Berbagai keluhan lainnya (belum tercantum pada menu konsul) yang berkaitan dengan mata Anda bisa ditanyakan melalui form ini, baik:

Alergi Mata, Ablatio Retina, Buta Warna, Donor Mata, Floaters, Iritasi/Mata Kering, Keluhan Pasca Operasi, Kondisi Mata Menopause, Mata Albino, Pterygium/Pinguekula, dan sebagainya.

Salam Mata Sehat!

NB:

*Pertanyaan konsultasi online yang sifatnya tidak penting/bercanda/mengandung unsur SARA/kurang sopan/tidak berbahasa Indonesia yang baik, akan langsung  dihapus dari forum ini.

**Cantumkan Nama (asli atau alias)/Jenis kelamin/Usia/Riwayat penyakit/Pertanyaan dengan jelas.


135 Responses to “Umum/Lainnya”

  1. joni Says:

    Dear dokter mata,

    mata saya gampang lelah, sehingga saya sering terlihat seperti ngantuk..hal ini sangat menggagngu karena mengurangi PD saya..

    tolong dokter jelasin kenapa bisa begitu dan apa yg harus saya lakukan utk menormalkan kembali mata saya..

    makasih


    1. Selamat sore Bapak Joni,
      Umur Bapak saat ini berapa? Apakah pernah memakai kacamata? Pekerjaan dan kebiasaan Bapak sehari-hari apa? Karena ini sangat menentukan faktor kelelahan mata. Misalnya, orang yang sudah berusia 40 tahun ke atas, pekerjaan sehari-hari banyak membaca dan di depan komputer, tetapi tidak pernah memakai kacamata dekat, tentu lama kelamaan mata akan menjadi lelah, seperti mau copot, terlihat ngantuk dan kadang sakit kepala. Sebaiknya, memang segera diperiksakan, supaya diketahui penyebab pastinya dan dapat diperbaiki segera.
      Salam,
      Rose

  2. Lia Says:

    Selamat pagi dok, sy berumur 24 tahun April tahun 2010 lalu sy terkena bell’s palsy lalu dua bulan kemudian dinyatakan sembuh. sekitar bulan Agustus di bawah geraham kanan sy muncul benjolan ternyata setelah diperiksa adalah gigi yang tumbuh tidak semestinya dan sekarang gigi itu tumbuh namun belum dicabut, beberapa bulan ini juga sy juga mengalami keluhan mata. mata kanan saya mengalami kelainan dok agak mengganjal dan rasanya beda dengan mata sebelah kiri.namun tidak mengurangi penglihatan hanya terasa kurang nyaman..dan kornea mata tidak sejernih seperti mata orang normal…kira-kira kenapa ya dok, dan bagaimana penanganannya? terima kasih sebelumnya


    1. Selamat siang Lia,

      Bell’s palsy adalah suatu penyakit yang ditandai oleh kelumpuhan wajah yang mendadak, biasanya terjadi pada separuh wajah tetapi bisa pada kedua belah wajah juga. Hingga saat ini penyebab pastinya belum diketahui, namun beberapa dapat disebabkan oleh adanya penyakit autoimun, infeksi virus (misalnya virus Herpes zoster=cacar ular), tumor pada otak. Kejadian ini lebih sering pada pasien yang memiliki riwayat menderita diabetes, atau ada anggota keluarga yang pernah menderita Bell’s palsy juga, dan pada kehamilan. Umumnya memang akan sembuh dalam 2-3 bulan. Namun harus diingat, bila penyakit berjalan lebih dari 3 minggu, harus disingkirkan kemungkinan adanya tumor.

      Bell’s palsy ini seringkali disertai gangguan pada mata seperti hilangnya sensasi pada kornea, kurangnya kemampuan berkedip, kurangnya produksi air mata bahkan seringkali disertai ketidakmampuan kelopak mata untuk menutup sempurna. Bila hal ini terjadi, dapat menyebabkan timbulnya infeksi kornea bahkan hingga borok di mata.

      Oleh karena itu, sangat dianjurkan untuk memeriksakan mata Lia apakah sudah ada gangguan sensasi kornea atau tidak. Demikian juga harus dievaluasi secara menyeluruh penyebab gangguan tersebut. Hal ini hanya bisa terdeteksi dengan pemeriksaan mata yang detail dan teliti. Pada kasus-kasus ringan, dapat diberikan tetes air mata buatan atau salep mata untuk melubrikasi, tetapi pada keadaan berat, penanganan akan jauh berbeda.

      Salam,
      Rose

  3. Mustaqim Says:

    selamat malam dok,
    saya Mustaqim dan umur saya 20 tahun. empat hari yg lalu mata saya kena bola kaki yang lumayan keras. tapi saya tidak menagalami gangguan dlm penglihatan. sekarang mata saya berdenyut denyut dan terkadang memerah, dan itu membuat saya tidak nyaman dalam beraktivitas.
    bagaimana penanganannya?
    Terimakasih.


    1. Selamat malam Mustaqim,

      Trauma mata akibat tendangan bola kaki dapat menimbulkan dampak ringan hingga berat (tergantung kecepatan, kekerasan bola, arah, posisi mata yang terkena dan kotoran/debu yang menempel pada bola tersebut). Dampak ringan karena benturan mungkin mata merah dan sakit saja, tetapi dampak buruknya dapat mengakibatkan perdarahan dalam mata, bola mata pecah, peningkatan tekanan bola mata hingga saraf mata rusak yang mengakibatkan kebutaan.

      Sementara kalau mata sakit berdenyut, bisa minum penghilang rasa sakit, namun sebaiknya segera diperiksakan ke dokter mata (meskipun saat ini tidak ada gangguan penglihatan) supaya diketahui apakah ada bagian dalam bola mata yang mengalami cedera, oleh karena penanganannya juga disesuaikan dengan bagian yang cedera tersebut. Makin cepat penanganan, tentu akan makin baik hasilnya daripada menahan sakit dari sekarang dan timbul komplikasi di lain hari yang semakin sulit ditangani.

      Salam,
      Rose

  4. rudy Says:

    Selamat pagi dok,

    saya pria, 23 tahun, pekerjaan sehari-hari (sudah 1 tahun) mengharuskan didepan komputer setidaknya 8-10 jam perhari. Selain itu saya juga aktif di fotografi. Selama ini mata saya sehat, tidak ada masalah berarti. minus hanya 0.25 dan silinder hanya 0.5.

    Tapi entah kenapa, 3 hari ini saya merasa di pandangan mata kanan saya, ada bulatan cahaya di tengah mata (seperti terlalu lama melihat lampu yang terang trus jadi membekas di penglihatan) yang terlihat jelas setiap kali saya berkedip.

    tapi biasa kalau melihat lampu yang sangat terang, kan ‘trauma cahaya’nya tidak berlangsung lama, paling hanya bbrp detik-bbrp menit (tolong koreksi bila istilahnya salah).

    Ketika saya periksa dengan menutup mata kiri, sesaat setelah berkedip, cahaya bulat tadi langsung hilang, namun di area bekas sekitar cahaya tersebut jadi sedikit lebih gelap (under exposure), namun tidak menghalangi penglihatan. Setelah saya perhatikan, ternyata penglihatan di mata kiri saya lebih terang daripada mata kanan, meski tidak signifikan.

    Ketika malam hari saya menutup mata kiri dan melihat dengan mata kanan saja saya juga berasa area sekitar tengah itu lebih gelap. jadi siang dan malam sama saja.

    Memang tidak begitu mengganggu, namun saya tetap merasa ada perbedaan dari mata saya yang biasanya sangat normal.

    apa yang sebenarnya menimpa saya yah dok.. apakah ada nama penyakitnya dalam dunia kedokteran mata? apakah berbahaya? dan kira-kira berapa lama ini akan selesai.

    informasi tambahan: Sudah dari kecil saya cukup sensitif terhadap cahaya, mudah merasa silau, mungkin karena mata saya sipit. Apakah ada hubungannya?

    terima kasih


    1. Selamat sore Rudy,
      Apakah belakangan ini sebelum ada keluhan, banyak terekspos dengan sinar yang sangat kuat? bisa dari matahari atau dari flash akibat pekerjaan pada mata yang dikeluhkan tersebut?
      Mata silinder memang agak sensitif terhadap cahaya, tetapi tidak akan menyebabkan keluhan seperti ini.

      Makula (bintik kuning) kita sangat sensitif sekali terhadap cahaya, bila terekspos dengan sinar yang sangat terang dan intens, maka dapat mengakibatkan gangguan pada daerah tersebut, sehingga pandangan menjadi seperti terang sekali, atau kecerahan mata, saturasi warna yang dilihat menjadi berbeda dibandingkan dengan mata yang normal.Kerusakan akibat cahaya pada retina bisa melalui mekanisme mekanis, termis dan fotokimia.
      Sebaiknya, kondisi tersebut segera diperiksakan ke dokter mata untuk melihat kondisi retina anda.
      Salam,
      Rose

  5. heni ulfa yuia Says:

    dear dokter mata

    dok saya wanita umur 17 tahun.
    saya punya gejala mata seperti ini:
    kedua Mata saya sebelah kanan dan kiri sering banget gatal di bagian bawah nya, sampai kalau saya tidk tahan saya terus mengucek mata saya,kadang sampai perih karena saya tidak tahan dengan rasa gatal yang ada pada mata saya.
    saya sudah kasih obat tetes mata seperti INsto dll, tp tak kunjung sembuh.
    itu terjadi sudah luama dok dan sampai sekarang.
    bahkan sekarang kedua mata saya samping retina terlihat goretan-goretan merah seperti luka.
    saya takut dok..kalau ada apa-apa dengan mata saya.

    saya sakit mata apa ya…dok?
    trus obat apa yang harus saya konsumsi?
    mohon bantuan nya ya..dok.
    terima kasih..!!


