Katarak adalah penyakit yang ditandai adanya kekeruhan pada lensa mata.

Katarak merupakan penyebab kebutaan terbesar di Indonesia. Penyakit ini dapat terjadi pada bayi, anak-anak, hingga orang tua. Penyebabnya pada bayi dan anak-anak bermacam-macam, bisa diturunkan, akibat infeksi semasa ibu hamil, penyakit metabolik dan endokrin, dan dapat disertai kelainan/cacat bawaan lainnya.

Pada orang tua umumnya karena faktor degenerasi lensa akibat usia, disertai faktor risiko lainnya seperti merokok, diabetes mellitus, sering terkena pajanan sinar matahari, penderita asam urat, kurangnya asupan vitamin A, C dan E serta penggunaan obat-obatan yang dapat merangsang timbulnya katarak. Peradangan/infeksi pada mata, kecelakaan atau trauma pada mata juga dapat menimbulkan adanya katarak.

Sampai saat ini, penanganan katarak masih dengan operasi. Lensa yang keruh diambil, dan diberi lensa pengganti. Tujuan utama operasi adalah untuk mengembalikan kembali fungsi penglihatan. Selain itu dapat juga sebagai terapi untuk penyakit mata yang lain seperti uveitis karena lensa, atau sebagai fasilitator untuk penanganan penyakit lain seperti pada retinopati diabetika atau glaukoma. Faktor keberhasilan sangat tergantung kondisi mata sebelum operasi.

(resensi oleh Dr. Rose Setiawan, SpM, MSc)

NB:

*Pertanyaan konsultasi online yang sifatnya tidak penting/bercanda/mengandung unsur SARA/kurang sopan/tidak berbahasa Indonesia yang baik, akan langsung  dihapus dari forum ini.

**Cantumkan Nama (asli atau alias)/Jenis kelamin/Usia/Riwayat penyakit/Pertanyaan dengan jelas.

4 Responses to “Konsul Katarak”

  1. Andri Says:

    Saya mau konsultasi.
    Ayah saya memiliki penyakit mata katarak di sebelah kanan dan telah di operasi (hanya mata kanan saja). Tapi setelah di operasi mata ayah saya tidak kunjung sembuh, malah bertambah parah. Penglihatan ayah saya menjadi kabur dan penglihatan nya jadi sangat terang, sehingga melihat sesuatu menjadi serba putih, tidak ada bayangannya. Mata kiri yang masih bagus menjadi terganggu sehingga penglihatannya menjadi bertimpa-timpa (warna hijau jadi terlihat biru, kuning jadi terlihat merah).
    Setelah di periksa, ternyata mata kanan ayah saya sebelumnnya memang memiliki penyakit pada syaraf mata nya. Karena di operasi untuk mencabut lendir katarak nya, penyakit syaraf yang sebelumnya menjadi terganggu dan mengakibatkan syaraf mata nya rusak. Sehingga penglihatan ayah saya menjadi serba putih seperti itu.

    Mohon berikan tanggapan nya atas masalah ini dan kalau bisa tolong kasi tau solusinya juga.
    Terima Kasih

  2. rudi Says:

    Saya ingin berkonsultasi
    Ibu saya (umur 69th) adalah seorang penderita diabetes. Sejak sebulan yang lalu, Ibu mengalami gangguan pada mata kanan yi: semua objek yang dilihat menjadi berubah bentuk. Kami membawa Ibu ke dokter mata. Hasil pemeriksaan dokter: Ibu mengalami ganguan saraf pada mata karena pengaruh diabet yang mengakibatkan katarak. Kemudian dokter menyebut bahwa pengobatan dapat dilakukan dengan operasi tetapi kecil kemungkinan untuk sembuh. Bahkan, menurut dokter penyakit tersebut bisa lebih parah pasca operasi.
    Melalui kesempatan ini saya mohon tanggapan/solusi dari Bapak/Ibu.
    Terimakasih

  3. Dhiniati Says:

    Dok, ibu saya 78 thn dan sdh menjalani operasi katarak 15 september 2011.Tp sampai skrg blm bs jelas.Pdhl setelah 3 hr operasi sempat bs jelas utk melihat, tp setelah itu kabur lagi spt bayangan saja. Disamping itu kadang di kornea rasanya ada bayangan hitam yg berjalan/bergerak. Apakah ibu saya masih bs melihat ndak ya Dok?Soalnya utk pemeriksaan lanjutan ndak bs krn kmrn hbs jatuh dan skrg ndak bs duduk serta jalan. jadi saya makin bingung utk menenyakan masalah matanya ibu saya. Mohon penjelasan dan tindakan apa yg hrs dilakukan. Sampai skrg masih saya tetes pakai Timol 0,5%.Terima kasih..

  4. Dedi Says:

    saya ingin konsultasi,
    saya berumur 21 tahun. saya mengalami katarak traumatik sejak kelas 5 sd akibat terkena ketapel.
    baru2 ini saya melakukan pemeriksaan di rscm dan mereka bilang saya tidak dapat melihat lagi dengan operasi pengangkatan katarak. Saya ingin tahu apa solusi dari katarka traumatik yang saya derita ini. mohon informasinya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s