Pemeriksaan refraksi dapat menentukan apakah seseorang menderita mata minus, plus, silinder, rabun tua atau kombinasi di antaranya.

Pemeriksaan ini dapat dilakukan dengan menggunakan kartu Snellen atau alat bantu refraktometer. Alat ini hanya membantu menentukan ukuran kelainan hasil pemeriksaan, tetapi bukan sebagai nilai/patokan yang tepat untuk menentukan ukuran kacamata seseorang.

Oleh karena itu, setiap hasil pemeriksaan dengan alat tersebut, harus dilakukan pengecekan ulang dengan pemeriksaan subjektif yaitu mencobakan ukuran lensa kepada pasien sampai pasien mendapatkan penglihatan yang paling optimal tanpa merasa pusing atau tidak nyaman.

(resensi oleh Dr. Rose Setiawan, SpM, MSc)

NB:

*Pertanyaan konsultasi online yang sifatnya tidak penting/bercanda/mengandung unsur SARA/kurang sopan/tidak berbahasa Indonesia yang baik, akan langsung  dihapus dari forum ini.

**Cantumkan Nama (asli atau alias)/Jenis kelamin/Usia/Riwayat penyakit/Pertanyaan dengan jelas.


15 Responses to “Konsul Kacamata”

  1. rois Says:

    dokter, saya penderita mata minus sudah sejak lama dan sudah berkali-kali mengganti kacamata saya. sehari yang lalu saya membeli kacamata baru, hanya saja penglihatan saya setelah memakai kaca mata baru ini menjadi seperti melihat kaca sepion (terlihat mencembung). selama ini saya tidak pernah mengalami hal seperti ini ketika saya mengganti kacamata saya. pertanyaan saya, apakah hal ini memang wajar terjadi? sebagai tambahan informasi, sebelum saya membeli kaca mata ini saya sempat memakai softlens selama beberapa bulan dan berhenti mengenakan softlens beberapa hari yang lalu dikarenakan terjadi iritasi pada salah satu mata saya. saya telah berkonsultasi di optik lain yang lebih bagus pelayanannya dan pihak mereka menyatakan bahwa ada perbedaan pada titk fokus tapi hanya 2 mili saja dan biasanya tidak berakibat pada penglihatan yang menjadi cembung, mereka juga menyatakan bahwa mungkin mata saya sensitif atau mungkin memang perlu penyesuaian terlebih dahulu dengan kaca mata baru saya ini. demikian pertanyaan saya, mohon bantuannya.


    1. Selamat pagi Bp Rois,
      Berapa umur Bapak saat ini? Selain itu ada beberapa pertanyaan lagi yang akan saya ajukan:
      Pertama harus dicek, ukuran kacamata yang dibuat apakah sesuai dengan resep kacamata yang direkomendasikan? Kedua, apakah ukurannya berbeda dengan kacamata sebelumnya? Ketiga, bila ada perbedaan, seberapa besar perbedaan tersebut? Keempat, apakah penglihatan mencembung tersebut hanya dialami satu mata atau keduanya? Kelima, coba bandingkan dengan kacamata lama Bp, apakah keluhan tersebut hilang? Keenam, apa jenis lensa yang dipakai? Ketujuh, adakah keluhan lain seperti melihat benda tidak beraturan, lebih kecil, lebih besar atau bengkok-bengkok?kecerahan warna antara kedua mata apakah berbeda? Informasi ini saya perlukan untuk ketepatan dalam membantu permasalahan penglihatan Bp.

      Salam,
      Rose

  2. Asep Says:

    Dear Dokter,

    saya mau bertanya.
    saya punya mata masing-masing minus 1/4, menurut penjual kacamatanya (di optik ternama) meskipun minusnya kecil mesti pake supaya tidak membesar minusnya dan untuk yang biasa kerja dengan komputer disarankan ngambil kacamata yang antiradiasi. pertanyaan saya :
    1. apakah benar, kalau minus 1/4 kalau tidak pakai kacamata bisa tambah minusnya ?
    2. apakah benar ada kacamata anti radiasi ?
    3. kalau benar ada, seberapa efektif sinar radiasi tersebut bisa tertahan oleh kacamata ?