    1. Selamat sore Heni,
      Keluhan mata gatal pada kelopak mata bawah dapat disebabkan banyak hal, mungkin karena iritasi, alergi, peradangan atau memang ada bahan-bahan yang dipakai di sekitar mata yang menyebabkan keluhan tersebut. Sebaiknya jangan sembarang memakai tetes mata yang memang tidak sesuai indikasinya. Kalau kondisi ini dibiarkan terus dan Heni terus mengucek, maka permukaan mata akan menjadi terjadi iritasi berlanjut, bahkan bisa luka sehingga terlihat seperti tergores-gores. Kondisi ini akan membuat keluhan gatal semakin tidak hilang.
      Jangan dibiarkan berlanjut, sebaiknya periksakan ke dokter mata, supaya penanganan dapat lebih terarah.
      Salam,
      Rose

  6. TYO Says:

    dok, sebulan yg lalu mata saya pernah kemasukan bedak BB harum sari tapi setelah dicuci dgn air mengalir, besok nya sudah sembuh hanya sempat merah..trus beberapa hari yg lalu saya sempat begadang menemani pacar saya menyetir semalaman keluar kota sampai mata saya pegal krn lelah, lalu 2 hari kemudian saya dan teman2 sama2 bareng beli softlens dan coba pake softlens merk X2 krn mata saya min ,lalu tiba2 1/2 hari kemudian saat bangun tidur (softlens tdk saya pakai tidur ya dok, saya slalu lepas) kok ada bayangan benang hitam, saya pikir ada kotoran dr softlens yg saya copot smlm mgkn terbawa, saya coba bersihkan dgn air mengalir tp tetap ada smp 3-4 hari ini dok..saya belum periksa ke dokter mata, tapi yg saya baca di internet itu namanya floaters apakah benar dok ?? pandangan saya sih tidak jd buram hanya benang / titik hitam yg klihatannya klo lg liat layar putih itu sdikit ganggu dok..apa ini bisa disembuhkan?apa ada hubungannya dgn softlens merk X2 yg saya beli atau krn terkena bedak waktu itu , dok ?? saya harus bagaimana ?? trimakasih dokter =D


    1. Selamat sore TYO,
      Periksakan saja mata Anda ke dokter mata, oleh karena mata sudah pernah masuk benda asing, apalgi ditambah softlens sudah pernah diberi air mengalir (harusnya dibersihkan dengan cairan pembersih khusus). Floaters mungkin saja ada, tetapi bukan karena bedak atau softlens. Semua ini demi kebaikan dan kesehatan mata Anda.
      Salam,
      Rose

  7. Andri S Says:

    Dear dokter mata,

    Saya laki2, 23 tahun. Pada saat melakukan tes buta warna saya selalu tidak dapat membaca angka atau garis yang ada di dalam lingkaran tes buta warna. Kenapa hal ini terjadi ? Apakah saya buta warna ? Karena dalam kehidupan sehari2 saya tidak ada masalah dalam membedakan warna. Jika saya memang buta warna, apakah itu bisa diobati ?

    Thank’s & Best Regards,
    Andri Syaifuddin Zuhri


    1. Selamat sore Andri,
      Buku yang Andri maksud adalah buku Ischihara, yaitu buku untuk pemeriksaan buta warna/defisiensi warna merah hijau yang memang biasanya dialami oleh para penderita buta warna sejak lahir (biasanya diturunkan dari mama yang carrier dan kakek dari mama menderita buta warna). Dalam keseharian, Andri memang dapat melihat warna-warna primer tersebut dengan baik, tetapi kesulitan akan dialami bila melihat campuran warna-warna tersebut. Hal ini tidak menjadi masalah, selama pekerjaan Andri tidak membutuhkan penglihatan warna yang detail. Untuk saat ini, belum ada pengobatan untuk mengatasi hal tersebut.
      Salam,
      Rose

  8. senja Says:

    Dear dr. Rose,

    Saya wanita usia 26 tahun, sejak 4th lalu mata saya kerap menderita bintitan/hordoleum, baik yg didlm atw pun di luar mata. saya sdh berkali2 jd berobat ke dokter & klinik mata, biasanya dikasih salep & Antibiotik oral. saat ini di bwah mata sblh kiri sy mengalami bintit (diluarnya) sdh 1bln, kondisi bintit sdh agk mengeras dan didlmnya keliatan ada nanah (tp sdh tdk terasa sakit).
    Nah yg hendak saya tanyakan :
    1. apakah penyakit bintitan itu bs disebabkn oleh alergi / ada keturunan diabetes? krn sy termasuk penderita alergi turunan, tp tidak terhadap telur (yg biasanya dijadikan pemicu timbulnya bintit tsb). konsumsi thd telur pun tdk byk. kira2 bahan makanan apalagi selain telur yg bs mnjadi pemicu bintitan??
    2. apa salep garamycin atw obat tetes mata cendo Xitrol bs digunakan utk mengobati bintitan??
    3. apa mata lelah jg bs mnjadi pemicu dr bintitan? mengingat skr saya bekerja didepan komputer 6jam lbh sehari??
    4. apakah ada obat tetes yg dpt membantu meringankan mata lelah akibat bekerja di depan komputer?
    5. penglihatan sy msh baik, tp kdg sering pusing klo terlalu lama didepan komputer, apakah itu gejala bhwa saya sudah hrs menggunakan kacamata? klo iya, bgmn proses yg hrs sy lakukan dlm mndapatkn kacamata yg tepat dg kondisi mata sy, apa bs dg ke optik yg dilengkapi alat pengukur mata saja??

    maaf ya dok, pertanyaan sy jd “borongan”hehehe..soalnya penyakit bintitan & mata lelah ini sangat menggangu aktivitas saya sehari2…
    Mohon saran dan petunjuk dlm menggunakan obat yg sesuai.

    Terima kasih byk atas perhatiannya, sy sangat mnunggu advise dari dokter :)

    Salam Kenal,
    Senja


    1. Selamat sore Senja,
      Kondisi bintitan yang sering berulang dan saat ini sudah meninggalkan benjolan yang tidak sakit, merah lagi disebut dengan chalazion. Penyebabnya adalah adanya peradangan kronis akibat sumbatan kelenjar minyak di daerah kelopak mata. Kalau seringkali kambuh, harus diperhatikan apakah memang kondisi kelopak matamu ada masalah, seperti peradangan kronis, atau kondisi mata kering, alergi, sering kena debu, sering mengucek dalam kondisi tangan yang kotor.
      Pengobatan saat radang akut bisa dengan antibiotik tetes/salep, tetapi yang kronis sebaiknya isi nanah dikeluarin dengan kuretase dan dilanjutkan minum antibiotik.
      Untuk mata lelah, tentu sangat berhubungan dengan chalazion tersebut. Mata buram juga dapat disebabkan penggunaan komputer yang terlalu lama. Anda bisa membaca tentang computer vision syndrome.
      Salam,
      Rose

  9. dila Says:

    dok, sy mau tanya. kakak saya umur 28 th ad bintilan putih di dekat kornea nya….ap itu bisa hilang dan bagaimana pengobatannya/ mohon bantuannya ya dok, terima kasih


    1. Selamat pagi Dila,
      Bintilan putih dekat kornea banyak penyebabnya, bisa karena alergi, infeksi, jaringan parut, selaput (pterygium/pinguekula), tumor dan lain-lain. Dila bisa mengirimkan foto mata kakakmu ke email saya, supaya saya bisa lihat lebih jelas..

      Salam,
      Rose

      1. dila Says:

        baik nanti saya kirim foto kakak sy, sekalian sy minta solusi ya dok….coz sy takut kakak sy knp2, dapet coba obat tetes mata uda 2x cuma sy juga ingin konsultasi ap pemakaian obat mata akan memberi pengaruh atau tidak. alamat emailnya ap ya dok?

  10. niko Says:

    dok saya baru mcu, ada periksa mata, dan hasilnya,
    visus : vod 6/6, vos 6/6
    gerakan bola mata : simetris
    pupil : isokor, reflek cahaya +/+
    itu artinya apa ya? seperti tidak ada masalah, padahal saya kalo malam pulang pake motor, ketika melihat cahaya, kaya blur itu cahaya. kata orang silinder.
    mohon penjelasannya ya dok, thanks and gbu


    1. Selamat sore Niko,
      Dari informasi yang kamu berikan, kesimpulannya penglihatan kamu normal, gerakan kedua mata baik dan refleks pupil bagus (NORMAL). UNtuk blur karena cahaya di malam hari, mungkin bisa disebabkan ada silinder, bisa juga iritasi kena angin sehingga mengeluarkan air mata yang membuat penglihatan agak kabur. Tuhan memberkati juga.
      Salam,
      Rose

  11. elia faisal Says:

    dok saya perempuan 23 Tahun…minggu lalu 07 april 2011 mata kanan saya seperti ada yg masukin, bangun pagi tau-tau sudah merah..saya lalu kasih obat tetes mata insto,tp ttp masih berasa berat,akhirnya saya kasih cendo xytrol tp ttp tidak membaik dan mulai agak kabur pandangan saya,akhirnya konsul ke dokter,kata dokternya infeksi, dkasih obat 4 macam c.polygran,c.repithel,berry tablet,sanexon..2hari kemudian mata saya sudah mulai membaik dan obat tetap saya pakai(karna blum habis),tp hari ketiga tiba2 memerah lagi dan agak kabur lagi,saya pun konsultasi tp dengan dokter yg berbeda,kata dokter ke-2 mata hitam saya yg kanan kena virus, lalu di kasih obat 5 macam cendo floxa,c.hyalub,hervis(tp tdk ada yg jual),retivit plus dan methylprednisolone tp setelah pake obat tsb mata saya malah makin kabur pandanganx… mohon bantuannya…trima kasih..


    1. Selamat sore Elia,
      Sebaiknya kontrol lagi untuk keratitis yang dokter anda maksud. Hervis sangat penting sekali kalau memang penyebabnya virus. Coba hubungi lagi dokter yang memeriksa di mana sebaiknya anda bisa mendapatkan obat tersebut atau bisa dicari di apotek yang besar di kota Anda. Sebagai tambahan, keratitis karena virus, biasanya mata merahnya tidak terlalu parah dan tidak sakit seperti jamur atau bakteri. Mata merah, berair dan buram harus segera diobati. Pengobatan keratitis memang membutuhkan waktu dan kesabaran, harus rutin kontrol juga. Banyak beristirahat, semoga cepat sembuh.
      Salam,
      Rose

  12. Edo Says:

    Pagi dok
    saya laki2 umur 25 tahun
    keluhan saya kalau setiap saya melihat cahaya matahari lewat pantulan di tembok atau di jalanan, mata saya selalu terasa sakit, tapi lama-kelamaan kalau sudah terbiasa tidak sakit lagi, jadi awalnya saja, ini saya alami tiap hari
    setiap saya nonton tv atau browsing internet lewat monitor, mata saya juga kadang terasa sakit atau kurang nyaman kalau warna yang tampil dominan warna putih, jadi saya agak menyipitkan mata kalau mau menonton tv atau browsing (ini jarang terjadi kalau siang hari, biasanya malam hari), apa mata saya udah sangat sensitif terhadap cahaya?
    jadi kesannya mata saya melihatnya terlalu terang (khususnya yang dominan warna putih), padahal brightness/contrast-nya di tv dan monitor tidak pernah saya gonta-ganti
    juga di sekitar bola mata saya (yang berwarna putih), ada seperti urat2 kecil warna merah, dan sepertinya tidak hilang biarpun udah ditetesi obat tetes mata seperti Rohto, jadi yang dulunya warna putih sekarang sudah tidak sepenuhnya berwarna putih lagi
    kondisi ini udah saya alami kira2 lebih dari 2 tahun
    biasanya mata saya lebih nyaman kalau sudah keluar air mata + terasa hangat di mata
    di mata saya juga ada silinder 1 dan 3/4
    kira2 apa yang salah dengan mata saya? dan apa penyebabnya?
    juga bagaimana cara mengobatinya?
    Terima Kasih atas jawabannya dok

  13. kristiani Says:

    selamat siang dok .
    saya perempuan baru berumur 14 tahun, tapi kenapa ya sudah punya kantong mata & lingkaran hitam? kantong mata ini sudah ada cukup lama dan tidak tahu cara mengatasinya .
    mohon bantuannya :)
    thx~


