
    Dan bgaimana cara menghilangkan mata bengkak saya ???

  101. maya winda agustina Says:

    Selamat malam dok, saya mau nanya menurut anda softlens yang bagus itu merk apa yang nggak bikin mata iritasi soalnya saya pakai yang murah itu mata saya iri tasi terimakasih sebelumnya..

  102. lian Says:

    selamat pagi dok, saya lian
    dok, mata saya minus 1.5 saya merasa terganggu dan kurang nyaman untuk memakai kacamata dan saya ingin memakai soft lens. saat saya akan membelinya harus bagaimana dok biar aman? saya harus memilih kerk soft lens yg bagaimana? terimakasih


  103. Apakah benar pada pemakaian soflen pertama kali dapat menyebabkan mata merah dan terasa mengganjal pada mata?

  104. cika Says:

    Selamat pagi dok . Saya cika usia 20 thn . Saya baru saja beli softlens biasanya pertama x beli nyaman tp skrg beli nah yg sblah tu softlensnya ga bsa d atur . Tu knp y


  105. Selamat malam Chalian Hwang,
    Kemungkinan besar bulu mata tersebut membuat iritasi di kornea kamu sehingga penglihatan menjadi buram. Hentikan pemakaian softlens dan segera berobat ke dokter mata supaya bulu mata tersebut bisa diambil dan luka bisa cepat sembuh tanpa bekas.

    Salam,
    Rose


  106. Selamat malam Maron,
    Banyak hal yang bisa mengakibatkan mata merah pada pengguna softlens seperti mata kering,ada iritasi, infeksi ataupun tidak cocok dengan jenis softlens nya. Untuk mengetahui pasti,tentunya harus melalui pemeriksaan mata terlebih dahulu.

    Salam,
    Rose


  107. Selamat malam Reza,
    Mata merah,berair dan pandangan kabur menunjukkan adanya iritasi pada mata. Bila ukuran tidak cocok memang penglihatan buram,tapi tidak merah dan berair. Segera lepas lensa kontak dan berobat ke dokter mata.

    Salam,
    Rose


  108. Selamat malamBalqis,
    Tujuan penetesan cairan mata khusus untuk pengguna softlens adalah untuk menghindari kekeringan dan iritasi pada mata. Kadangkala bahan softlens memang tidak cocok dipakai untuk kondisi mata tertentu. Periksakan kondisi matamu ke dokter mata.

    Salam,
    Rose


  109. Selamat malam Zahra,
    Penggunaan soft lens bila tepat indikasinya akan sangat membantu fungai penglihatan seseorang. Dari sejak bayi pun sudah boleh menggunakan soft lens. Sebaiknya kalau sudah cocok dengan 1 jenis soft lens,jangan gonta ganti merk.

    Salam,
    Rose

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 321 other followers