    mohon penjelasannya, dok

    terimakasih
    asep


    1. Selamat sore Asep,
      Progresifitas mata minus sangat dipengaruhi banyak faktor, seperti genetik, kebiasan membaca dekat, penggunaan komputer atau perangkat elektronik yang mempunyai radiasi atau pantulan sinar yang tajam. Untuk minus 1/4 tidak diwajibkan memakai kacamata, apalagi anda memang sering bekerja di depan komputer yang jarak penglihatannya menengah (mata minus untuk penglihatan jauh). KAdang-kadang rasa lelah akibat pekerjaan, dapat mempengaruhi hasil pemeriksaan, sehingga yang harusnya normal menjadi minus. Bapak dapat membaca tentang Computer VIsion Syndrome.
      Memang ada coating anti radiasi untuk kacamata. MEngenai seberapa bisa tertahan, saya secara pribadi belum pernah melakukan penelitian tentang hal tersebut. BIsa anda tanyakan langsung ke Optik yang menjualnya mengenai jenis coatingnya dan efikasinya.
      Salam,
      Rose

  3. Satia Says:

    Dokter,

    Saya Satia, 27 tahun, sudah hampir 9 tahun menggunakan softlens, kedua mata saya minus 6.5. Sebelum memakai softlens, saya menggunakan kacamata tapi hanya 1-2 tahun saja, dan seterusnya menggunakan softlens sampai kemarin2 saya memutuskan untuk mempunyai kacamata juga karena saat itu mata saya mengalamai iritasi ringan. Ketika diperiksa untuk pembuatan kacamata, didapatkan minus 7 dan silindris -0.5 untuk kedua mata.

    Masalahnya sekarang ketika saya menggunakan kacamata, penglihatan saya jelas tetapi menjadi serba cembung apabila melihat benda2 yang datar (misalnya monitor laptop), juga benda2 lurus dg posisi vertikal menjadi melengkung kalo benda tersebut berada disamping saya. Kemudian secara keseluruhan, semua benda yang saya lihat cenderung sedikit menjauh dan lebih kecil dari ukuran sebenarnya. Gejala tersebut dirasakan oleh kedua mata saya.

    Mohon penjelasannya Dok, apa yang salah dg kacamata saya?? Sebagai informasi tambahan gejala tersebut tidak saya rasakan apabila saya menggunakan softlens.

    Terimakasih,

    Satia

  4. Kurniawan Says:

    Dok..

    Mau tanya,mata saya sepertinya minus.tp saya blm pernah memeriksakan..yg jd pertanyaan,jika stlh diperiksa minis saya 2..kmudian saya memakai kcmata yg minus 1.apa akibtnya?

  5. Devita Says:

    Dok, saya Devita, saya seorang perempuan umur 18 thn, Saya mempunyai penyakit maag. Saya baru saja memakai lagi kacamata setelah sekitar 5 thn yang lalu saya tidak mau menggunakan kacamata karena saya tidak suka, saat itu kacamata saya minus 0,5. Saat ini karena saya merasa mengelihatan saya sangat kurang baik, sy memutuskan untuk memeriksakannya. Menurut perawatnya, dengan menggunakan komputer, mata kiri saya syl -5 dan mata kanan syl -4,75 dan minus 1,75. namun kacamata yang saya gunakan kanan syl -3.5 minus 0,75 dan kiri syl -3,5.. tapi saat saya gunakan, objek yang saya lihat memantulkan cahaya yang lebih banyak dan bentuknya sedikit lebih pipih dibanding jika saya tidak menggunakannya, selain itu pada awalnya mata kanan saya berair, dan sekarang saya merasa ada yang aneh dengan mata kanan seperti jika saya mau membaca sesuatu, pada awalnya agak tidak jelas/blur, namun kemudian jelas setelah beberapa saat. Kira-kira apa sebab semua itu ya, Dok? Apakah ada kesalahan pada pengukuran untuk kacamatanya?? trimakasih

  6. elisa Says:

    Dok saya sudah melakukan lasik 2 bulan lalu,tapi mata kanan masih tersisa minus 2 silinder 1..apakah sebaiknya memakai kacamata lagi?karena saya takut mata kanan nanti menjadi lazy eye..terima kasih

  7. eddy Says:

    Dok,,, saya Eddy,, saya memakai kacamata sudah 6 tahun,, yang mau saya tanyakan, apakah lensa kacamata akan rusak apabila sering di lap? maksud nya lapisan2 yang ada di dalam lensa nya…

    terimakasih Dok…
    salam..