    1. Selamat sore Kristiani,
      Kulit kelopak mata kita memang sangat tipis sehingga cairan mudah menumpuk di kelopak. Bila cairan tersebut semakin banyak, maka kantong mata semakin terlihat jelas. Demikian pula harus dilihat, apakah memang secara lahiriah kantong tersebut sudah ada dan besar sejak kecil. Banyak orang yang menderita alergi dan kurang tidur mengalami masalah di kantong mata tersebut. Istirahat yang cukup dan mengkompres kelopak mata dengan timun yang dingin dapat mengurangi keluhan tersebut, boleh juga memakai krim mata yang bagus yang sesuai untuk usia Anda.
      Salam,
      Rose

  14. Adrian Says:

    Dok,
    Saya mau bertanya, akhir2 ini mata saya klo malam seperti sensitif terhadap cahaya apalagi ketika sedang mengemudikan kendaraan. Seperti nya lampu2 dari kendaraan yg berlawanan menyilaukan mata. Kira2 ini kenapa ya dok? Usia saya saat ini 34 thn.

    trims
    Adrian

  15. fredy Says:

    selamat pagi dok,, saya fredy, dan saya berumur 18 tahun ssekarang,,

    dok maap,, knapa yea, sekarang ini mata kiri saya terasa berat,, padaahal sebelumnya ngga apa apa…

    ini sih gara gara waktu itu di jalan mata saya temasuk binatang,,

    tolong di balas yeaa dook,,

    masalahnya pd saya jadi brkurang,,,

    thx dok

  16. hendra Says:

    salam bu dokter,
    saya mw tanya, bagaimana menghilangkan lingkaran hitam disekitar mata(mata panda) yg sudah bertahun2, gag ada perubahan. saya tidur nya normal 8jam, tapi lingkaran hitam begitu kentara terlihat di sekitar mata saya.. kira2 ada obat apa yg baik bu, saya sudah pernah mencoba 1 produk pasaran (lupa namanya) tapi gag ada perubahan.. saran buat saya gimana bu..? TQ.

  17. Yuda Says:

    Selamat pagi dok,

    Saya pria umur 38 th,
    saya mempunyai keluhan dengan mata saya bagian kanan. beberapa hari belakangan ini penglihatan mata sebelah kanan saya tidak jelas, seperti ada objek lingkaran warna hitam yang menghalangi pandangan saya dan terasa perih serta kadang memgeluarkan air mata.
    apabila saya coba baca menggunakan hanya mata sebelah kanan, huruf, warna dan ukuran tulisan jadi kabur dan tidak jelas (seperti mengecil). yang saya ingin tanyakan adalah:
    1. Apa nama gejala penyakit mata tersebut?
    2. Bagaimana cara pengobatannya?

    demikian permasalahan yang saya hadapi, terimakasih sebelumnya.

  18. Putra Pratama Says:

    Dear Dokter..,
    Saya berumur 20, mata saya memiliki beberapa gangguan.
    1. Di penglihatan saya seperti ada bayangan hitam / benda yg berterbangan, apakah itu disebut eye floater??
    Adakah cara untuk menyembuhkan??
    2. Saya itu buta warna parsial dan apakah berhubungan ya dengan penyakit saya??penyakit saya adalah buram sebagian (benar2 tidak kelihatan), maksud buram sebagian ini bsa saya gambarkan seperti ini:
    jika saya menggambar lingkaran besar sebagai mata saya dan lingkran kecil di dalamnya sebagai area yg buram, jadi tidak semua mata saya buram, tp pada area lingkaran kecil itu saja…
    Saya sudah konsul dengan dokter mata, katanya tidak bisa di sembuhkan
    mohon petunjuknya
    terima kasih

  19. iriansar Says:

    selamat pagi dok. saya sari, usia saya 27 (perempuan). saya ingin bertanya, apakah pemakaian make-up mata seperti eye liner atau eye shadow dapat menganggu kesehatan mata. pertanyaan kedua, saya sering membesihkan make up mata dengan dengan kapas yang dibasahi dengan minyak zaitun. apakah cara seperti ini tidak akan mengganggu kesehatan mata?

  20. Aira Says:

    Selamat Sore Dokter,

    Saya wanita umur 32 tahun, sudah menggunakan kacamata/softlens (bergantian) hampir 18 tahun.
    Saat ini ukuran minus mata kiri 3.5 dan silinder 1.5, mata kanan 3.25 dan silinder 0.5

    Akhir-akhir ini mata kanan saya sering mendadak buram. Tingkat keburamannya berubah-ubah, biasanya kalau baru bagun tidur buramnya agak berkurang, menjelang sore mungkin pengaruh karena lelah, buramnya lebih parah.

    Kadang disertai migrain, dan kalau sedang kambuh buramnya mata terasa berat seperti ngantuk atau malah terasa menegang, dan mata kanan tampak sedikit lebih kecil dari yg kiri.

    Saya sudah bolak balik ke dokter mata dan periksa segala macam sampai jutaan rupiah, dan dokter menyatakan semua organ mata (lensa, kornea, retina, topografi, syaraf, otot) semuanya baik, tekanan mata juga baik. Juga bukan disebabkan oleh softlens karena kebersihan matanya cukup baik. Jadi saya hanya diberi obat minum (Flamar) + tetes mata (GenTeal).
    Selama minum obat, sepertinya buramnya berkurang. Tapi kemudian kambuh lagi, makin lama kambuhnya makin sering.

    Setiap kali periksa, dokter selalu bilang tidak ada apa2 dengan matanya. Terakhir saya diminta MRI untuk jaga2 saja.
    Apa hubungannya MRI dengan mata juga kurang dijelaskan. Tapi kalau tidak ada yg salah dengan mata saya, kenapa suka mendadak buram?

    Saya sangat khawatir karna menyangkut pengelihatan, dan mata yang buram sebelah sangat menggangu pekerjaan.

    Mohon bantuan dokter. Terima Kasih.

  21. asry Says:

    ayah saya skr berusia 64 tahun, 9 tahun yang lalu ayah saya secara tiba-tiba tidak bisa melihat dalam waktu 1 s.d. 3 menit…hal itu terjadi 2 kali dalam waktu yang berbeda. tapi skr bisa melihat lagi. hanya skr penglihatannya tidak jelas, tidak bisa fokus, seperti dihalangi oleh kain tipis.
    ayah sudah ke dokter mata 2 kali, bahkan ke JEC, hasilnya baik hanya harus pakai kaca mata. dan setelah pake kaca mata pun, hasilnya tetap saja jelek.
    ayah saya dulu ada hypertensi dan diabetes. tapi tidak terlalu tinggi.

    kira-kira harus diapakan dok?
    terima kasih

  22. iis Says:

    dok saya wanita umur saya 28th,mata saya sering kali gatal2 dan trs berair,saking gatelnya mata saya sampai melepuh dan sering mengeluarkan lembaran2 seperti belek., itu kenapa ya dok.,?? Itu namanya penyakit apa.,??

  23. Chandra Puspita Says:

    siang dok,
    saya menggunakan kacamata karena mata minus.
    mata saya yang sebelah kanan agak sipit sebelah, saya perhatikan bahwa kelopak mata saya yang sebelah kanan tidak melipat sempurna. apakah ada penumpukan lemak atau apa ya dok? bagaimana solusi alaminya agar terlihat sama dok?
    trimakasih

  24. boni putra Says:

    selamat sore dokter,
    ada yang ingin saya tanyakan..
    hari minggu tgl 22 mei 2011 mata anak saya (umur 3,5th) kemasukan semen kering sewaktu bermain-main didekat saya bekerja.
    karna hari minggu dokter mata sudah tutup (kebetulan hari sudah menjelang magrib), maka untuk perawatan pertama setelah saya siram dengan air sambil membersihkan mata dari semen saya bawa ke igd.
    disana diberikan obat tetes, salep dan dibersihkan dengan semacam cairan dan obat puyer.
    hari seninnya baru saya bawa ke dokter spesialis mata. kata dokter matanya buram, dan tadi ketika saya lihat ditempat terang (matanya sudah bisa dibuka) memang pada lapisan luar mata terlihat buram seperti ada bayang2 air/ bercak2 transparan gitu.
    pertanyaan saya bisakah mata anak saya tersebut normal kembali seperti biasa? dokter spesialis mata tersebut menyuruh meneruskan obat yang diberikan diruangan igd ditambah dengan obat tetes mata. terimakasih atas jawabannya dok, karna waktu melihat mata anak saya tadi saya benar2 trenyuh, dia masih kecil dan perempuan, bagaimana masa depannya jika seperti itu.

  25. parngodes Says:

    Saya pria umur 46 th,
    saya mempunyai keluhan dengan mata saya bagian kanan. 3 minggy belakangan ini penglihatan mata sebelah kanan saya tidak jelas, menurut dokter terdapat luka dimata hitam saya yang disebabkan oleh virus yang menghalangi pandangan saya dan terasa perih serta kadang memgeluarkan air mata.
    apabila saya coba baca menggunakan hanya mata sebelah kanan, huruf, warna dan ukuran tulisan jadi kabur dan tidak jelas (seperti mengecil). yang saya ingin tanyakan adalah:
    1. Apa nama gejala penyakit mata tersebut?
    2. Bagaimana cara pengobatannya?
    3. Apa masih bisa normal kembali

    demikian permasalahan yang saya hadapi, terimakasih sebelumnya.

  26. reny Says:

    Selamat mlm dok..
    Saya sering sekali mengalami sakit mata, kelopak mata bengkak dan perih sudah 7 kali dan bergantian di mata kanan dan kiri di kelopak bawah, atas dan tepi.
    Pd sakit pertama mata saya bengkak besar dan hampir menutup bola mata.pada kedua dan seterusnya bengkak di kelopak.tiap dipakai nunduk n sujud sakit sekali hinga ke kepala rasanya. saya sudah kompres dengan daun sirih, abu panas bahkan sesuatu yang serba panas.tp hasilnya nihil. saya jg sdh periksa di dokter mata rmh sakit daerah dan di RS spesialis mata dan mereka mengatakan saya alergi telur,kacang, es krim, kulit ayam dan yang berprotein tinggi. Apa selain krn itu, debu dan angin bisa menambah pembengkakan? Bengkaknya jg datang cpt sekali dok.pagi belum terasa sakit, siang sdh agak perih dan sorenya sudah bengkak dan mulai sakit seperti sebelum2nya.
    Saat saya periksa mereka menyarankan saya utk operasi. Kira2 selain operasi ada obat herbal utk mengobatinya tdk dok? Setiap hari saya jg olesi dengan Cendo Mycos,tp bengkak itu tetap datang pdhl saya sudah menghindari mkn telur, kacanng dan jg mie instan.
    Trs utk opersi kira2 biayanya brp?
    Sebelumnya saya ucapkan terimakasih

  27. SATAL Says:

    dok.. saya berumur 39 th, setahun yang lalu saya mengalami musibah , mata kanan saya kejatuhan paku dan dioperasi, menurut dokter retina atas robek dan dan sekaarang malah katarak , dok..mohon solusi obat apa yang cocok untuk penyembuhan mata saya karena kalau operasi lagi saya tidak punya biaya…trims

  28. robie Says:

    selamat sore dok,,
    nama saya robie, usia 23 thun,
    saya pengen bertanya tentang mata saya nih dok,
    saya kurang tau apa nama penyaki mata saya dok,
    jadi gini dok, mata saya mengalami merah bahkan kalau d perhatikan bukan merah tapi kecoklat2an gitu dok, pagi siang sore malam warna mata saya ga putih sperti mata yg normal2 sperti org lain dok, gitu2 saja, bahkan klw mlm banyak temen bilang mata mu merah bgt, jadi saya mrasa ga PD minder pada tmn, jadi gmn caranya agar mata saya bisa normal dok ???
    sebelum’a terimakasih dok,

    ^_^

  29. pitra Says:

    selamat pagi dok .
    nama saya pitra umur 20 tahun
    saya ingin bertanya dok , saya pernah melakukan lasik dan dengan anjuran dokter mata sebelum dilasik saya harus melakukan operasi kecil dilaser karena kornea saya tipis. lebih dari setahun yang lalu dan hasilnya sangat baik,saya dapat melihat dengan normal.

    namun kemarin saya berenang dengan mata terbuka. ini bukan pertama kalinya saya berenang setelah lasik.
    setelah berenang mata saya merah da perih.
    saya pikir ini biasa, namun setelah pulang perih dan terasa kering dimata saya tidak hilang2. saya memutuskan untuk memakai obat tetes mata biasa. tapi mata saya justru menjadi kabur apabila melihat cahaya pada lampu. seperti pecah cahayanya.
    namun untuk melihat jauh mata saya masih normal2 saja .
    itu ada apa ya dok?
    bagaimana cara mengobatinya?
    terima kasih dok sebelumnya.

  30. Hami Says:

    Selamat sore Dokter,

    Perkenalkan saya hami (wanita usia 26 thn).
    Saya ingin bertanya dok, mata saya yang sebelah kiri, ada benjolan bening (warna nya agak kekuning – kuningan) di daerah sclera (sisi mata yg putih). dan benjolan bening tersebut sampai ke bagian pinggiran mata yg berwarna hitam (mengenai garis iris mata) *mohon dikoreksi bila salah.
    Benjolan tersebut besarnya sekitar 3 mm dan disertai gurat urat mata (warna merah) disekelilingnya. tapi secara keseluruhan, mata saya normal (tidak merah).

    Benjolan ini baru saya sadari sekitar 1 tahun terakhir. dan timbul tanpa sebab yg saya ketahui. tidak ada gatal, perih, atau gangguan penghlihatan karnanya. namun sangat mengganggu saat menggunakan softlense. terasa perih dan softlense sering terlepas (tidak nempel karna benjolan tersebut). sementara di mata kanan saya softlense tersebut terpasang dengan semestinya dan tidak ada perih. (mata kiri saya minus 0.5 dan silider 0.5)

    Saya sudah mencoba periksa ke dokter specialis mata. katanya benjolan tersebut bisa melebar dengan bentuk segitiga (ujung lancipnya terus mengarah kedalam iris mata). Namun dokter bilang benjolan ini tidak bisa hilang/diobati, hanya bisa diperlambat pembesarannya. Lalu saya hanya diberi 2 jenis obat tetes mata. Tapi setelah digunakan, tetap saja tidak ada perubahan sama sekali. Benjolan tersebut tetap ada dan tidak berubah sedikitpun. Hanya saja, setelah menggunakan obat tetes mata tsb, mata saya terlihat lebih bening (benjolan tdk hilang), tapi hanya bertahan bbrp jam saja.

    (Saya sertakan bbrp foto mata saya ke alamat e-mail arsimedik@yahoo.com)

    Pertanyaan saya :
    1. Apa nama penyakit mata yg saya derita tersebut dan ke dokter specialis mata bagian apa saya seharusnya periksa? (katarak, bedah, dll??)
    2. Apakah benjolan tersebut bisa dihilangkan tanpa operasi? (mengingat tidak ada gangguan/keluhan penglihatan) dan setelahnya masih bolehkah saya menggunakan softlense?
    3. apakah akan ada penyakit mata kelanjutan di masa depan terhadap mata saya yg demikian?

    Mohon tanggapan dan sarannya dok. karna saya takut penyakit mata saya ini jadi berkelanjutan. (kalo bisa jawabannya ke e-mail juga ya Dok)
    Sblmnya terima kasih banyak.
    GBU Dokter Rose.

  31. mazda Says:

    sy ibu rnh tangga usia 31th, Akhir2 ini mata sy sering terasa sangat lelah/berat, berasa ngantuk trs tp tdk bs dbwa tdr, kondisi ini menyebabkan sy kurang konsentrasi dan terlihat tdk fresh,tidur sy ckup, kira2 itu gejala penykt apa dok, tlg dibantu thx

  32. hera Says:

    dok,mohon bantuannya
    saya wanita umur 19 tahun, saat ini minus 4 di kedua mata.akhir2 ini/sekitar 1,5mgu yg lalu ada bintik hitam(floater?) yg bergerak2 d mata kanan. Saya dulu pake softlen 3 tahunan, walau sering iritasi. Tapi karena kira2 2 minggu yg lalu iritasinya saya rasakan sakit sekali saya lalu lepas dan ganti kacamata.sy periksa k dokter dg keluhan mata kanan buram dan tidak nyaman. Hasilnya kata dokter tak apa2.tp beberapa hari kemudian ada floater . Sy mau tanya
    1. Kemungkinan adanya floater kenapa ya?
    2.apa bedanya floater krn infeksi sama lepasnya retina
    kondisi mata skrg tdk sakit. Sy jg takut kemungkinan terkena cmv atau toxo.d rumah ad kucing kampung. Lalu apakah cmv itu berhubungan dg hiv. Saya pernah sakit herpes. Tapi saya ga pake narkoba, seks bebas dan transfusi darah

  33. kim ji byung Says:

    dok. saya ayu, 20 tahun. saya terkena bintilan di mata kiri saya selama 6 bulan, dan semakin besar, hingga ke mata kanan. saya sudah seminggu dioperasi bintilan di mata kiri saya dahulu( ada dua benjolan, di kelopak dan di mawah mata), mata kanan saya hanya benjolan.kecil di.kelopak, tapi sehari setelah operasi.dan perban dibuka, mata kiri saya masih ada benjolan, walaupun kecil, dan setelah seminggu, benjolan di kelopak makin besar, ada gumpalan darah lagi,
    yg ingin.saya tanyakan,
    1.apa setelah dioperasi masib bisa tumbuh lg bintilannya?
    2. apa bintilan ada pengaruh dengan mata slinder? karena mata kiri saya slinder dok.

    terima kasih atas jawabannya.nan. saya sudah seminggu dioperasi bintilan di mata kiri saya dahulu( ada dua benjolan, di kelopak dan di mawah mata), mata kanan saya hanya benjolan.kecil di.kelopak, tapi sehari setelah operasi.dan perban dibuka, mata kiri saya masih ada benjolan, walaupun kecil, dan setelah seminggu, benjolan di kelopak makin besar, ada gumpalan darah lagi,
    yg ingin.saya tanyakan,
    1.apa setelah dioperasi masib bisa tumbuh lg bintilannya?
    2. apa bintilan ada pengaruh dengan mata slinder? karena mata kiri saya slinder dok.

    terima kasih atas jawabannya.

  34. ardha candra nareswara Says:

    Dok, saya anak bermur 15 tahun, Saya punya keluhan dengan mata kiri saya ..
    mata saya yang sebelah kiri lebih sipit dari mata saya yang sebelah kanan..
    saya tidak tau apa penyebabnya ,,
    tapi adakah solusi untuk menyembuhkan mata kiri saya agar kembali simetris dengan mata saya yang sebelah kanan ??

    saya sekarang tidak percaya diri dengan keadaan mata saya ini
    tolong bantuannya dok ..

    trima kasih ,,

    ” Ardha Candra Nareswara “

  35. kartika Says:

    dok, umur saya 18 thn, mata saya di bagian bola mata yang itam ada bergaris putih yang bagian atas, tp dia kadang2 sakit, kadang2 tidak, kalau lama2 nonton dia sakit, sampai ber air, tp kalau di bwk tdr dia hilang, saya sudah dtg ke dokter spesialis mata, kata nya saya baik2 saja. saya mohon dok, kasitau saya solusina!!!!!

  36. peb Says:

    Febi/perempuan/20thun/minus mata
    siang dok, saya mempunyai keluhan,, gini ya mata sebelah kiri saya ini -3,00
    tp sebelah kanannya -5,00..
    yang ingin saya tanyakan kenapa ya mata sebelah kanan saya ini lebih kecil dri mata sebelah kiri saya, dan tampak perbedaan nya itu sangat jelas sekali..
    apakah ada cara untuk membuat ukurannya menjadi sama dengan mata kiri ini?
    karena saya minder dok.nggk pede dengan mata yang beda bentuknya ini..:(
    mohon bantuannya ya dok..
    terimakasih.:)


  37. selamat sore dokter, saya puya keluhan mata kanan saya pernah terkena serpihan benda tajam sehingga menyebabkan keruh di kornea, bagaimana solusi untuk menghilangkan kotoran tersebut dok?

  38. Evi Says:

    Selamat pagi dok,
    Dok saya Evi berusia 22th. Saat ini saya mengalami gangguan pada bola mata saya. Mata saya sebelah kiri apabila dikedipkan terasa mengganjal. Setelah saya lihat ternyata ada benjolan putih di bola mata putih saya. Saya takut sekali ini berakibat buruk pada bola mata saya dok. Apakah yang seharusnya saya lakukan dok?dan penyakit apa yang saya derita pada mata saya ini?
    Tks sebelumnya dok atas bantuannya.

  39. Jatu Says:

    Selamat siang Dok, saya Jatu usia 30 thn. Saat ini saya merasakan pegal-pegal pada kelopak mata sebelah kiri..seakan-akan ada benda yang masuk (kelilipan) namun saya cek tidak ada kotoran yang masuk ke mata, dan terkadang pandangan mata saya seperti terhalang oleh sinar atau cahaya dari dalam mata. untuk informasi 5thn yg lalu, saya pernah mengalami jatuh dari motor dan terluka pada kulit luar mata…apakah yang saya alami berasal dari peristiwa itu? mohon pencerahannya dok… terima kasih.