  8. danu Says:

    dok saya mau tanya, saya danu umur 19 tahun memakai kacamata dengan silender 1 dan setengah, akan tetapi saya tidak betah memakai kacamata, yang saya inigin tanyakan apakah bila kita tidak memakai kacamata maka silinder kita akan meningkat? apakah sering memakai kacamata akn membuat kita ketergantungan?
    terimakasih dok

  9. dja Says:

    Dok. mau tanya neh..

    saya bbrp hari yg lalu cek ke optik dan katanya mata saya silindris, yg kanan -0.25 dan yg kiri ngk silindris tp -0.25, mmg bbrp hari ini saya merasakan agak pusing dan pandangan tidak enak.

    Saya putus kan memakai kacamata, tp kok kadang pusingnya msh ada ya, Dok ? apa krn baru pakai kacamata ?

    Terima kasih Dok…

  10. Meiliza Says:

    Salam kenal, Dokter Rose
    Nama saya Meiliza, usia 32 tahun. Saya sudah setahun ini menggunakan kacamata karena saat periksa ke optik, mata saya + 1.50 silinder -0.75 dan + 1.25 silinder -0.25. Saya coba periksa lagi di tahun ini untuk mengetahui apakah ada penambahan plus di kedua mata saya, sekaligus mengganti frame salah satu kacamata saya, karena saya kadang merasa pusing.

    Lalu, setelah, diperiksa ulang, saya diberikan pemeriksaan subyektif, mencoba lensa di mata saya, optician yang melayani saya memberikan 2 pilihan lensa : tanpa silinder dan dengan silinder. Saya tanya apa silinder bisa hilang sehingga diberikan pilihan ini? dijawab bisa, karena silinder saya tidak terlalu besar. Meski hasil mencoba lensa, dengan silinder jauh lebih terang dan jelas, saya memilih tanpa silinder karena saat saya coba masih bisa melihat tapi tidak seterang dengan silinder dan juga saya ingin mencoba menghilangkan silinder di mata saya.

    o ya, mata saya tidak mengalami penambahan ukuran plus dan silinder-nya, tetapi oleh optician diberikan lensa + 1.00 untuk kedua mata, dengan perhitungan plus-nya dikurangi silinder-nya, apakah boleh seperti itu, Dok?

    masalahnya, setelah 2 hari, mata saya mulai merasa kurang fokus (agak kabur), dengan dan tanpa kacamata baru, terutama jika melihat tulisan yang jauh.

    Saya sudah kembali ke optik tersebut, katanya perlu penyesuaian dulu, coba 1 minggu, jika tetap bermasalah, akan diganti.

    Banyak penyebab yang terlintas di pikiran, seperti mata saya terlalu lelah akibat bekerja, apakah harus tetap memakai silinder, atau mata saya harus ditambah lensa progresif.

    Kira-kira dokter ada menemui kasus seperti saya? apakah benar perlu penyesuaian yang lama karena pergantian + 1.50 dam +1.25 menjadi +1.00?

    Apa pandangan dokter?

    Terima kasih sebelumnya.

  11. icha Says:

    saya pemakai kacamata jauh dekat,yang jadi masalah bagi saya ketika berhadapan dengan laptop maka leherjadi pegal kemudian kepala pusing dan mual apakah ada tips mengatasinya
    mohon jawabannya dok trims

  12. firda Says:

    Dok, mau tanya kalau mata minus + slinder pakai softlense yang hanya minus saja boleh tidak? Ada efek samping kah?

  13. Rani/perempuan/12tahun Says:

    Dok apakah mata minus 1/4 dan slindris 1/4 wajib menggunakan kacamata?
    Rani.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s