  40. Dhydy Says:

    halo dok, salam kenal. Usia saya 39 tahun, saya beberapa kali cek ke dokter mata, dibilang mata kering.
    Saya pernah diberi hyalid, tapi lama-lam mata gatal. saya pernah diberi tears naturale II, awalnya nyaman, tapi belum habis satu botol, mata terasa tidak nyaman. Kalau habis saya tetes, setengah jam kemudian terasa perih, panas dan tidak nyaman. Bahkan kadang terasa mual, pusing, dan terasa ingin BAB (ada hubungannya gak sih?).
    Setelah itu, saya ganti dokter, saya diberi cendo cenfresh. Sama seperti tears natural, awalnya enak. Setelah penggunaan selama kurang lebih 1 minggu, lama-lama, sktr setengah jam setelah penggunaan, mata terasa perih dan tidak nyaman.
    Oh iya, mata saya sering gatal-gatal juga.Kata dokternya, alergi, tapi gak tahu alergi apa.
    Akhir-akhir ini, mata saya sering keluar air, sering terasa perih, kayak panas. Saya ke dokter lagi. Saya di tes schimer, hasilnya 27 dan 30. Kata dokternya masih baik kondisi air matanya.
    Lalu saya diberi obat hyalub, sehari 6 kali, alegysal (3 x sehari) dan oculent A vitamin A. Tapi kenapa mata saya rasanya masih perih ya dok? Setelah ditetes hyalub terasa perih dan panas juga gatal, ditetes alegysal juga gatal. Oculent A gak terlalu, tapi kadang terasa gatal. Apa memang untk penggunaan awal masih terasa perih dan tidak nyaman juga gatal? Ini saya sudah 2 hari pakai. Apa saya teruskan atau saya hentikan? kenapa ya dok mata saya ini.?saya sering bingung, ke dokter.. terus.. biaya obat-obatnya mahal, tapi kok gak baik-baik..
    Mohon penjelasannya ya dok

  41. sugeng Says:

    Salam dokter…

    Perkenalkan nama saya sugeng Pria 28 thn, Maaf saya bukan penderita iridocyclitis dokter. Kebetulan saya bekerja dibidang klaim jamkesmas. Saya ingin mencari info yg berkaitan dgn klaim pasien iridocyclitis…
    Adapaun yang ingin saya tanyakan adalah, Terapi apa saja yg diberikan utk pasien iridocyclitis?Bilamana subconjunctival injeksi itu diberikan kpdnya dan brp lama ya (apakah bisa 3hari atau lebih berturut-turut terapi subconjunctival injeksi tsb diberikan)

    Terima kasih atas penjelasannya ^^

  42. jono Says:

    Saya Rafli umr 11 thun dok mata saya bintitan kira-kira brapa lama sembuh nya tolong bantu saya untuk megempes kan mata ini

  43. jono Says:

    Dok mata saya bintitan sembuh nya pake aph yaa dan brapa laama sembuh nya tolong dok

  44. setio Says:

    dok, .
    kenapa yang mata kanan saya sangat sensitif terhadap cahaya, tidak tahan lama dengan cahaya, terutama, cahaya blitz, ketika di foto dengan blitz, mata yang kanan menjadi sipit seperti hampir merem,,memang dulu sewaktu kecil pernah terkena herpes, di area lekukan hidung dan terdapat bekas yang sampai sekarang masih ada, rasanya seperti syaraf mata menjadi kendor tidak seperti mata yang sebelah kiri, trimakasi dok.. mhon penjelasannya

  45. cinderella Says:

    dokter, nama saya Ella umur saya 42 tahun saya terkena penyakit diabetes melitus type 2.

    Beberapa bulan terakhir saya merasakan buram di mata sebelah kiri saya…saat ini sudah 3 tahun yang lalu saya memakai kacamata plus.

    Kira-kira apa penyebab buram di mata sebelah kiri saya…mohon jawabannnya, dan terima kasih atas perhatian dokter.

  46. Joko Santoso Says:

    saya mau tanya dok .mata sebelah kanan saya ering terasa pegal disertai sakit kepala di daerah kening sebelah kanan,saya sdh pernah berobat ke dokter spesilis penyakit mat ditempt saya.tetapi hanya di beri obat tetes mata saja.usia saya 31 tahun saya sehari2 bekerja di depa komputer.kira2 apakah saya harus mengunakan kaca mata atau tidak???
    terima kasih

  47. Djaelani Says:

    Salam dok,
    Saya mo tanya dok, mata sebelah kiriku terkena cakaran sehingga jadi merah dan pada saat mengedip jadi terasa ada yg mengganjal. Trus waktu dilihat di cermin ternyata lapisan paling luar dari mata saya ada yg lecet tergores dan sedikit mengelupas. Posisi lecetnya berada disebelah kiri bulatan retina mata. Pertanyaan saya
    1. Apakah bisa disembuhkan lecet di permukaan bola mata tersebut?
    2. Fatalkah kondisi tersebut?
    3. Bagaimana cara penanganan untuk luka seperti itu agar tidak menjadi fatal?
    4. ApaObat untuk menyembuhkan lecet tersebut?
    Demikian pertanyaan saya, terimakasih sebelumnya atas tanggapan bu dokter…..

  48. ullil amri Says:

    AssalamuAlaikum ..
    saya ulil umur saya 16 tahun ..
    begini Dok .. mata saya mengalami gangguan saraf pada mata kanan saya sehingga mata kanan saya minus tinggi .. saya telah diberi kacamata dari dokter , kacamata tersebut pada bagian kirinya ditutup tujuaannya supaya mata kanan saya bisa fokus .. kata dokter di RS di wilayah saya . mata kanan saya mengalami saraf yg melemah , jadi saya harus sering melatih mata kanan saya ..
    jadi Dok , kerusakan saraf mata kanan saya ini disebut apa ?
    bagaimana caranya agar mata saya bisa normal kembali ? apakah dgn cara operasi atau apa Dok ??
    Thanks

  49. juwita Says:

    permisi dok, nama saya juwita larasati
    usia 20 tahun

    dok aku mau tanya,
    mata saya merah tak kunjung hilang di sekitar bola mata yang berwarna putih, akhir-akhir ini sering merasakan mata perih dan merah setelah menggunakan softlense. kemudian saya tidak menggunakannya lagi tetapi mata saya tetap merah sudah lebih dari satu minggu. saya sudah menggunakan softlense selama 1setengah tahun dan rutin diganti setiap 6bulan sekali. tetapi softlense yang terakhir ini baru 3bulan digunakan sudah tidak nyaman.
    saya sudah menggunakan obat tetes mata tetapi hanya menghilangkan merahnya sedikit saja kemudian mata kembali merah. itu kenapa ya dok? apakah kendala serius? dan bagaimana cara mengatasinya?
    terima kasih banyak :)

  50. Melly Says:

    Siang dok,
    Saya berusia 21 tahun tapi saya mulai merasa aneh dg mata saya
    setiap saat ada aja kotoran putih seperti benang menghalanggi mata saya?
    bagaimana cara menghentikannya ya dok
    terima kasih.

  51. eka Says:

    dear dokter….
    saya eka umur 23 tahun,,
    bermata silinder minus, dan kadang2 saya mendapatkan gangguan di mata saya.
    awalnya tiba-tiba saya melihat bulatan kecil di pandangan saya tapi lama-lama bulatannya jadi besar dan membuat saya tidak bisa melihat apa2 kecuali fokus pandangan lurus dan sekeliling menjadi putih semua…
    lalu setelah gangguan itu hilang maka saya akan mengalami sakit kepala hebat yang buat saya mual-mual. dan setelah agak sembuh membuat mata saya berair teruz dan terasa lelah..
    saya sudah pernah check-up ke dokter mata dan mereka bilang saya migren….

    dok apa ada penjelasan lain mengenai penyebab dan cara mengobatinya????
    mohon penjelasanya ya dok…

  52. adyt Says:

    dokter saya mau tanya ,,,
    saya waktu itu tes kesehatan terus saya tidak bisa melihat warna- warna yang ad di buku ishihara,,
    bisa sembuh gak dok penyakit saya ini ??

  53. budi Says:

    Hi,Dokter
    Masalah mata saya ini terasa sekitar 4 hari ini. Khususnya pada mata sebelah kanan. Pandangan jadi sedikit kabur, padahal sudah saya coba pake obat tetes mata. Tapi hasilnya masih gak kabur (kalau melihat kabel listrik, garis kabel seperti dobel, garis tengah jelas ditambah 2 garis atas dan bawah seperti bayangan kabel itu).
    Kemaren sudah saya perikasakan ke dokter. Saat di cek dengan berbagai tahap, kata dokter tidak terjadi kelainan apa2, meski pandangan kanan saya masih dobel. Kemudian dokter menyarankan untuk memeriksakan lebih lanjut untuk foto bagian dalam mata. Bisa jadi itu karena syaraf mata. Menurut dokter bagaimana ?terimakasih.

  54. candra darwis Says:

    yth pak dokter
    saya pria, 32 tahun, pekerjaan sehari-hari (sudah 5 tahun) mengharuskan didepan komputer setidaknya 8-10 jam perhari. kalau lembur bisa 14 – 16 jam (kadang2) saya bekerja di PLTU sebagai Unit Controller, Selama ini mata saya sehat, tidak ada masalah berarti. minus hanya 0.25, saya tidak berkaca mata
    tapi ada hal yg aneh dan keganjilan dengan mata saya, terkadang dgn tiba2 saya melihat benda seolah-olah menjauh dan mengcil, sampai tangan saya pun rasanya kecil , hal ini tidak begitu sering terjadi dan sy masih bisa mengontrolnya, dan hal ini akan kembali normal setelah kurang lebih 10 menit, tapi sy tak tahu apa penyebabnya, apakah ada masalah dengan mata saya dok?
    terimakasih atas jawabanya.

  55. candra darwis Says:

    yth pak dokter
    saya pria, 32 tahun, pekerjaan sehari-hari (sudah 5 tahun) mengharuskan didepan komputer setidaknya 8-10 jam perhari. kalau lembur bisa 14 – 16 jam (kadang2) saya bekerja di PLTU sebagai Unit Controller, Selama ini mata saya sehat, tidak ada masalah berarti. minus hanya 0.25, saya tidak berkaca mata
    tapi ada hal yg aneh dan keganjilan dengan mata saya, terkadang dgn tiba2 saya melihat benda seolah-olah menjauh dan mengcil, sampai tangan saya pun rasanya kecil , hal ini tidak begitu sering terjadi dan sy masih bisa mengontrolnya, dan hal ini akan kembali normal setelah kurang lebih 10 menit, tapi sy tak tahu apa penyebabnya, apakah ada masalah dengan mata saya dok?
    terimakasih atas jawabanya.

    wassalam

  56. agung Says:

    Selamat malam Dok… sudah seminggu ini kelopak mata saya membesar seperti bisulan tetapi tidak terasa nyeri saat dipegang. Kata Mbah google sih itu namanya bintil batu (Chalazion). Yang mau saya tanyakan apakah Chalazion itu dapat diobati tanpa operasi.? kalau memang harus operasi kira-kira biayanya sampai berapa?
    terimakasih…

  57. rayasti Says:

    Salam sejahtera dok,

    Saya Rayasti, 35 thn. Sudah hampir 2 minggu mata saya buram, cahaya lampu kelihatan lebih suram dan penglihatan saya tidak terang atau bersih (banyak spot gelap dan titk-titik pada pandangan saya)
    saya sudah ke dokter dan menurut dokter saya terkena radang retina. Tapi sesudah seminggu saya minum obat, tidak ada perubahan. Saya juga ada foto mata saya, mungkin bisa dokter lihat tapi saya kirim ke email mana ya?

    Terima kasih.

  58. Fajar Witoko Says:

    Selamat pagi buk Dokter..saya Fajar Witoko 24 tahun. saya ingin minta pencerahan atas mata saya…:D, begini buk,
    “Saat saya melirik, kekanan, atau kekiri, mata saya sakit, dan sakitnya sampai ke kepala saya”.
    apa penyebabnya dan kira2 diagnosanya saya kena penyakit apa ya dok?
    mohon pencerahannya..terimakasih,,

  59. Antoni Says:

    Selamat sore dok. Saya ANTONI, umur 63 tahun. Akhir2 ini mata saya terasa pedas kalau membaca / melihat TV / melihat monitor TV komputer. Mohon saran dok, kenapa mata saya dan apa yg harus saya lakukan. Terima kasih dok, sukses selalu, salam hangat dari Surabaya ………….

  60. memes Says:

    Slmt pagi…..
    Saya Memes, perempuan usia 29thn…adik saya laki” usia 23tahun…

    saya punya adik sedang sakit mata…tiba – tiba saja matanya merah tapi tidak sakit selama beberapa hari yang membuat penglihatannya sedikit kabur. kemudian di bawa kedokter untuk di Scan,
    setelah di Scan hasilnya menurut dokter ada penyakit dari dalam tubuh yg mengakibatkan mata merah & harus segera di tangani krn akibatnya akan fatal,,,permasalahan sekarang adalah kami butuh dokter yg benar” ahli di batam t4 kami konsultasi…mohon bantuannya untuk mereferensikan dokter specialis matas di Batam ato munkgin ada obat yang bisa membantu adik saya..

    demikian disampaikan, terima kasih


  61. saya ingin bertanya…di mata saya ada kayak benjolan putih atau apa, yang mendekati kornea mata….tapi tidak sakit dan penglihatan saya masih baik….
    apa sebabnya dan bagaimana cara mengatasinya…
    dan apakah obat vasacon-a itu baik untuk mata yang saya alami…..
    terima kasih…

  62. nia Says:

    Siang Dok…
    Nama saya Nia, usia saya 33th, jenis kelamin saya perempuan.
    Saya mau bertanya dok. Setahun yang lalu saya pernah operasi tumor leher. Setelah tiga bulan operasi, saya menemukan benjolan sebesar kacang hijau kelopak mata bawah dalam. Dan saat ini benjolan tersebut sakit dan merah, tapi tidak membesar. Pertanyaan saya :
    1. Apa nama penyakit ini ( kalo ini bisa disebut penyakit ) ?
    2. Apa berbahaya jika benjolan ini tidak diangkat, mengingat setahun yang lalu saya baru operasi tumor ?
    3. Sebaiknya apa yang perlu saya lakukan ?

    Terima kasih atas penjelasannya….

  63. Varian Giovanni Says:

    Nama : Varian Giovanni
    Umur : 14 tahun
    Jenis Kelamin : Laki – Laki

    Dok. Sudah 1 setengah hari kelopak mata dalam
    saya timbil, sudah saya kompres air panas tetapi
    tidak membuahkan hasil, yang terjadi hanya
    membuat mata yang bagian bawah nya keluar
    nanah, tetapi nanah nya tidak banyak,
    bagaimana solusi menghilangkan timbil ini dok ??? & Bagaimana hal ini bisa terjadi

  64. r_sung Says:

    saya laki2, 25 thn. seminggu yg lalu mata kanan saya terkena pentalan peluru air soft gun.stlh kejadian saya tidak bisa melihat..(hny bs melihat cahaya)lgs ke dr A (spsialis mata) didiadnosa ada external bleeding dan cm diberi obat tetes tob*a.
    keesokannya saya sdh bs melihat tetapi pandangan kabur dan berwarna kkuningan. sy ke dr B (sp M) di USG dan didiagnosa ada internal bleeding dirujuk ke dr C (sp M) diberi obat tob**dex dan 3jns obt minum(cif**s, kal**x, be**cort)..stlh seminggu pandangan mata sy tetap buram..tetapi terasa lbh ringan di mata sy..
    sy berusaha mencari opini lain sy ke prof dr D (sp M) di luar kota. didiagnosa mata sy hanya mengalami radang dan mata kanan sy menjadi minus 9 (sudah di tes dengan alat)…pdhl sebelum kecelakaan ini mata sy dlm kondisi yg normal..(mata kiri -1/4 dan mt kn -1/2)
    pertanyaan sy..apakah mungkin mata saya kembali normal? ataukah akibat kecelakaan ini mata saya menjadi minus?

  65. Andy Says:

    Dok…. Bayi saya baru berumur 2 hari, di kelopak mata nya ada kayak belek kekuningan. Akibatnya kelopak mata kanan sulit terbuka. Kata temen boleh coba tetesin ASI, apa betul itu ? Kalo salah, gimana cara ngatasinnya ?

  66. nova hadinata Says:

    mlm dok… sya nova umur 23 th, sebulan lalu saya medical check up utk memenuhi syarat seorang pkerja sblm masuk jadi karywan…. pd hasil test tersebut ternyata kurang bagus di bagian mata dan utk keseluruhan yang lain normal n baik baik saja… kata seorang teman sya yang bekerja disana yang megajak sya kerja dtmptna… saya tidaks pernah pakai kacamata sejak kecil dan saya merasa normal normal saja… tapi kata teman sya bahwa sya difonis buta warna… dan karena hal to lah sya tidak jadi masuk perusahaan tmn sya lantaran buta warna to… yang jadi pertanyaan sya adalah apakah buta warna bisa disembuhkan???? dan apakh buta warna to ad faktor keturunan????
    dan presentase uji kesehatan mata to sbnrna brp persen keakuratanna???? apakah hanya dgn tulisan titik titik berwarna yang membentuk angka to sudah membuktikan seseorang to memiliki buta warna atau tidak?????
    mav dok pertanyaanna terlalu panjang…. cz saya merasa mata saya normal dan saya mampu membdakan warna dgn jelas dan membaca dgn jelas dari jarak yang ditentukan bahkan lebih…… terimakasih sebelumna…. :)

  67. Rina Says:

    Selamat malam dok

    Nama saya Rina usia 42 tahun mempunyai keluhan mata gatal, perih dan susah dibuka (susah melek). Kata dokter infeksi dan mata kering. Setelah sekian kali berobat mata saya dinyatakan sembuh dan bersih (tidak ada penyakit). Tapi keluhan itu masih saya rasakan sampai saat ini, terutama (yang sangat mengganggu) mata susah untuk dibuka (susah melek).

    Yang saya ingin tanyakan sakit apa mata saya ini, apa penyebabnya dan bagaimana cara mengatasinya supaya mata saya bisa sembuh dan normal kembali

    Sebelumnya saya ucapkan terimakasih atas jawabanya

  68. lidya Says:

    Selamat malam dok,hari ini bangun pagi mata sebelah kanan saya tiba2 merah..sudah seharian masi blm sembuh..sudah dikasi insto..tpi tidak gatal tidak pedih..bbrp bulan lalu jg pernah seperti ini..dan baru sembuh kira2 seminggu..kira2 kenapa ya dok..

  69. Dwi Maryati Says:

    mlm.., Dokter sy da keluhan pd mata sy. Sy bekerja di depan komputer trus lama-lama mata sy lelah, pegal sm perih pa lg klo kelamaan kepala sy jdi pusing. Adakah obat untuk mengobati gejala yg sy alami. Trimakasih

  70. Dhika Says:

    Pago dok.
    Saya mau nanya, Ada ga obat herbal/ traditional untuk mengatasi mata bintitan?
    Saya sudah sebulan bintitan, bintitnya sih ga keliatan cuma kelopak mata saya agak berkerut Dan terlihat seperti bengkak. Konsultasi ke dokter dan dikasih antibiotic serta obat luar berupa salep dan obat tetes, dokter juga bilang kalau ini tidak perlu sampai dioperasi.

    Sebelumnya

  71. Dhika Says:

    Pago dok.
    Saya mau nanya, Ada ga obat herbal/ traditional untuk mengatasi mata bintitan?
    Saya sudah sebulan bintitan, bintitnya sih ga keliatan cuma kelopak mata saya agak berkerut Dan terlihat seperti bengkak. Konsultasi ke dokter dan dikasih antibiotic serta obat luar berupa salep dan obat tetes, dokter juga bilang kalau ini tidak perlu sampai dioperasi.

    Sebelumnya saya ucapkan terima kasih dok :)

  72. Wahyu putri utami Says:

    Nama saya wahyu putri utami,,,
    Mata saya sering banget kering,gatal,apalagi kalo kebanyakan terkena angin,hal itu termasuk penyakit apa dan bagaimana cara penyembuhannya??

  73. Dessy Says:

    Hello dok, saya mau tanya
    Mata kiri saya terasa ga enak, dan setelah saya ke dokter katanya di mata saya ada bintik2 kecil semacam jerawat
    Lalu saya diberi obat tetes namanya polynel utk ditetes selama 3 hari, tapi setelah saya tetes tdk ada perubahan .
    Yg saya bingung, apakah harus saya lanjutkan pemakaian obatnya dok? Tapi saya takut obatnya keras dan semakin merusak mata
    Dan apa yang menjadi penyebabnya dok ? Apakah debu atau yang lainnya ?
    Terima kasih sebelumnya dok :)

  74. Tony Chandra Says:

    Permisi dok, nama saya Tony Chandra. Saya mau tanya,

    Papa saya mengeluh, bahwa mata kanannya tidak bisa melihat secara tiba-tiba. Apa yang terjadi dengannya ya dok? Dan apa solusinya?

    Mohon penjelasannya dok..

  75. jonson Says:

    Salam dokter
    Nama saya m.jonson.umur 33.sudah lama pakai kacamata.sebelah kiri min 4.50 sebelah kanan min 3.75 belakangan ini keseringanan browsing internet dengan hp bb yang dimana tampilan layarnya kecil,sehingga lama lama mata jadi kering dan merah,terasa lelah,saya mengucek kedua mata terlalu kuat dan mata sebelah kiri saya tekan tekan sedikit pakai telapak tangan.selama beberapa hari saya berhenti melihat hp saya,mata saya normal kembali tidak merah dan kering lagi.tetapi masalahnya mata sebelah kiri saya pas di kantung mata jadi bergetar halus.tidak setiap waktu cuma kadang kadang tetapi sering,jika saya mengedipkan mata kiri dengan agak kuat pasti bagian kantung mata bergetar.tidak sakit sih cuma mengganggu.saya tidak pernah mengalami hal seperti ini jadi saya tidak mengerti kenapa bisa begitu,sudah sekitar 1 minggu an seperti ini,apa yang terjadi pada mata kiri saya dok?

  76. susilo hadiraharjo Says:

    hadi says:

    saya mau bertanya dok.usia saya 19 tahun. saya tuh sering mengalami sakit kepala yang tidak sewajarnya. setiap sakit kepala itu akan datang penglihatan saya tampak seperti ada bayangannya.saya pengen tahu penyakit apa yang diderita saya? terima kasih. mohon bntuannya ya dok.

  77. romeo Says:

    Perkenalkan saya romi (pria 26thn).. dok sdh 2 minggu ini mata kiri saya seperti melihat kilatan cahaya, (mata saya tidak minus dan saya tdk punya riwayat keluarga yang memiliki keluhan yg sama, tp 3hari sebelum keluhan terjadi mata kiri saya pernah terbentur ckp keras). Beberapa hari yang lalu saya sdh ke rs setelah diperiksa, saya hanya diberikan Noncort dan Xytroll, apakah saya harus ke rs lg & lapor ke dokter? atau tunggu sampai obat yang diberikan habis? krn smpai saat ini saya msh melihat kilatan cahaya, dan saya khawatir jika dibiarkan bisa terjadi ablasi.. trims dok

  78. muhammad ghufron asyakuri Says:

    assalamu’alaikum wr.br..
    Sy mau tnya, knpa mata sya d pinggir hitamannya terdapat garis putih melingkar,,,??
    Dan apa penyebabnya…??
    Apa bisa berdampak pd pnglihatan sya,,,??
    Tlong d bls scepatnya
    Trimaksih..
    Wslam.

  79. melfa Says:

    saya wanita usia 41 th mata saya dul pernah dioperasi karna ada semacam lemak, dan sudah bersih lalu saya mencoba memakai kontak lens setiap pake kontak lens tsb selalu merah dan sakit dan sekarang kenapa ya penglihatannya mata kiri saya ga jelas?tolong dok kenapa bisa seperti itu dan apa yang harus saya lakukan.terimakasih’

  80. Jenny Kurniawa Says:

    Dear dokter mata,
    di kantung mata saya terdapat benjolan kecil. Di bagian dalam kulit kantung mata. Berwarna putih dah seperti berisi air namun tidak sakit. Pada awalnya terasa gatal, tetapi sudah 2 tahun semenjak benjolan itu timbul, dan tidak terjadi apapun, tidak sakit dan tidak gatal, juga tidak membesar. Benjolan itu apa ya dok? Dan gimana cara mengatasinya? Trims :)

  81. anchasaputra Says:

    mau konsultasi dok..
    saya ancha 34 tahun setiap hari di depan komputer
    mata saya sebelah kiri merah perih, baru ada benjolan kecil kiri baru ada nana keluar di benjolan itu

    mohon solusiya dok…
    terima kasih sebelumnya..

  82. eprida Says:

    dokter
    nama saya rida, umur 17 th, sekarang masih sma
    saya mau nanya dok, apakah mata minus akan berpengaruh saat membaca buku untuk tes buta warna dok?
    Banyak orang yg bilang katanya buta warna pada perempuan itu sangat jarang terjadi, tetapi saya masih ragu, karena ada angka angka dalam buku itu yg tdk bisa saya baca? Apa mungkin saya buta warna dok?
    Tolong di jawab y dok
    terima kasih

  83. rida Says:

    dokter
    saya perempuan 17 tahun, sekarang mash sma
    saya mau tanya dok,
    1. apakah mata minus itu berpengaruh saat tes buta warna?
    2. Bisakah seorang perempuan menderita buta warna? Karena kebanyakan orang berkata bhwa sangat jarang perempuan menderita buta warna, yang ada hanya sbg pembawa, tapi saya mash ragu karena ada angka yg bisa saya tebak dan ada juga yang tidak. Apakah saya buta warna y dok?
    Tolong di jawab y dokter
    terima kasih

  84. Yulia Nofiana Says:

    Pagi Dok..
    sudah 3 hari mata saya agak rabun buat melihat..
    kalau buat melihat ada bayang2 dan bintik hitam yang selalu menghalangi pandangan..
    kira-kira mata saya kenapa ya dok..??
    trimakasih

  85. vhie Says:

    selamat siang dok.

    nama saya vhie umur 19 tahun.

    beberapa minggu belakangan ini saya mengalami gangguan penglihatan di kedua mata saya seperti silau dan saya seperti melihat benang putih yang menyerupai kilat.
    tetapi gangguan penglihataan ini tidak setiap hari, hanya sesekali dalam seminggu.

    kira-kira penyebabnya karena apa??

    apakah terlalu lama di depan komputer bisa menyebabkan gangguan itu??

    Dan bagaimana mengobatinya??

    mohon bantuannya dokter. terima kasih.


  86. MEWAKILI IBU DOKTER PENGASUH BLOG “KONSULTASI DOKTER MATA”

    PIHAK PENGELOLA (TIM ASISTEN) MENGUMUMKAN BAHWA UNTUK SEMENTARA WAKTU HALAMAN “KONSUL UMUM/LAINNYA” DITUTUP UNTUK SEMENTARA WAKTU HINGGA SELURUH PERTANYAAN DIJAWAB.

    DEMIKIAN ATAS PERHATIANNYA.
    KAMI MOHON MAAF ATAS KETIDAKNYAMANANNYA.

    SALAM MATA SEHAT
    Tim Asisten Blog

  87. daniel alfaruqi Says:

    sore dok..
    saya DANIEL ALFARUQI ( 20 th )
    4 hari blakangan ini mata saya sering perih dok, pas ngedipin mata sebelah kiri kayak ada sesuatu yang masuk ke klopak mata saya, padahal udah saya periksa gk ada debu atau benda lain yang masuk, bola mata saya sebelah kiri juga memerah, penglihatan mata kiri jadi kurang jelas dok..
    saya sakit mata apa ya dok?
    bgai mana cara ngobatinnya?

    trimakasih dokter…

  88. ita Says:

    malam dok,
    saya ada keluhan ttg mata kanan saya yg rasa nya ada yg mengganjal.jika untk melihat serasa buram dan pandangan seolah2 mata kaya ketetesan air pdhl tidak.dan jika saya ttp mata kiri saya pandangan mata kanan saya seolah2 hny separo saja sbb bagian kiri mata kanan saya buram tp kiri mata kanan sya jernih.mata sya mudah lelah shg sya sering pusing.ortu sya diabet tp sya tdk diabet udah cek lab. Mata sya jg minus tinggi.kiri -5 kanan -11 ada silinder jg.jenis mata kering bnyk urat2 mata.t0lg dibntu y pak,bgaimana cra pengobatan nya.krn hal ini cukup mengganggu penglihatan sya aplg kalo pulg kntr malam naik m0tor. Thx u bantuan nya.


    1. Selamat malam Ita,
      Dari kondisi keluhan matamu,memang mata kanan minus tinggi dan beda jauh dengan kiri. Melihat buram seperti ada tetesan air,namun mata tenang dan jernih mungkin masalahnya ada di retina mata kanan. Segera periksakan kondisi matamu ke dokter mata ahli retina untuk kepastiannya.
      Salam,
      Rose


  89. dok ,.. saya mau nanya tentang mata saya yg ada floater.a seperti ada bintik2 tranparan dan ada yg berwarna hitam,.. waktu kls 6 sd cmn ada 1 saja warnanya hitam dan sekarang ada yg transparan juga,.. yg hitamnya juga ada 3 tapi yg dua sangat kecil jadi tidak terlalu mengganggu ,. tapi saya cukup risih saat mengendarai motor ,. tiap skolah dan pulang skolah mereka slalu melayang2 dan 1 lagi dok,.. dimata saya sering terlihat ada kilatan2 cahayanya kalau berkedip dok,.. kenapa yah itu..
    mohon bantuannya dan apahal bisa dihilangkan,..
    trimakasi sebelumnya :)

  90. atun Says:

    Slmt malam Dok,
    Nama saya atun, umur 30 tahun, begini dok.., saya tadi sore mau pake obat tetes mata insto, tetapi ternyata saya salah mengambil obat. Yang saya ambil obat luka betadine. Kebetulan obatnya saling bersebelahan. Dan obat luka betadine sdh saya teteskan satu tetes ke mata sebelah kiri. Kemudian saya kaget dan segera mencuci mata dengan air bersih. Apakah mata saya yang terkena obat luka betadine tadi tidak berbahaya ya dok ?,
    terimakasih dok..,

  91. Hery Says:

    Sya hery , , mata sya sering perih apalah kalo trkna cahaya , trdapat merah disekitar bola hitamnya. . Apa ini gejala2 parah ?

  92. budi Says:

    selamat pagi dok, nama saya Budi usia 30 tahun, saya memiliki masalah dengan mata saya yang selalu merah, maka dari itu saya menggunakan obat tetes mata rohto cool, karena hanya dengan itu mata saya menjadi jernih kembali, saya selalu menggunakan nya setiap kali mata saya merah sehari bisa 2 kali pemakaian, apakah ada pengobatan terbaik untuk mengatasi masalah saya tersebut, karena saya takut akan efek samping yang timbul.. ketika saya menghentikan penggunaan obat mata tersebut mata saya merah terus dan terasa agak hangat di mata, tapi penglihatan mata saya masih normal. mohon sarannya dok..
    terima kasih

  93. risna Says:

    satu hari yang lalu saat saya sedang berebah mata kiri saya kejatuhan pionika sama orgi. dan itu sakit banget, mata kiri saya terus2an ngeluarkan air mata. trus muka saya, saya cuci tpi engga saya gsokkan ke mata. paginya langsung muncul bercak merah dimata saya, dan itu sakit banget. kalu dibawa noleh kekiri jga sakit, sampai sekarang masih sakit. itu gmna ya dok??? thanks atas bantuanya.

  94. Asep Sunandar Says:

    Assalamualaikum…
    sore dok…
    saya Asep Sunandar umur 24thn

    saya mau tanya..tadi pagi setelah bangun tidur mata saya normal2 saja tapi setelah saya mandi pagi tiba2 mata sebelah kanan kok tiba-tiba buram…saya kurang tau apa penyebabnya,setelah saya bangun dr tidur siang tadi mata saya normal lagi,tapi ini buram lg…
    Saya juga ini lg migren…
    Apa itu akibat dari migren????
    Atau kenapa ya????
    Apa penyebabnya????
    sedangkan saya tidak punya riwayat mata min juga dok…

  95. Davit Says:

    Dear dokter mata…

    Saya davit 18tahun..saya mw konsul,saya punya mata min 3 1/2 …tpi setiap kali saya lepas kacamata kenapa mata saya seperti habis menangis dan terlhat mau keluar??
    Apakh saya terkena penyakit dok??? Trus apa yg hrus saya lakukan buat biar gk bgini matanya dok? Makasih

  96. herateti Says:

    Mata saya terlalu kering ampe minus kadar air mata saya ..apabila lagi kumat mata saya perih sekali ampe menyebabkan pusing yg amat di kepala seperti org kekurangan darah atau oksigen yg gk smp ke otak…gmn ya solusinya spy mata tdk perih dan pusing kepala. Btw trims byk atas saran nya

  97. Aditya rizki Says:

    selamat sore dok
    nama saya aditya rizki pratama,umur saya 13 tahun, begini dok mata saya itu sipit sebelah, cara agar mata saya kembali normal itu bagaimana ya dok ?
    Atau apakah ada makanan yang bisa membuat mata normal ?
    Terimakasih…

  98. tina Says:

    Dok saya tina umur 17 , saya punya teman cowo . Awal nya mata dia baik baik aja .tapi wktu bangun tidur mata dia seperti ada goresan d sekitar bola mata sbelah kiri . Hari ke-2 mata yang kanan gejala nya sama , lama lama jadi kemerahan . penanganan pertama dia pake obat tetes mata , 3 hari kemudian mata nya sudah keliatan sembuh . Tapi 3 hari kemudian mata nya tambah parah jadi bengkak + seperti peradangan ..
    Pertanyaan saya:bisa berakibat fatal tidak sakit mata yang saya maksud , dan bagaimana penanggulangan nya

  99. cia Says:

    salam dok, saya cia umur 19thn saya mau tanya saya baru aja pake softlense tapi setelah saya pake mata saya kayak pedas,lama2 agak buram,,itu penyebab apa ya dok? Blz ya dok makasih

  100. nisa Says:

    Saya mau konsultasi..saya mngalami mata panda..klo mata panda bawaan lahir bisa di hilangkan tdk mksh

  101. sekar Says:

    selamat siank donk
    nama saya sekar (22th)
    saya punya keluhan tetang mata saya dok beberapa bulan yang lalu leher saya pernah digigit seranga sampai menghitam setelah saya periksa ke dokter ternyata mata saya terkena toksin sehingga membuat mata saya menjadi merah dan sering kali banyak urat urat mata yang terlihat di sekitar mata sampai kini urat – urat itu tampak terlihat dan tidak hanya itu dok setiap kali saya sedikit lelah pasti mata saya ada bintil sehingga mengganggu aktivitas saya
    bagaimana ya dok agar urat – urat mata itu menghilang atau tidak terlalu tampak ?

    mohon jawaban ya dok ,
    terima kasih

  102. tonny Says:

    slmat siang dok
    sy mau nanya….ini di kantung mata sebelah kiri warnanya lebih gelap dari kantung mata sebelah kanan, sy liht juga, sepertinya lebih tebal. Sy merasa sebelumnya gk ada beda antara keduanya…apakah itu normal atau ada indikasi kelainan mata dok…
    makasih…

  103. Iyis Simatupang Says:

    Dear dokter,
    Mata saya ada gumpalan lemak di kedua kubil mata, saya pernah ke dokter, oleh dokter dikatakan itu bukan katarak tapi peterisium. Menurut dokter tersebut satu2nya cara penangan adalah melalui operasi, namun utk saat ini ditangguhkan dulu karena masih muda akan terus bertumbuh gumpalan lemaknya.
    Yang ingin saya tanyakan, adakah obat yg bisa mengikis lemak di kubil mata saya tsb tanpa harus dioperasi. Apakah jika dibiarkan terus bisa mengakibatkan kebutaan atau semacam pengaburan karena sepertinya gumpalan tsb menjalan ke arah biji mata yg hitam.
    Mohon saran dan infonya dok.

    Terima kasih.

  104. nur wulan Says:

    saya wulan umur 21tahun..
    dok saya mau tanya.anak saya sudah hampir 1bulan dikelopak matanya terdapat benjolan seperti bintitan..berwarna merah.apakah itu berbahaya?tapi terkadang benjolan itu hilang tp kelopak mata mash merah.umur anak saya baru 9blan dok.mohon bantuan nya terimakasih.

  105. Arif Thamrin Says:

    Saya sdh hampir sebulan operas katarak mata kanan. Seminggu stlh kontrol kedua tampak timbul bintik2 hitam jalan melayang. Dokter beri pil antibiotik ciprofloxacin, methylprednisolon, polidex & levocin + obat oles oculen A. Sayang tak ada perobahan. Sebelumnya di rs & dokter lain saya sdh operas katarak mata kiri & baik tak ada masaalah. Apa ya dok penyebabnya? Say cemas & risau. Tks.

  106. larasati Says:

    halo dokter,

    saya laras, beberapa hari lalu saya membawa ibu saya ke dokter mata, ibu saya mengeluh bahwa mata kirinya hanya dapat melihat separuh & tidak jelas (blur), setelah diperiksa sampai scan mata & retinometri, dokter meminta untuk dilakukan ct scan otak dengan kontras, ketika ditanya kira2 kenapa, dokter nya bilang dia tidak mau menjelaskan sebelum hasil ct scan nya ada..

    menolaknya dokter mata yg kami datangi untuk menjelaskan ini membuat ibu saya jadi stress.. dokter, kira2 ibu saya kenapa ya? apakah bisa bantu saya?

    terima kasih

    warm regards,
    -larasati-

  107. Edwin Ong Says:

    siang dok, mata saya cepat lelah meskipun tidur sy cukup. Kalau mata lelah sering terasa ngantuk dan mata berat, yg parahnya konsentrasi hilang dan tidak bisa fokus. Sy biasa nya mengatasi nya dengan memejamkan mata sekitar 15 menit sambil berbaring, meskipun tidak tidur. Tapi setelah itu mata sy terasa fresh kembali dan bisa bekerja dengan baik. Sebagai info, sy menggunakan kacamata minus. Kira2x apa yg harus sy lakukan atau sakit apa? apakah berhubungN dgn saraf mata? Thanx

  108. S. Muliadi Says:

    Dear dokter mata,

    Usia saya 49 tahun. 1,5 bln lalu sy operasi katarak yang kanan, seminggu kemudian yg kiri. Sebelumnya, mata saya ada minus-nya (seingat saya minus sekitar 2 s/d 2,5 mata kiri dan kanan), juga ada silindernya (seingat saya silinder sekitar 2 baik kiri maupun kanan), lalu juga ada plus nya (plus 2, baik kiri maupun kanan). Sesudah operasi katarak, sekitar 3 minggu lalu saya balik ke dokternya, lalu diperiksa, hasilnya sbb. :
    Kanan: -1,50, Cyl: 0,75 X145 +2,25
    Kiri : -0,25, Cyl: 1,00 X 15 +2,25
    Lalu saya buat lah kacamata yang baru sesuai ukuran terakhir. Kacamata yang saya buat relatif lebih murah dengan kualitas yang lebih rendah dibanding dengan sebelum operasi katarak. Kita sebut saja bahwa saya membuat kacamata tersebut di Optik “M”.
    Nah, memakai kacamata tersebut sekitar beberapa menit rasa ok, tetapi beberapa lama kemudian terasa pusing.
    Pusing tersebut saya rasakan terutama saat jalan kaki, baik memasuki ruangan maupun di ruang terbuka.
    Tetapi kalau sedang nyetir mobil, tidak begitu terasa pusingnya.
    Saya cek kesehatan lainnya: kolesterol dsb adalah normal, demikian juga tekanan darah dsb juga normal.
    Saya pikir bahwa kemungkinan hasil periksa dari dokter mata saya adalah salah. Saya coba ke optik yang lain, ternyata ukurannya adalah benar. Optik yang lain tersebut adalah optik yang mana saya bikin kacamata jauh sebelum kacamata terakhir sebelum operasi, saya gunakan. Waktu itu, ukuran minus saya masih 3,25 yang sebelah kiri dan 3,00 yang sebelah kanan. Kita sebut saja Optik tersebut adalah Optik “B”.
    Menurut Optik “B”, ukuran kacamata saya terakhir adalah benar. Tetapi diperkirakan bahwa karena selama ini saya memakai kacamata dengan kualitas yang lebih tinggi jauh (harga lensa dari kacamata yang pernah saya buat di Optik “B” tersebut adalah sekitar Rp. 6 jt sepasang), tetapi sekarang saya bikin kacamata terakhir saya ini dengan harga yang sekitar Rp. 600-ribu-an sepasang.
    Apakah benar kira-kira apa yang dikemukakan oleh Optik “B” tersebut ? Saya khawatir apabila saya bikin kacamata lagi dengan kualitas yang lebih baik, tentunya berarti harganya lebih mahal, tetapi pusingnya tetap ada.
    Atau kira-kira apa yang sebaiknya saya lakukan untuk keluhan saya ini ?

    Terima kasih, mohon petunjuk nya.

    Salam,

    S. Muliadi.
    Jakarta, 28 Okt 2013

  109. Puella purcha Says:

    Selmt pagi dokter,
    umur sya 17 thn sya mau tanya
    kenapa area kulit disekitar mta sya jdi hitam gsong stelh pake mnyk zaitun . Dan itu udh lma gk bisa ilang. Seprti hbis make kcamta membks hitam gk bsa ilang. Tlng dok ksih tw bgmna cra ngilanginnya
    mkasih dok:)

  110. ridha Says:

    dear dokter mata. Saya ridha umur 14 tahun begini dok mata kanan saya sering sakit dan berdenyut denyut sampai dikepala , itu penyakit apa dan penyebabnya apa dok terimaksih

  111. antok Says:

    dok usia sya 24 tahun,sya mnglami gangguan mata klo sya bawa motor pada pgi hari,apbla mtahari tpat didpan sya,mata saya tiba tiba secara reflex tdak bsa dibuka,hampir setiap hari sya bgni dipgi hari.
    itu knpa dok y,tolong ksik pnjlasan trima ksih.

  112. herateti Says:

    Sudah berapa lama masa kejadian nya ampe skrg?


  113. Selamat malam Pak Alex,
    Rasa kelilipan bisa disebabkan memang benar adanya benda asing di dalam mata. Bila dibiarkan atau dikucek,maka dapat tertancap di mata sehingga menimbulkan iritasi dan rasa sakit,perih,berair-air sehingga penglihatan sangat terganggu. Untuk keluhan tersebut,sebaiknya segera diperiksakan ke dokter mata.

    Salam,
    Rose


  114. Selamat malam Fitri,
    Dari keluhan kamu,kemungkinan masih ada sisa-sisa peradangan di kelopak mata sehingga menimbulkan rasa tidak nyaman. Periksakan ke dokter mata,oleh karena keluhanmu sudah cukup lama.

    Salam,
    Rose


  115. Selamat malam Ivan,
    Memang kadangkala kedua mata kita tidak memiliki ketajaman penglihatan yang sama. Bila salah satunya buram, mungkin memerlukan koreksi kacamata minus,silinder atau plus jauh.
    Konsultasikan ke dokter mata di kotamu,semoga mendapatkan penanganan yang baik.

    Salam,
    Rose


  116. Selamat malam Etty,
    Keluhan adanya bintik hitam pada mata minus seringkali oleh karena pencairan jelly mata. Hal ini tidak berbahaya,namun sebaiknya diperiksakan kondisi retina mata kamu,oleh karena kadang bisa menjadi tanda adanya robekan retina juga.

    Salam,
    Rose


  117. Selamat malam Shendy,
    Anda tidak menyebutkan usia dan pekerjaan Anda. Kemungkinan mata Anda butuh kacamata atau memang kelelahan karena penggunaan komputer dan semacamnya.

    Salam,
    Rose


  118. Selamat malam Magdalena,
    Mata kabur banyak penyebabnya, bisa karena butuh kacamata,bisa juga karena gangguan media refraksi hingga kerusakan retina dan saraf mata.Fungsi retivit memang untuk menjaga kesehatan mata karena mengandung vitamin dan antioksidan..namun penggunaannya harus sesuai indikasinya.

    Salam,
    Rose


  119. Selamat malam Haryanto,
    Mungkin ada benda asing yang nyelip di antara mata atau ada benjolan di selaput mata. Coba periksakan kembali ke dokter mata yang teliti. Keluhan tidak akan hilang sebelum benda asing tersebut diambil.

    Salam,
    Rose


  120. Selamat malam Bapak Mardiansyah,
    Saya ikut prihatin dengan kondisi yang dialami Bp. Harus diperiksa kedalam luka tersebut. Bila dalam lebih dari separuh kedalam kornea,dapat menimbulkan jaringan parut yang permanen. Pemberian vitamin mempercepat proses pemulihan luka. Untuk lengkapnya, Bp bisa memeriksakan kondisi mata Bp.
    Oh ya, jangan lupa kenakan google bila sedang bekerja agar terhindari dari kecelakaan kerja.

    Salam,
    Rose

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 265 other followers